Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Barang Bukti Ribuan Botol Miras Dimusnahkan

Kajari Tenggarong Timbul Manullang SH turut memecahkan salah satu botol miras menandai pelaksanaan eksekusi barang bukti miras yang perkaranya telah diputus PN TenggarongKajari Tenggarong Timbul Manullang SH turut memecahkan salah satu botol miras menandai pelaksanaan eksekusi barang bukti miras yang perkaranya telah diputus PN Tenggarong
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 23/02/2006 19:44 WITA
Ribuan botol maupun kaleng barang bukti minuman keras (miras) dari berbagai jenis dan merk yang perkaranya telah diputuskan pengadilan, tadi siang dimusnahkan dengan cara digilas alat berat di halaman Terminal Non Bus Pasar Tangga Arung, Tenggarong.

Tak ayal acara pemusnahan barang bukti ribuan botol miras ini menarik perhatian ratusan warga Tenggarong yang melintasi Jl Danau Semayang maupun Jl Danau Aji.

Sebelum eksekusi dilaksanakan, Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Tenggarong Gaos Wicaksono SH terlebuh dahulu menandatangani berita acara eksekusi.

Kemudian baru lah Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM melakukan pemusnahan botol miras secara simbolis diikuti para pejabat Muspida lainnya, para tokoh agama, adat dan LSM. Setelah itu, ribuan botol miras tersebut digilas oleh alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum Kukar.


Barang bukti ribuan botol miras yang dimusnahkan tahun ini merupakan yang terbesar dibanding tahun-tahun sebelumnya
Photo: Agri

Dikatakan Kajari Timbul Manullang SH, melalui pemusnahan barang bukti miras ini diharapkan masyarakat mengetahui hasil-hasil kinerja aparat penegak hukum dalam rangka penegakan supremasi hukum yang transparan dan obyektif sesuai aturan Perda No 14 Tahun 1998 tentang Izin Penjualan Miras.

"Pelaksanaan eksekusi miras ini berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Tenggarong atas nama terpidana Tutik dkk serta Surat Perintah Kajari Tenggarong (P-48) yang amarnya memutuskan agar barang bukti miras tersebut dimusnahkan sehingga tidak dapat dipergunakan lagi," ujarnya.

Sementara ditambahkan Kapolres Kukar AKBP Drs Darmawan Sutawijaya SE MH, jumlah miras yang dieksekusi semuanya berjumlah 13.728 botol yang terderi ada 20 merek dan 6 jenis miras.

Menurutnya, ribuan botol miras ini merupakan hasil sitaan yang dilakukan dalam berbagai operasi yang digelar Polres Kukar yakni sejak Operasi Lilin Mahakam pada Desember 2005 lalu hingga Operasi Pekat yang berlangsung hingga Pebruari 2006.


Bupati Kukar H Syaukani HR menyambut baik langkah jajaran penegak hukum dalam menertibkan peredaran miras sesuai Perda No 14/1998
Photo: Agri

"Penyitaan ini dilakukan pada warung dan toko yang tidak memiliki izin penjualan miras yang ada di Tenggarong, Loa Kulu dan Tenggarong Seberang. Hal ini dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No 14 Tahun 1998 tentang Izin Penjualan Miras di dalam wilayah Kukar," katanya.

Sedangkan Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaannya kepada jajaran aparat hukum di Kukar yang telah mendukung pelaksanaan Perda. "Hal ini juga sejalan dengan visi dan misi program Gerbang Dayaku Tahap II yakni penegakan supremasi hukum," tegasnya.

Menurut Syaukani, dampak negatif yang ditimbulkan akibat mengonsumsi miras lebih menonjol ketimbang manfaatnya. "Selain bertentangan dengan agama, miras juga dapat menggangu kesehatan fisik dan mental," katanya.

Pemkab Kukar mendukung operasi yang dilakukan aparat hukum sebagai bagian dari upaya menyelamatkan generasi muda dari kehancuran. Demikian katanya.

Dari berbagai merek dan jenis miras yang dieksekusi itu sebagian besar buatan dalam negeri seperti jenis vodka, wisky, bir dan anggur. (win/joe)


Alat berat milik Dinas PU Kukar ketika menggilas barang bukti ribuan botol miras di Terminal Pasar Tangga Arung tadi siang
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 4 Pasien Positif Corona: Kasus Positif COVID-19 di Kukar Tembus Angka 50 Kasus
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com