Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tanoto Foundation Sosialisasikan Program Pelita Pendidikan

Perwakilan 24 sekolah mitra dan pemangku kepentingan di Kukar ikut ambil bagian pada sosialisasi program Pelita Pendidikan yang digagas Tanoto FoundationPerwakilan 24 sekolah mitra dan pemangku kepentingan di Kukar ikut ambil bagian pada sosialisasi program Pelita Pendidikan yang digagas Tanoto Foundation
Photo: Dok. Tanoto Foundation


KutaiKartanegara.com - 15/08/2018 22:23 WITA
Sebagai tindak lanjut kerja sama yang dilakukan dengan Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara (Kukar), pihak Tanoto Foundation menggelar sosialisasi program Pelita Pendidikan di hadapan perwakilan sekolah mitra dan pemangku kepentingan.


Sosialisasi program Pelita Pendidikan ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna, kantor Dinas Pendidikan Kukar, Tenggarong, Rabu (15/08) pagi.


Kegiatan ini selain diikuti 24 perwakilan sekolah mitra, juga diikuti para pejabat dari Bappeda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar, serta pemangku kepentingan lainnya.


Plt Bupati Kukar melalui Kabid Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Tulus Sutopo menyatakan, Pemkab Kukar mendukung penuh program yang diprakarsai Tanoto Foundation itu.


"Visi daerah ini adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Pemerintah daerah mendukung sepenuhnya program ini. Tidak ada negara maju tanpa pendidikan yang baik. Pendidikan membuat manusia jadi lebih baik," ujarnya.


Tanoto Foundation, lanjutnya, tanpa syarat telah bersedia membantu meningkatkan mutu pendidikan di Kukar. "Kalau kita kerjasamakan dengan pihak lain, pelatihan selama 5 tahun ini bisa menghabiskan milyaran rupiah. Sementara anggaran kita sekarang menurun. Kita harus bersyukur dan berkomitmen untuk menerapkan progam ini," ajaknya.


Sementara Direktur Program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation diwakili Koordinator Kerjasama dan Perencanaan, Rudi Sopiana, menyatakan, program Pelita Pendidikan hadir di Kukar untuk mendukung pemerintah menerapkan pembelajaran aktif di sekolah.


Pembelajaran jenis ini tidak lagi berfokus pada guru, melainkan pada siswa. Model pembelajaran klasik yang lebih didominasi oleh ceramah oleh guru, akan digantikan dengan siswa yang aktif secara fisik, mental, personal dalam proses belajar tersebut.


"Kalau dulu berpusat pada guru, program ini menjadikan guru sebagai fasilitator dan akan lebih berpusat pada siswa. Siswa diarahkan untuk menjadi lebih proaktif, percaya diri dan memiliki modal sejak dini menjawab tantangan zaman yang makin kompleks," jelasnya.


Ditambahkan Rudi, program ini juga akan membantu sekolah mengembangkan kepemimpinan dan manajemen sekolah yang lebih partisipatif, transparan dan akuntabel dan lebih berfokus pada peningkatan mutu pembelajaran di kelas.


Di tingkat pusat, lanjutnya, program Pelita Pendidikan ini bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.


Sedanhkan di tingkat provinsi, Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi yang bekerja sama dengan lembaga filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto ini. Provinsi lainnya adalah Jambi, Riau, Jawa Tengah dan Sumatara Utara.
(win)


Kepala Disdikbud Kukar diwakili Tulus Sutopo saat membacakan sambutan Plt Bupati Kukar pada kegiatan sosialisasi program Pelita Pendidikan
Photo: Dok. Tanoto Foundation

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satpol PP Kukar Eksekusi Bangunan Eks Warung Kopi Pangku yang Masih Berdiri
Disambut Hangat Bupati Kukar, Kedatangan 4 Mahasiswa Asal Kukar yang Dievakuasi dari Wuhan
 
Tes CPNS Formasi Guru Diikuti 1.189 Peserta
Enggan Pilih Politisi Sebagai Wabup Sisa Masa Jabatan, Ini Alasan Edi Damansyah
 
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
Kelola Jasa Kepelabuhan, Perusda Tunggang Parangan Jalin Kerja Sama Dengan PT PTB
 
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
Kaki Dilumpuhkan Timah Panas, Maling Yang Bawa Golok Terekam CCTV Akhirnya Ditangkap Polisi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Songsong Liga 2 2020, Jafri Sastra Pimpin Latihan Perdana Mitra Kukar
Liga 2 2020, Jafri Sastra Kembali Tangani Mitra Kukar
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com