Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kukar Budidayakan Tanaman Jarak, Syaukani Tanam Perdana

Bupati Kukar H Syaukani HR mengangkat bibit tanaman Jarak Pagar didampingi Ketua Sentana Kukar Andi Sabrin (kiri) dan Ketua FKMTNKB H Basori Rachmat (kanan)
Bupati Kukar H Syaukani HR mengangkat bibit tanaman Jarak Pagar didampingi Ketua Sentana Kukar Andi Sabrin (kiri) dan Ketua FKMTNKB H Basori Rachmat (kanan)
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 14/02/2006 20:53 WITA
Melalui Sentra Petani dan Nelayan (Sentana) Kutai Kartanegara (Kukar), Forum Komunikasi Masyarakat Tani dan Nelayan Karya Bangsa (FKMTNKB) Kukar tadi siang melakukan pembudidayaan tanaman Jarak (Jatropha curcas) perdana di Desa Margasari, Kecamatan Loa Kulu.

Pembudidayaan perdana 5.000 bibit tanaman Jarak ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM ditandai penanaman bibit Jarak di atas salah satu lokasi lahan seluas 1 hektar dari 7 ribu hektar yang direncanakan di Desa Margasari, Loa Kulu.

Ketua FKMTNKB Kukar H Basori Rahmat mengatakan, pembudidayaan tanaman jarak yang bijinya mampu menghasilkan minyak jarak ini memiliki masa depan yang sangat prospektif yakni sebagai energi alternatif berupa bahan bakar bio-diesel yang sangat ramah lingkungan dan bahan baku obat-obatan.


Bupati Syaukani saat melakukan penanaman perdana bibit tanaman Jarak Pagar di atas lahan 1 ha dari 7.000 ha yang direncanakan oleh FKMTNKB dan Sentana Kukar
Photo: Joe

Menurutnya, selain pangsa pasar minyak jarak di dunia masih terbuka luas, juga tanaman jarak dapat hidup di lahan marginal maupun kritis. Selain itu biji jarak dapat dipanen setelah usia 6 bulan sejak ditanam dengan usia produktif selama 25 tahun.

Menyinggung penanaman perdana 5.000 bibit jarak di Desa Margasari ini, menurut Basori sebagai upaya memotivasi petani lainnya agar mengikuti langkah yang dilakukan pihaknya.

Sementara Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM mengatakan, kekayaan potensi sumber daya alam di Kukar selain minyak bumi dan gas alam (migas) serta batubara kini semakin bertambah lagi dengan adanya pembudidayaan tanaman Jarak.


Bupati Kukar H Syaukani HR sambil memperhatikan sebotol minyak jarak yang sudah diolah, menjelaskan kemampuan minyak ini dihadapan para petani Desa Margasari, Kecamatan Loa Kulu
Photo: Agri

Menurutnya, potensi migas dan batubara sebagai energi dari dalam bumi Kukar sejak dahulu hingga saat ini sudah dieksploitasi sedemikian rupa.

"Namun energi yang dihasilkan dari alam ini tidak dapat diperbaharui dan akan habis dalam beberapa dekade ke depan. Kini saatnya kita membuat terobosan dengan menciptakan energi masa depan melalui eksploitasi minyak jarak," kata Syaukani.

Bupati Kukar juga berjanji bila masyarakat mendukung, Pemkab Kukar akan menjalin kerjasama dengan IPB (Institut Pertanian Bogor) dalam mengembangkan tanaman ini.

Bupati Kukar juga mengatakan akan mengundang investor dalam dan luar negeri untuk membangun kilang pengolah biji jarak menjadi minyak bio-diesel. "Karena teknologi menjadikan minyak jarak sebagai energi alternatif (bio-diesel) sudah dimiliki bangsa kita," kata Bupati H Syaukani HR.

Di Indonesia, minyak jarak sudah dikenal sejak 60 tahun silam ketika balatentara Jepang membawanya sebagai bahan bakar lampu penerangan dan obat-obatan. (win/joe)


Bupati H Syaukani HR (berdiri) ketika memberikan sambutannya di hadapan para petani desa Margasari serta pejabat Pemkab Kukar sebelum melakukan penanaman bibit jarak perdana di lokasi tersebut
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
Kabar Baik, 4 Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com