Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sambangi Kantor Gubernur Kaltim, Koalisi Rakyat Kukar Bersatu Tagih Janji Gubernur Soal PI Blok Mahakam

Para pengunjukrasa saat melakukan long march dari GOR Segiri menuju Kantor Gubernur KaltimPara pengunjukrasa saat melakukan long march dari GOR Segiri menuju Kantor Gubernur Kaltim
Photo: Agri


Massa KRKB saat tiba di depan Kantor Gubernur Kaltim
Massa KRKB saat tiba di depan Kantor Gubernur Kaltim
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 28/12/2018 10:04 WITA
Ribuan warga Kutai Kartanegara (Kukar) yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Kukar Bersatu (KRKB) turun ke jalan untuk melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Samarinda, Kamis (27/12) siang.


Sebelum bergerak menuju Kantor Gubernur Kaltim, massa dari berbagai elemen yang datang dari seluruh kecamatan di Kukar itu terlebih dahulu berkumpul di GOR Segiri.


Kemudian massa KRKB melakukan long march atau aksi berjalan kaki dari GOR Segiri menuju Kantor Gubernur Kaltim dengan melewati Jalan Kesuma Bangsa, Jalan Bhayangkara, Jalan Awang Long, dan Jalan Gajah Mada.


Perwakilan warga dari 18 kecamatan se-Kukar ikut ambil bagian dalam aksi damai KRKB
Photo: Agri


Hanya saja, pengunjuk rasa tak bisa memasuki halaman Kantor Gubernur lantaran pagar telah ditutup dan dijaga ratusan personil kepolisian.


Massa pun akhirnya menggelar aksinya di ruas Jalan Gajah Mada dengan melakukan orasi menyampaikan tuntutan mereka. KRKB menuntut porsi pembagian Participating Interest (PI) Blok Mahakam sebesar 50:50 antara Pemprov Kaltim dan Pemkab Kukar.


Porsi 33,5 persen untuk Kukar dan 66,5 persen untuk Provinsi yang ditetapkan pemerintahan Gubernur Kaltim sebelumnya, Awang Faroek Ishak, dinilai tidak adil.


"Kami menuntut pembagian porsi PI Blok Mahakam yang sesuai dengan ketentuan pasal 5 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Menteri ESDM Nomor 37 Tahun 2016 yang porsi pembagiannya adalah 50:50," seru Koordinator KRKB Thauhid Aprilian Noor.


Apalagi Gubernur Isran Noor pada saat kampanye sebagai calon gubernur pernah menjanjikan revisi terhadap porsi PI Blok Mahakam tersebut menjadi 50:50. "Jadi kami tagih kembali janji tersebut," ujar Thauhid.



Aksi yang diikuti sekitar 2000 orang pengunjukrasa ini sempat memanas ketika elemen mahasiswa dari PMII Kukar dan HMI Tenggarong yang berupaya memasuki halaman Kantor Gubernur terlibat aksi dorong dengan petugas keamanan.


Mereka berupaya masuk lantaran Gubernur Isran Noor tak kunjung menemui mereka. Pengunjukrasa akhirnya mendapat informasi jika Gubernur Kaltim masih berada di Jakarta. Sementara Wakil Gubernur Hadi Mulyadi sedang melakukan kegiatan di Sanga-Sanga.


Para mahasiswa juga berupaya membakar ban di tengah jalan. Namun belum sempat api membesar, petugas kepolisian langsung memadamkan api dan mengamankan ban bekas yang hendak dibakar itu.


Ketegangan sempat terjadi antara mahasiswa dengan polisi. Namun Koordinator KRKB Thauhid Aprilian Noor yang juga Ketua KNPI Kukar tersebut langsung meredam para mahasiswa anggota Koalisi agar tak berbuat anarkis.


Para pengunjukrasa kemudian mendapat informasi bahwa Wakil Gubernur Hadi Mulyadi akan segera menemui pengunjukrasa sekitar pukul 13.00 WITA. Aksi unjuk rasa KRKB kemudian diistirahatkan sekitar pukul 12.00 WITA saat memasuki waktu salat Dzuhur sambil menanti kedatangan Wagub Hadi Mulyadi.


Wakil Gubernur Hadi Mulyadi sendiri akhirnya tiba sebelum pukul 13.00 WITA. Hadi kemudian menemui para pengunjukrasa dengan menaiki truk bak terbuka yang telah disiapkan jadi panggung orasi.


Usai dilakukan pembacaan tuntutan KRKB oleh pengurus KNPI Kukar Fahmi, Wagub Hadi Mulyadi kemudian menyampaikan tanggapannya terhadap tuntutan KRKB.


Hadi menyatakan Pemprov Kaltim siap merevisi pembagian PI Blok Mahakam yang diputuskan Gubernur sebelumnya. "Tetapi itu semua harus sesuai prosedur," ujarnya.


Oleh karena itu, Hadi meminta kepada pengunjukrasa dan juga Plt Bupati Kukar untuk menyerahkan surat secara resmi kepada Pemprov Kaltim sehingga menjadi dasar pembahasan dengan stakeholder terkait termasuk dengan Kementerian ESDM. (win)


Perwakilan pengurus KNPI, OKP hingga Kecamatan secara bergantian melakukan orasi
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Napak Tilas Peristiwa Merah Putih Diikuti 31 Regu
Kapal Tenggelam di Perairan Muara Badak, Dua Orang Masih Hilang
 
Mutasi Perdana Tahun 2022, Bupati Kukar Lantik 143 Pejabat Struktural
Bupati Kukar Lantik Pejabat Administrasi yang Disetarakan ke Dalam Jabatan Fungsional
 
Ramadan 1442 H, Disperindag Kukar Gelar Operasi Pasar di 4 Kecamatan
Digelar Selama 2 Hari, Festival Ramadhan dan Pasar Murah di Aula Kedaton
 
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
Kerap Sasar Mobil Perusahaan, 2 Spesialis Pencuri HT Berhasil Diringkus
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Inilah 20 Finalis Pemilihan Teruna Dara Kukar 2021
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
 
Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022 Resmi Dimulai
Kompetisi Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022 Siap Digelar Mulai 15 Januari
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Gubernur Kaltim Resmikan 3 Gedung Baru SMA di Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com