Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Total E&P Indonesie Serahkan Proyek Comdev 2005

Suasana penandatangan berita acara serah terima Comdev Total E&P Indonesie dengan pihak Pemkab Kukar
Suasana penandatangan berita acara serah terima Comdev Total E&P Indonesie dengan pihak Pemkab Kukar
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 27/02/2006 23:44 WITA
Sebanyak 91 proyek community development (comdev) atau pengembangan masyarakat yang berada di 5 kecamatan di Kutai Kartanegara (Kukar) dari Badan Pengelola Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMIGAS) bersama kontraktor kontrak kerja sama Total E&P Indonesie diserahkan kepada masyarakat secara simbolis kepada Sekretaris Kabupaten Kukar Drs HM Husni Thamrin MM tadi siang di Tenggarong.

Penyerahan proyek comdev tahun 2005 ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima comdev BPMIGAS-Total E&P Indonesie masing-masing oleh perwakilan Kepala Desa dan Camat, Kepala Divisi (Kadiv) Humas Total E&P Indonesie Richard Tobing dan Sekkab Kukar Husni Thamrin.

Tampak hadir menyaksikan acara ini adalah pimpinan DPRD Kukar, pejabat Muspida, perwakilan BPMIGAS Wilayah Kalimantan-Sulawesi, kepala dinas/instansi Pemkab Kukar dan Vice President Total E&P Indonesie Philippe Jahan serta tokoh masyarakat dari 25 desa yang mendapatkan bantuan comdev tersebut.

Menurut Kadiv Humas Total E&P Indonesie, Richard Tobing, proyek comdev Total E&P Indonesie ini berupa proyek fisik Rp 6,5 milyar lebih yang tersebar di 25 desa/kelurahan yang ada di 5 Kecamatan di Kukar seperti Kecamatan Muara Badak, Anggana, Samboja, Muara Jawa dan Sanga-Sanga.


Kadiv Humas Total E&P Indonesia Richard Tobing saat menyerahkan sertifikat On Job Training secara simbolis bagi 21 mahasiswa politeknik Sumber Daya Kukar
Photo: Yanda

"Proyek comdev Total E&P Indonesie ini merupakan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan, yang hasilnya akan dapat dirasakan lebih dari 40.600 warga masyarakat," ungkapnya.

Ditambahkan Richard Tobing, bila dikaitkan dengan proyek comdev non fisik seperti kegiatan pembangunan SDM melalui pendidikan dan latihan serta kesehatan termasuk yang ada di Samarinda dan Balikpapan, jumlah keseluruhan proyek comdev 2005 ini menjadi 116 proyek dengan nilai sebesar Rp 9,46 milyar lebih.

Menurutnya jumlah proyek comdev ini bukan hal penting, namun yang pokok adalah apakah proyek ini nantinya akan memberikan dampak positif bagi kemajuan dan pemberdayaan masyarakat. "Kami berharap agar proyek comdev dapat dijaga dan dipergunakan masyarakat sesuai tujuannya," demikian kata Richard Tobing.

Sementara Sekkab Kukar Drs HM Husni Thamrin MM menghargai kepedulian BPMIGAS-Total E&P Indonesie. "Keterlibatan Total E&P Indonesie dalam proses pembangunan hendaknya terus berlanjut sehingga menjadi contoh keterlibatan pihak lain untuk membangun daerah ini," ujarnya.

Dalam konteks program Gerbang Dayaku II, lanjut Thamrin, peran comdev sangat penting yaitu masyarakat tidak lagi bergantung kepada Pemda tapi juga kepada semua pihak termasuk usaha swasta.

Menurutnya, kontribusi pihak swasta untuk memajukan daerah ini semakin perlu ditingkatkan sehingga peran pemerintah hanya sebatas fasilitator dan motivator. "Kepada masyarakat khususnya yang ada di sekitar wilayah operasi perusahaan, saya berharap dukungan dan peran sertanya dalam menjaga aset-aset perusahaan. Keberadaan aset-aset ini sebagai upaya agar eksistensi perusahaan tetap berlanjut," kata Sekkab Kukar. (joe/nop)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
Kabar Baik, 4 Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com