Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Masuki Masa Tenang, Bawaslu Gencarkan Patroli Antisipasi Praktik Politik Uang

Suasana Apel Patroli Anti Politik Uang yang digelar Bawaslu Kukar di halaman Planetarium Jagad Raya, Tenggarong, Sabtu (13/04) pagiSuasana Apel Patroli Anti Politik Uang yang digelar Bawaslu Kukar di halaman Planetarium Jagad Raya, Tenggarong, Sabtu (13/04) pagi
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 14/04/2019 22:25 WITA
Memasuki tahapan masa tenang jelang pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kutai Kartanegara (Kukar) mengerahkan petugas pengawas untuk melakukan patroli ke pelosok-pelosok guna mengantisipasi terjadinya politik uang.


Menandai dimulainya kegiatan tersebut, Bawaslu Kukar melaksanakan Apel Patroli Pengawasan Anti Politik Uang yang digelar di halaman Planetarium Jagad Raya, Tenggarong, Sabtu (13/04) pagi.


Kegiatan apel yang dipimpin Ketua Bawaslu Kukar Muhammad Rahman ini diikuti ratusan petugas pengawas tingkat desa/kelurahan dari 3 kecamatan, yakni Tenggarong, Tenggarong Seberang, dan Loa Kulu.


Ketua Bawaslu Pusat Abhan SH dalam amanat tertulis yang dibacakan Ketua Bawaslu Kukar M Rahman mengatakan, masa tenang yang dimulai dari tanggal 14 s/d 16 April merupakan salah satu fase krusial dalam pelaksanaan Pemilu yang akan menguji integritas seluruh elemen bangsa, termasuk didalamnya Bawaslu dan Peserta Pemilu.


Berdasarkan pengalaman pada agenda Pemilihan Kepala Daerah maupun Pemilu sebelumnya, lanjutnya, masa tenang cenderung diwarnai dengan praktik-praktik kecurangan seperti politik uang, propaganda isu SARA, penyebaran hoax atau berita bohong.


"Salah satu persoalan klasik lainnya yang sering kita hadapi di setiap penyelenggaraan Pemilu yaitu kecenderungan peserta dan calon menggunakan segala cara untuk memenangkan kontestasi politik, termasuk melibatkan uang dalam jumlah yang tidak rasional untuk memengaruhi pilihan masyarakat pemilih," ujarnya.


Oleh karena itu, Ketua Bawaslu Pusat berpesan agar seluruh jajaran pengawas Pemilu bersama-sama dengan masyarakat dapat menolak dan melawan politik uang, demi terlaksananya Pemilu yang bersih, berintegritas dan bermartabat," harapnya.


Ditambahkannya, gerakan patroli pengawasan ini dapat dimaknai sebagai gerakan etik dan moral yang berbasis pada keyakinan Bawaslu bahwa Indonesia sanggup mendemonstrasikan suatu keunggulan berdemokrasi.


"Pada keyakinan itulah, melalui patroli masa tenang, kita tidak sekadar melakukan pengawasan tetapi sekaligus menjadikan momentum ini sebagai kesempatan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia," demikian pesannya. (win)


Bawaslu Kukar dan jajaran di bawahnya siap melakukan patroli pengawasan Pemilu guna mengantisipasi terjadinya kecurangan
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kasus Positif COVID-19 di Kukar Kini Tembus Angka 10.000 Kasus
Paling Siap di Kalimantan, 405 Anggota TNI se-Kukar Jadi Target Vaksinasi COVID-19
 
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
Diperpanjang Sampai Batas Waktu Yang Belum Ditentukan, 75% Pegawai Pemkab Kukar Bekerja Dari Rumah
 
Boleh Beroperasi Hingga Jam 23.00 WITA: 8 Tempat Usaha di Tenggarong Jadi Role Model Penerapan Prokes Pencegahan COVID-19
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
 
Simpan Sabu 80,85 Gram, Residivis Narkoba Dibekuk Petugas Polres Kukar
Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Polsek Loa Kulu Ringkus Pasutri Asal Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com