Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tidak Ditilang, Malah Dapat Helm Standar Gratis

Iptu Nada Marhaena dari Polres Kukar memasangkan helm standar gratis bagi warga Tenggarong yang terjaring razia, Kamis (16/02) kemarin
Iptu Nada Marhaena dari Polres Kukar memasangkan helm standar gratis bagi warga Tenggarong yang terjaring razia, Kamis (16/02) kemarin
Photo: Humas Kukar/Agus Taviv

KutaiKartanegara.com - 17/02/2006 16:13 WITA
Aparat Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Polres Kutai Kartanegara (Kukar) kemarin (16/02) pagi secara mendadak menggelar razia helm standar persis di depan Museum Mulawarman, Jalan Diponegoro, Tenggarong.

Bagi warga Tenggarong yang mengenakan helm standar saat mengendarai sepeda motornya, mereka dapat dengan leluasa melintasi Jalan Diponegoro. Namun bagi para pengendara yang hanya menggunakan helm biasa, mereka hanya bisa pasrah ketika personel Satlantas Polres Kukar mengarahkan mereka untuk memasuki halaman Dermaga Tenggarong.

Namun apa yang terjadi? Bukannya ditilang, para pelanggar disiplin berlalu-lintas itu malah dihadiahi helm standar. Rasa was-was karena merasa akan ditilang seketika berubah menjadi senyum sumringah begitu petugas mengatakan bahwa yang bersangkutan berhak mendapatkan hadiah helm standar gratis!


Didik Widiarso dari HSE Department Total E&P Indonesie mengucapkan selamat kepada warga Tenggarong yang 'beruntung' memperoleh helm standar gratis
Photo: Humas Kukar/Agus Taviv


Dalam razia kemarin pagi, 18 helm standar gratis sumbangan Total E&P Indonesie ludes dibagikan dalam waktu singkat
Photo: Humas Kukar/Agus Taviv

Padahal saat razia tersebut digelar antara pukul 08.00 hingga 09.00 WITA tersebut, tak sedikit warga Tenggarong yang balik arah 180 derajat hanya untuk menghindari razia karena takut ditilang gara-gara melanggar peraturan berlalu-lintas, entah karena tidak memakai helm standar atau tidak membawa SIM/STNK.

Razia helm standar yang berlangsung Kamis pagi kemarin ternyata merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2006 yang digarap Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kukar bekerjasama dengan Polres Kukar dan pihak perusahaan migas BPMIGAS-Total E&P Indonesie selaku penyumbang helm standar gratis itu.

Diakui Kasubdin Pengawasan Disnaker Kukar Dodi Sutriadi Iskandar SH, masyarakat Tenggarong belum sepenuhnya menyadari pentingnya pemakaian helm standar. "Bayangkan, dalam waktu singkat 18 buah helm standar yang kami bawa, sudah ludes diberikan kepada warga yang hanya memakai helm biasa," ujar Dodi.

Sementara dikatakan Kasat Lantas Polres Kukar AKP Harun Yuni Aprin SIK, sosialisasi helm keselamatan senantiasa dilakukan pihaknya. Sebagai tindak lanjut Keputusan Menteri (Kepmen) Perhubungan RI Nomor 14 Tahun 1992.

"Tujuan penerapan pemakaian helm standar tersebut sebenarnya sangat penting bagi pengendara motor bersangkutan. Kalau memakai helm standar, tentunya resiko bagi pengendara motor jika mengalami kecelakaan, agak berkurang. Sebab, sudah banyak pengendara tewas di jalanan saat terjadi lakalantas, lantaran helm biasa dipakainya tak mampu melindungi bagian kepala," demikian kata Harun.

Dalam razia tersebut sebenarnya akan dibagikan 50 buah helm standar gratis, namun yang sempat dibagikan hanya berjumlah 18 buah. Kepada warga yang telah terjaring namun belum memperoleh helm standar gratis, pihak Satlantas Polres Kukar kemudian membuat surat pengantar untuk mengambil helm tersebut di Disnaker Kukar pada tanggal 28 Pebruari 2006. (win)


Beberapa pengendara yang telah mengenakan helm standar dapat dengan leluasa meneruskan perjalanan, namun ternyata banyak pula warga yang tidak mengenakan helm standar terjaring dalam razia kemarin
Photo: Humas Kukar/Agus Taviv

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
Kabar Baik, 4 Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com