Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kongres Rakyat Kukar Menggugat
Tuntut PI Blok Mahakam Provinsi Kaltim dan Kukar Sama Rata 50:50

Suasana Kongres Rakyat Kukar Menggugat yang digelar di Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Senin (12/11) siangSuasana Kongres Rakyat Kukar Menggugat yang digelar di Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Senin (12/11) siang
Photo: Agri


Penyerahan deklarasi Kongres Rakyat Kukar Menggugat oleh Kades Jembayan Samsu Arjali dan Ketua KNPI Kukar Thauhid AN kepada Ketua DPRD Kukar dan Plt Bupati Kukar
Penyerahan deklarasi Kongres Rakyat Kukar Menggugat oleh Kades Jembayan Samsu Arjali dan Ketua KNPI Kukar Thauhid AN kepada Ketua DPRD Kukar dan Plt Bupati Kukar
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 12/11/2018 20:55 WITA
Ratusan warga Kutai Kartanegara (Kukar) dari berbagai elemen yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Kukar Bersatu (KRKB) turun ke jalan untuk menggelar aksi damai bertajuk Kongres Rakyat Kukar Menggugat, Senin (12/11) pagi, di Tenggarong.


Kongres yang dilakukan di hadapan Plt Bupati Kukar Edi Damansyah dan Ketua DPRD Kukar Salehuddin itu digelar untuk menyuarakan tuntutan pembagian porsi Participating Interest (PI) Blok Mahakam yang lebih adil dari Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim).


KRKB menilai, porsi PI Blok Mahakam sebesar 66,5 persen untuk Provinsi dan 33,5 persen untuk Kukar yang diputuskan pada masa pemerintahan Gubernur Awang Faroek Ishak tidak memiliki nilai keadilan bagi Kukar.


"Kami menuntut agar pembagian porsi PI Blok Mahakam tersebut dirubah menjadi 50% untuk Pemprov Kaltim dan 50% untuk Pemkab Kukar," seru Koordinator KRKB, Thauhid Afrilian Noor, yang juga Ketua DPD KNPI Kukar.


Ketua KNPI Kukar Thauhid Afrilian Noor selaku koordinator Koalisi Rakyat Kukar Bersatu saat berorasi di DPRD Kukar
Photo: Agri


Kongres Rakyat Kukar Menggugat yang digelar di teras depan Kantor Bupati Kukar ini diikuti sejumlah elemen yang tergabung dalam KRKB, seperti DPD KNPI Kukar, Sempekat Keroan Kutai, HMI Cabang Tenggarong, PC PMII Kukar, IMM, Purna Paskibraka Indonesia (PPI), GP Ansor, dan Pemuda Muhammadiyah.


Kemudian ada dari Pemuda Panca Marga (PPM), Pemuda Pancasila, FKPPI, Forum Tenaga Honor Kukar (FTHK), HIPMI Kukar, IPM, Nasyuatul Aisyah, IPNU, Wiramuda Nusantara, LSM Grapesda, BEM Unikarta, PSPP Unikarta, hingga Forum Camat, Forum Lurah, dan Apdesi Kukar.


Sebelum menggelar Kongres Rakyat tersebut, pihak KRKB terlebih dahulu melakukan aksi damai di DPRD Kukar untuk menyuarakan aspirasi mereka.


Kedatangan para peserta aksi damai ini diterima langsung Ketua DPRD Kukar Salehuddin didampingi dua Wakil Ketua DPRD Kukar Rudiansyah dan Guntur, serta Anggota DPRD Kukar Abdul Rasid dan Abdul Kadir.


"Kami bersyukur KNPI Kukar bersama Ormas/OKP datang untuk menyuarakan ini. Kami dari DPRD Kukar sangat sepakat dengan tuntutan tersebut, karena yang diperjuangkan ini adalah hak rakyat Kukar," cetusnya.


Dibawah guyuran hujan gerimis, para peserta aksi bersama pimpinan dan anggota dewan melakukan long march dari DPRD Kukar menuju Kantor Bupati Kukar
Photo: Agri


Usai berorasi dan bertatap muka dengan pimpinan dan anggota DPRD Kukar, massa kemudian mengajak para wakil rakyat tersebut untuk mendatangi Kantor Bupati Kukar dengan berjalan kaki.


Kendati hujan gerimis tengah mengguyur Tenggarong, Salehuddin dan para wakil rakyat lainnya memenuhi permintaan massa dan ikut bergabung melakukan long march sejauh kurang lebih 300 meter dari DPRD Kukar ke Kantor Bupati Kukar.


Setiba di Kantor Bupati Kukar, Ketua DPRD Kukar Salehuddin bersama Koordinator KRKB menjemput Plt Bupati Kukar Edi Damansyah di ruang kerjanya agar dapat turun menemui massa.


Setelah Plt Bupati Edi Damansyah menemui massa, Koordinator KRKB Thauhid Afrilian Noor pun menyatakan dimulainya Kongres Rakyat Kukar Menggugat.


Selain diisi dengan berbagai orasi dari sejumlah perwakilan OKP, Ormas hingga Kepala Desa, pihak KRKB diwakili pengurus KNPI Kukar H Fahmi membacakan deklrasi Kongres Rakyat Kukar Menggugat.


Ada dua poin penting yang dinyatakan dalam deklarasi tersebut. "Pertama, penentuan saham 66,5% untuk Provinsi dan 33,5% untuk Kukar tidak adil dan berkeadilan serta cacat hukum dan cacat prosedural sehingga harus dicabut," kata Fahmi.


Kemudian yang kedua, lanjutnya, meminta kepada Gubernur Kaltim agar mencabut keputusan pembagian PI Blok Mahakam sebelumnya dan menetapkan porsi 50% PI Blok Mahakam untuk Kukar.


Sementara Plt Bupati Kukar Edi Damansyah juga menyambut baik aspirasi dan tuntutan yang disampaikan KRKB. "Kami satu arah dan satu visi dengan koalisi. Kami paham dengan kondisi rakyat saat ini. Jadi bersama DPRD Kukar, kami akan teruskan aspirasi rakyat ini kepada Pemprov Kaltim," tegasnya.


Pelaksanaan Kongres Rakyat Kukar Menggugat ini ditandai pula dengan penyerahan dua buah dokumen deklarasi dari Koordinator KRKB Thauhid Aprilian Noor kepada Plt Bupati Edi Damansyah, dan dari pihak Apdesi yang diwakili Kepala Desa Jembayan Samsu Arjali kepada Ketua DPRD Kukar Salehuddin.


Kongres ini diakhiri dengan aksi penandatanganan dukungan di atas spanduk panjang yang dibentangkan di halaman Kantor Bupati Kukar. Plt Bupati Edi Damansyah beserta para pejabat Pemkab Kukar lainnya ikut membubuhkan tanda tangannya bersama ratusan peserta aksi. (win)


Plt Bupati Kukar Edi Damansyah ikut menandatangani spanduk dukungan tuntutan PI Blok Mahakam 50% untuk Kukar
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Sempat Zero COVID-19, Kecamatan Samboja Kembali Tambah 2 Kasus Baru
Ingat, Dokumen Kependudukan Yang Ada TTE Tak Perlu Dilegalisir
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com