Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Kukar dan Tanoto Foundation Jalin Kerja Sama

Disaksikan Plt Bupati Edi Damansyah, Kepala Disdikbud Hifisi G Fachrannas dan Stuart Weston dari Tanoto Foundation menandatangani MOU pelaksanaan program Pelita Pendidikan di Kukar Disaksikan Plt Bupati Edi Damansyah, Kepala Disdikbud Hifisi G Fachrannas dan Stuart Weston dari Tanoto Foundation menandatangani MOU pelaksanaan program Pelita Pendidikan di Kukar
Photo: Agri


Plt Bupati Edi Damansyah menyerahkan cenderamata kepada Ketua DPRD Kukar Salehuddin menggoreskan kuas pada kanvas menandai
Plt Bupati Edi Damansyah menyerahkan cenderamata kepada Ketua DPRD Kukar Salehuddin menggoreskan kuas pada kanvas menandai
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 02/08/2018 22:22 WITA
Untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menjalin kerja sama dengan pihak Tanoto Foundation lewat program Pelita Pendidikan.


Kesepakatan kedua belah pihak dituangkan dalam MOU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman yang ditandatangani Kepala Disdikbud Kukar Hifsi G Fachrannas dengan Stuart Weston selaku Direktur Program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation.


Penandatanganan MOU antara Disdikbud Kukar dengan Tanoto Foundation ini dilaksanakan di rumah jabatan Wakil Bupati Kukar, Tenggarong, Kamis (02/08) siang, disaksikan Plt Bupati Edi Damansyah dan Kepala Bappeda Wiyono.


Menurut Stuart Weston, program Pelita Pendidikan yang diprakarsai oleh Tanoto Foundation pada tahun 2018 dilaksanakan di 14 kabupaten di 5 provinsi yaitu Sumatera Utara, Jateng, Jambi, Riau dan Kaliman Timur.


Di Kalimantan Timur sendiri, program ini dilaksanakan di Kukar, Kota Balikpapan, serta Universitas Mulawarman dan IAIN Samarinda.


"Skema awal kerjasama ini akan berlangsung selama 3 tahun yaitu mulai tahun 2018 sampai 31 Desember 2020. Tanoto Foundation akan melatih kepala sekolah dan guru-guru di 24 sekolah terpilih untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif, manajemen sekolah, dan budaya baca," kata pria asal Inggris yang fasih berbahasa Indonesia itu.



Ditambahkan Stuart, 24 sekolah di Kukar yang terpilih terdiri dari 12 Sekolah Dasar (SD), 4 Madrasah Ibtidayah (MI), 6 SMP, dan 2 MTs yang berada di dua kecamatan yakno Tenggarong dan Tenggarong Seberang.


Sebelum program dimulai, lanjutnya, sekolah-sekolah tersebut akan dilakukan asesmen kemampuan membaca dan matematika. Untuk siswa SD dan MI, terutama siswa kelas awal, akan diuji kemampuan literasinya dengan menggunakan instrumen standar internasional EGRA (Early Grade Reading Sssessment) dan EGMA (Early Grade Mathematic Sssesment).


"Hasil asesmen tersebut akan menjadi data awal sebagai pijakan dalam mengembangkan program pelatihan dan pendampingan untuk sekolah mitra. Untuk melihat keberhasilan program, hasil asesmen awal akan dibandingkan dengan data-data setelah intervensi program," jelasnya.


Sementara Plt Bupati Kukar Edi Damansyah atas nama Pemkab Kukar menyatakan menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terjalinnya kerja sama antara Disdikbud dengan Tanoto Foundation.


"Saya berharap akan terjadi banyak perubahan pada mutu guru dan kepala sekolah setelah program ini berjalan. Kami sangat siap mengawal program ini. Program yang dikerjasamakan memang sangat sesuai dengan kebutuhan daerah ini," ujarnya.


Edi juga berharap agar para guru yang terpilih mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat membimbing lagi kepada guru-guru atau sekolah lainnya. "Karena secara keseluruhan ada 400an sekolah di daerah ini. Jadi, mudah-mudahan secara bertahap dapat kita laksanakan program peningkatan mutu pendidikan ini" katanya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kabar Baik, 4 Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan COVID-19
Evaluasi Penyaluran BLT-DD di Kukar, Sudah 78% Desa Realisasikan Dana BLT-DD Kepada Warga Tidak Mampu
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com