Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Simulasikan Pengamanan Pemilu 2019, Polisi Siap Antisipasi Demo Anarkis

Aksi anarkis pengunjukrasa merupakan salah satu potensi kerawanan dalam Pemilu yang harus siap diantisipasi petugas pengamananAksi anarkis pengunjukrasa merupakan salah satu potensi kerawanan dalam Pemilu yang harus siap diantisipasi petugas pengamanan
Photo: Agri


Pihak kepolisian selalu bersikap persuasif terhadap para pengunjukrasa
Pihak kepolisian selalu bersikap persuasif terhadap para pengunjukrasa
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 22/03/2019 23:24 WITA
Satu orang pengunjukrasa tertembak dalam aksi demo anarkis yang dilakukan sekelompok massa di depan KPU Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong, Jum'at (22/03) pagi.


Massa yang tak puas dengan hasil Pemilu ini semakin beringas setelah mengetahui ada rekannya yang tertembak. Mereka pun menyerang petugas Dalmas Polres Kukar yang telah disiagakan untuk mengamankan KPU Kukar.


Petugas pun harus menembakkan gas airmata untuk membubarkan demonstran. Setelah situasi berhasil dikendalikan, penjagaan gedung KPU Kukar pun ditingkatkan dengan pemasangan kawat berduri guna mengantisipasi aksi lanjutan dari pengunjukrasa.


Aksi demo anarkis yang berujung bentrokan antara pengunjukrasa dengan petugas keamanan tersebut bukanlah kejadian sebenarnya. Namun merupakan bagian dari simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkot) dalam rangka pengamanan Pemilu Serentak 2019 yang digelar di lapangan parkir Stadion Rondong Demang, Tenggarong.


Petugas melontarkan gas air mata untuk membubarkan pengunjukrasa yang melakukan tindakan anarkis
Photo: Agri


Sebelum dilakukan simulasi pengamanan beberapa tahapan Pemilu, terlebih dahulu dilakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Mahakam yang diikuti personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub Kukar, BPBD, Satpam, hingga Linmas se-Kukar.


Apel Gelar Pasukan ini dipimpin langsung oleh Dandim 0906/TGRLetkol Czi Bayu Kurniawan dan Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar yang ditandai dengan pemeriksaan pasukan.


Menko Polhukam RI Wiranto dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Dandim 0906/TGR Letkol Czi Bayu Kurniawan dan Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar mengatakan, Pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena dilaksanakan secara serentak yakni 5 jenis pemilihan dalam waktu bersamaan.


"Sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Tidak saja anggota Parpol dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan, akan tetapi juga pada pihak penyelenggara Pemilu yakni KPU, Bawaslu, dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan," ujarnya.


Ditambahkan Menko Polhukam, penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 masih terdapat ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dimungkinkan akan menghambat kelancaran penyelenggaraan. "Bawaslu dan Polri telah mengeluarkan Indeks Kerawanan Pemilu, yang merupakan pemetaan terhadap kerawanan-kerawanan yang diprediksi akan timbul dalam penyelenggaraan Pemilu di setiap Daerah," katanya lagi.


TNI- Polri selaku Institusi yang bertanggung jawab langsung terhadap pengamanan jalannya Pemilu 2019, lanjut Menko Polhukam, apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan tersebut, harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum yang berlaku.


Selain itu, Menko Polhukam juga meminta kepada anggota TNI-Polri disamping melaksanakan tugasnya mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2019, juga harus mampu untuk mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi. "Sehingga tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu dan berita bohong atau hoax yang beredar dan menimbulkan keresahan," demikian harapnya. (win)


Dandim 0906/TGR Letkol Czi Bayu Kurniawan dan Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar melakukan pemeriksaan pasukan yang disiapkan untuk pengamanan Pemilu 2019
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Kukar Ajak Pemuda Kawal Pembangunan
Kebakaran Hebat Landa Pemukiman Warga Dusun Sirbaya
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
Berdayakan UKM Lokal, PHM Fasilitasi Kerjasama BUMDes Handil Terusan Dengan Mitra Kerja
 
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
Operasi Patuh Mahakam 2019: Polres Kukar Gencarkan Razia Kendaraan Selama 2 Pekan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Perempat Final Liga 2 2019: Naga Mekes Tersungkur di Laga Perdana Grup A
Anggap Babak 8 Besar Bagai Final, Mitra Kukar Targetkan Kemenangan di Setiap Laga
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com