Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Polisi Pamong Praja Kukar Razia Pegawai di Jalan Umum

Aparat Satpol PP Kukar tengah mencatat pegawai yang terjaring razia karena keluyuran di saat jam kerja tanpa izin atasan
Aparat Satpol PP Kukar tengah mencatat pegawai yang terjaring razia karena keluyuran di saat jam kerja tanpa izin atasan
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 28/02/2006 20:46 WITA
Kebiasaan bolos maupun keluyuran di saat jam kerja bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun tenaga honorer di Kutai Kartanegara (Kukar) ke depan bakal menemui kesulitan. Pasalnya pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kukar yang selama ini hanya dilihat sebelah mata, kini nampaknya sudah memiliki taji yang tajam untuk menghadang kelakukan pegawai yang doyan keluyuran maupun bolos di saat jam maupun hari kerja.

Buktinya sejak Senin (27/02) kemarin mereka melakukan razia di jalan-jalan utama kota Tenggarong dengan menginterogasi setiap pegawai tanpa pandang bulu baik pejabat maupun staf yang berlalu-lalang di jalan umum saat jam kerja dengan berbagai pertanyaan.

Pertanyaan yang diajukan aparat Satpol PP Kukar ini pada intinya normal-normal saja yaitu mau kemana, apakah sedang bertugas atau sudah memiliki izin keluar dari atasan. Bila jawaban yang diberikan tidak relevan dengan tugas yang disandang pegawai, saat itu juga petugas Satpol PP mencatat nama dan instansi pegawai yang terjaring razia.

Komandan Satpol PP Kukar Gimin mengatakan, bila demikian maka catatan yang dibuat anak buahnya itu akan diteruskan ke Badan Pengawas Kabupaten (Bawaskab) dengan tembusan kepada Bupati, Wakil Bupati, Sekkab, para Asisten Pemkab serta atasan pegawai bersangkutan untuk mendapat peringatan.


Para PNS maupun tenaga honorer Pemkab Kukar harus menjelaskan alasan mereka kepada aparat Satpol PP mengapa masih berada di jalan umum pada saat jam kerja
Photo: Yanda

Menurut Gimin, ide razia pegawai Kukar ini berasal dari arahan Bupati Prof Dr H Syaukani HR MM. Tujuannya agar tercipta disiplin pegawai Pemkab Kukar yang tinggi dan tegaknya aparatur yang bersih dan berwibawa. "Bagaimana mengajak masyarakat berdisiplin kalau pegawainya sendiri melanggar disiplin," katanya.

Ditanya bahwa kebijakan yang dilaksanakannya ini seperti jeruk makan jeruk. Oleh Gimin ditanggapi bahwa kebijakan ini dinilainya memang berat, namun karena tugas yang harus diemban dan telah digariskan sebelumnya melalui peraturan yang ada maka tidak ada pilihan lain kecuali melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Sementara Sekkab Kukar Drs HM Husni Thamrin MM saat dihubungi mengatakan, siap mendukung tindakan yang dilakukan aparat Satpol PP Kukar. "Tindakan yang dilakukan Satpol PP sesuai dengan visi program Gerbang Dayaku Tahap II yaitu dalam rangka penegakkan supremasi hukum dan upaya menciptakan aparatur yang bersih dan berwibawa," ujar Thamrin.

Sekkab Kukar berharap agar pegawai Pemkab Kukar memahami tindakan tersebut dalam rangka perbaikan mutu pegawai itu sendiri. "Masalahnya kan baru sekali ini terjadi, padahal di daerah lain, hal seperti ini sudah dilakukan secara kontinyu dan mendapat respon positif dari masyarakat," demikan katanya.

Sejak digelarnya razia pegawai oleh jajaran Satpol PP Kukar, setiap pegawai yang keluar di saat jam dan hari kerja harus memiliki surat izin yang ditandatangani masing-masing atasan. Dalam melaksanakan razia ini, Satpol PP dibantu personel Dinas Perhubungan dan aparat gabungan Polres Kukar. (joe/nop)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Lagi Pasien Sembuh, Kasus Sembuh COVID-19 di Kukar Capai 54 Persen
Tiga Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan Virus Corona
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com