Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pengganti Pasar Yang Terbakar
Pasar Rakyat Kuala Samboja Siap Digunakan

Bupati Kukar Edi Damansyah meninjau bangunan fisik pasar rakyat Kuala Samboja yang telah rampung dan siap digunakan para pedagangBupati Kukar Edi Damansyah meninjau bangunan fisik pasar rakyat Kuala Samboja yang telah rampung dan siap digunakan para pedagang
Photo: Agri


Kepala Disperindag Kukar H Surip menyerahkan berita acara serah terima hibah lahan pasar Kuala Samboja kepada pengusaha lokal H Abu
Kepala Disperindag Kukar H Surip menyerahkan berita acara serah terima hibah lahan pasar Kuala Samboja kepada pengusaha lokal H Abu
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 24/03/2019 23:31 WITA
Sebuah bangunan pasar yang megah dan lebih besar telah selesai dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektare di Kelurahan Kuala Samboja, Kecamatan Samboja.


Selesainya pengerjaan fisik Pasar Rakyat Kuala Samboja ini diresmikan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Sabtu (23/03) siang, yang ditandai dengan pemotongan pita di depan pintu masuk pasar baru tersebut.


Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, H Surip, Pasar Rakyat Kuala Samboja ini merupakan pengganti pasar lama yang ludes terbakar pada Oktober 2017 silam.


"Hanya saja, pembangunan pasar baru ini tidak menggunakan lokasi lama eks kebakaran. "Karena tempat yang lama berada di pinggir jalan raya dan berpotensi mengganggu arus lalu lintas," ungkapnya.


Ditambahkan Surip, pembangunan pasar baru ini dibangun di atas lahan seluas 10.540 meter persegi yang dihibahkan salah seorang tokoh masyarakat dan pengusaha Samboja yakni H Abu.


Bupati Kukar Edi Damansyah menggunting pita menandai diresmikannya bangunan pasar rakyat Kuala Samboja
Photo: Agri


"Selain itu, pembangunan pasar rakyat ini merupakan yang pertama kali dibangun lewat dana APBN. Dari dana sebesar Rp 6 milyar yang dianggarkan, kemudian pada saat lelang hanya menelan biaya sebesar Rp 5,6 milyar," jelasnya.


Secara keseluruhan, lanjutnya, bangunan Pasar Rakyat Kuala Samboja terdiri dari 144 petak dan 10 ruko. "Jumlah ini masih kurang, karena jumlah pedagang di pasar Kuala Samboja mencapai 217 pedagang. Jadi ada kekurangan sebanyak 56 petak/ruko," paparnya.


Sementara dikatakan Bupati Kukar Edi Damansyah, pihaknya memberikan apresiasi kepada H Abu yang telah menghibahkan tanahnya untuk kepentingan pembangunan pasar Kuala Samboja. "Luar biasa, beliau menghibahkan tanah seluas 1,5 hektare. Semoga apa yang dilakukan pak H Abu dapat memberikan manfaat besar untuk pengembangan ekonomi kerakyatan di Kecamatan Samboja," imbuhnya.


Dengan telah dibangunnya pasar baru tersebut, Edi berharap agar pihak terkait dapat mengatur pemanfaatannya dengan sebaik-baiknya. "Tadi disampaikan kalau ketersediaan petaknya masih kurang 56 petak/ruko. Nanti tolong diatur ini, disuarakan dengan baik. Kita sedang mempersiapkan tahapan untuk pengembangannya karena kita memahami 56 pedagang ini harus terus beraktivitas," ujarnya lagi.


Edi juga berharap ke depan pengelolaan aset pasar ini dapat dilakukan langsung oleh pihak Kelurahan Kuala Samboja. "Seperti di desa kan ada pasar desa yang dikelola oleh BUMDes. Nanti untuk kelurahan kita persiapkan juga agar aset-aset yang berkaitan dengan ekonomi kerakyatan bisa dikelola Kelurahan," katanya.


Turut hadir pada peresmian Pasar Rakyat Kuala Samboja di antaranya adalah Ketua DPRD Kukar Salehuddin, kepala dinas/instansi Pemkab Kukar, Camat Samboja Ahmad Junaidi beserta pejabat Muspika Samboja, Lurah Kuala Samboja serta tokoh masyarakat dan undangan lainnya.


Terpisah, pengusaha muda Rendi Solihin yang merupakan putra H Abu berharap agar pembangunan Pasar Kuala Samboja dapat terus dilaksanakan dan terus dikembangkan.


"Karena dari luasan tanah yang kami hibahkan itu masih sangat memadai untuk pembangunan pasar tambahan agar kita bisa mengakomodir pedagang-pedagang yang berjualan di pasar sementara," ujarnya.


Menurut Rendi, jumlah pedagang pasar Kuala Samboja pada saat awal terjadi kebakaran memang berjumlah 217 pedagang. Namun setelah dibangun pasar sementara, jumlah pedagang meningkat menjadi 300an pedagang. "Mereka ada dari Amborawang, Kampung Lama, serta kelurahan-kelurahan lain di Samboja. Mereka tetap berjualan setiap hari di pasar sementara itu," pungkasnya. (win)


Bupati Kukar Edi Damansyah berharap agar pihak terkait dapat mengatur pemanfaatan pasar Kuala Samboja dengan sebaik-baiknya bagi para pedagang
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Ternyata Positif COVID-19: Satu Warga Tenggarong yang Meninggal Dunia dan Dimakamkan Secara Biasa
Jadi Paslon Tunggal di Pilkada Kukar 2020, Edi-Rendi Tempati Kolom Kiri
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Komite Ekonomi Kreatif Kukar Resmi Dikukuhkan
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
 
Tak Pandang Suku atau Agama, Polres Kukar Proses 2 Pihak yang Terlibat Pertikaian Berdarah di Muara Jawa
Duh, 3 Dari 4 Pelaku Percobaan Perampokan Toko Emas Ternyata Masih Pelajar SLTA
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Uji Coba Lawan IR-1 FC, Mitra Kukar Telan Kekalahan
Bupati Edi Damansyah Minta Askab PSSI Kukar Benahi Manajemen Pembinaan
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com