Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bikin Takjub, Ketopong dan Pedang Asli Dipinjam Dari Museum Nasional Untuk Penobatan Sultan Kutai ke-21

Petugas Museum Nasional membawa dua buah kotak berisi Ketopong dan pedang yang akan digunakan pada prosesi penabalan Putra Mahkota menjadi Sultan Kutai ke-21Petugas Museum Nasional membawa dua buah kotak berisi Ketopong dan pedang yang akan digunakan pada prosesi penabalan Putra Mahkota menjadi Sultan Kutai ke-21
Photo: Agri


Para undangan dan kerabat Kesultanan Kutai mengabadikan dua benda pusaka yang akan digunakan pada penobatan Sultan Kutai
Para undangan dan kerabat Kesultanan Kutai mengabadikan dua benda pusaka yang akan digunakan pada penobatan Sultan Kutai
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 15/12/2018 11:31 WITA
Dua benda pusaka Kesultanan Kutai berupa Ketopong atau mahkota dan sebuah pedang yang tersimpan di Museum Nasional, Jakarta, turut dihadirkan ke Tenggarong sebagai pelengkap prosesi Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura ke-21.


Kedua benda pusaka yang ditempatkan dalam kotak berwarna biru tersebut tiba di Tenggarong, Jum'at (14/12) siang kemarin, sekitar jam 11.00 WITA.


Ketopong dan pedang kerajaan tersebut dibawa langsung petugas Museum Nasional ke Kedaton Kutai Kartanegara. Sejumlah petugas kepolisian turut mengawal benda berharga itu.


Petugas dari Museum Nasional menunjukkan Ketopong atau mahkota asli yang pertama kali digunakan pada masa pemerintahan Sultan AM Sulaiman
Photo: Agri


Ratusan hadirin, terutama kalangan kerabat Kesultanan Kutai, tampak takjub sesaat mahkota dan pedang asli tersebut dibuka di hadapan Putra Mahkota H Adji Pangeran Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat.


Hadirin tampak terpesona dengan keindahan mahkota seberat 1,2 kg yang terbuat dari emas itu, termasuk pedang seberat 1,7 kg yang juga terbuat dari emas yang dihiasi sejumlah batu mulia.


Momen langka tersebut langsung diabadikan para kerabat Kesultanan dan hadirin lainnya dengan menggunakan kamera ponsel masing-masing. "Silakan difoto, tapi jangan disentuh," seru petugas Keraton.


Kedua benda pusaka tersebut dibawa terlebih dahulu ke Kedaton untuk dilakukan ritual Besawai yang dipimpin Putra Mahkota HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat.


Pedang asli yang terbuat dari emas dan batu mulia seberat 1,7 kg akan turut digunakan pada prosesi penabalan Sultan Kutai ke-21
Photo: Agri


Namun sebelum dilakukan ritual Besawai, ketopong dan pedang tersebut terlebih dahulu dibungkus dengan kain kuning agar tak terkena langsung percikan air.


Usai ritual Besawai, ketopong dan pedang tersebut kembali dimasukkan ke dalam kotak untuk kemudian disimpan di salah satu bank di Tenggarong.


"Ketopong dan pedang asli disimpan dulu untuk digunakan pada prosesi penabalan Sultan Kutai," kata juru bicara Kesultanan Kutai, HAPHK Poeger.


Menurut Poeger, kedua benda pusaka tersebut wajib dihadirkan ke Tenggarong sebagai syarat untuk upacara penobatan Putra Mahkota menjadi Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura ke-21.


"Di Museum Mulawarman sebenarnya ada replika Ketopong dan pedang tersebut. Namun kita upayakan memakai yang asli dengan cara meminjam dari Museum Nasional. Dan alhamdulillah kedua benda tersebut bisa dipinjamkan," imbuhnya. (win)


Putra Mahkota HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat melakukan ritual Besawai terhadap 2 benda pusaka yang telah dibungkus kain kuning
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kapal Tenggelam di Perairan Muara Badak, Dua Orang Masih Hilang
Rotasi Jabatan Polres Kukar, 2 Kasat dan 3 Kapolsek Dimutasi
 
Mutasi Perdana Tahun 2022, Bupati Kukar Lantik 143 Pejabat Struktural
Bupati Kukar Lantik Pejabat Administrasi yang Disetarakan ke Dalam Jabatan Fungsional
 
Ramadan 1442 H, Disperindag Kukar Gelar Operasi Pasar di 4 Kecamatan
Digelar Selama 2 Hari, Festival Ramadhan dan Pasar Murah di Aula Kedaton
 
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
Kerap Sasar Mobil Perusahaan, 2 Spesialis Pencuri HT Berhasil Diringkus
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Inilah 20 Finalis Pemilihan Teruna Dara Kukar 2021
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
 
Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022 Resmi Dimulai
Kompetisi Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022 Siap Digelar Mulai 15 Januari
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Gubernur Kaltim Resmikan 3 Gedung Baru SMA di Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com