Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Menipu Dengan Mencatut Nama Kapolres, Polisi Buru Pelaku Hingga ke Berau

Kasat Reskrim Polres Kukar AKP Damus Asa ikut membekuk pelaku penipuan yang mencatut nama Kapolres Kukar hingga ke Kabupaten BerauKasat Reskrim Polres Kukar AKP Damus Asa ikut membekuk pelaku penipuan yang mencatut nama Kapolres Kukar hingga ke Kabupaten Berau
Photo: Agri


Tersangka AH (kiri) tak dapat berkutik setelah diringkus petugas Polres Kukar
Tersangka AH (kiri) tak dapat berkutik setelah diringkus petugas Polres Kukar
Photo: Istimewa

KutaiKartanegara.com - 01/04/2019 23:44 WITA
Hati-hati jika Anda menerima pesan via SMS atau media sosial yang meminta pinjaman uang dari seseorang yang mengaku teman atau pejabat.


Seorang pengusaha Samarinda tertipu oleh orang yang mencatat nama Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Anwar Haidar. Tak tanggung-tanggung, uang sebesar Rp 100 juta berhasil diraup si penipu dari pengusaha tersebut.


Kejadian itu bermula ketika si pengusaha menerima pesan melalui aplikasi Whatsapp (WA) pada 27 Februari lalu dari seseorang yang mengaku sebagai Kapolres Kukar.


Tiga hari kemudian, tepatnya pada 1 Maret, pengusaha asal Samarinda ini kembali menerima pesan WA dari 'Kapolres Kukar' yang meminta pinjaman uang Rp 100 juta.


Karena merasa yakin dan dijanjikan uang pinjaman tersebut bakal segera dikembalikan, pengusaha tersebut percaya saja dan melakukan transfer uang Rp 100 juta ke rekening BRI atas nama Dian Maryanah.


Setelah menerima uang Rp 100 juta, si penipu ternyata masih kurang puas dan mencoba untuk mendapat tambahan dana. Pada tanggal 24 Maret 2019, Kapolres gadungan ini kembali meminta uang kepada pengusaha tersebut dengan alasan istri kapolres sedang sakit.


Namun kali ini si pengusaha tak langsung percaya begitu saja dan mencoba menelepon langsung nomor 'Kapolres' tersebut, Namun ternyata nomor telepon tersebut tak dapat dihubungi.


Menyadari bahwa nomor tersebut bukanlah nomor asli Kapolres AKBP Anwar Haidar, sang pengusaha akhirnya melaporkan kasus penipuan yang dialaminya tersebut ke Polres Kukar.


Tim Alligator, julukan petugas Opsnal Satreskrim Polres Kukar, langsung melakukan penyelidikan guna mengungkap siapa pelaku yang berani mencatut nama Kapolres Anwar Haidar untuk menipu.


"Setelah kami dalami, akhirnya identitas pelaku berhasil kita ungkap yakni AH. Yang bersangkutan ternyata berada di Kabupaten Berau," kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar melalui Kasat Reskrim AKP Damus Asa.


Tim Alligator dipimpin langsung Damus Asa kemudian langsung memburu AH hingga ke ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.


Berbekal informasi dari informan, tim Alligator akhirnya berhasil meringkus AH di bilangan Jalan Garuda, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, pada Kamis (28/03) siang sekitar jam 12.00 WITA.


AH pun tak berkutik ketika petugas melakukan penangkapan. Tanpa perlawanan, AH pun mengakui jika dirinya telah mencatut nama Kapolres Kukar untuk menipu pengusaha yang ternyata mantan atasannya sendiri.


Selain meringkus AH, lanjut Damus, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti kartu ATM Bank BRI, 1 buah ponsel, dan nota pembayaran perbaikan 1 unit mobil Mitsubishi Pajero. "Sebagian uang hasil menipu itu digunakan pelaku untuk membayar servis mobil, sedangkan sisanya digunakan pelaku untuk berfoya-foya," pungkasnya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 4 Pasien Positif Corona: Kasus Positif COVID-19 di Kukar Tembus Angka 50 Kasus
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com