Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

FT Unikarta Jalin Kerjasama dengan Perusahaan Batubara

Wabup Kukar Samsuri Aspar tengah menyaksikan Manajer PT Mahakam Sumber Jaya WP Santoso menandatangani MOU dengan FT Unikarta
Wabup Kukar Samsuri Aspar tengah menyaksikan Manajer PT Mahakam Sumber Jaya WP Santoso menandatangani MOU dengan FT Unikarta
Photo: Humas Kukar/Agus Salim

KutaiKartanegara.com - 13/02/2006 22:55 WITA
Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi mahasiswa Program Studi Geologi Pertambangan, Fakultas Teknik (FT) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) menggandeng 3 perusahaan tambang batubara yang beroperasi di Kutai Kartanegara (Kukar) untuk melaksanakan sejumlah kegiatan pendidikan baik di kampus maupun lapangan.

Gebrakan FT Unikarta ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan PT Mahakam Sumber Jaya, PT Tanito Harum dan PT Jembayan Muara Bara. Selain itu, kerjasama FT Unikarta ini juga dijalin dengan 2 dinas Pemkab Kukar yakni Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pertambangan dan Energi.

Penandatanganan MoU antara pihak FT Unikarta yang diwakili Dekan FT Unikarta Ir Sujiman MT dengan 3 perusahaan tambang batubara dan 2 dinas Pemkab Kukar ini dilakukan tadi pagi di hadapan Wabup Drs H Samsuri Aspar MM dalam acara pembukaan Pelatihan Teknik Eksplorasi dan Eksploitasi Batubara dalam rangka Peningkatan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Tenggarong.


Wabup Kukar H Samsuri Aspar ketika menyampaikan sambutannya
Photo: Humas Kukar/Agus Salim

Wabup H Samsuri Aspar dalam sambutannya menyatakan menyambut baik terselenggaranya penandatanganan MoU antara Fakultas Teknik Unikarta dengan beberapa perusahaan tambang di Kukar.

"Hal ini merupakan suatu bentuk kerjasama yang mengedepankan pada peningkatan Sumber Daya Manusia Kukar, terutama para mahasiswa Fakultas Teknik Unikarta," kata Wabup Samsuri Aspar.

Ditambahkannya, MoU ini hendaknya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya karena hal ini sejalan dengan program Gerbang Dayaku tahap II yang salah satu sasarannya adalah peningkatan SDM yang berkualitas.

Salah satu pasal dalam MoU itu antara lain disebutkan bahwa pihak perusahaan tambang batubara bersedia membantu FT Unikarta Tenggarong dalam hal asistensi dan konsultasi proses belajar mengajar, pelaksanaan penelitian dan pengembangan sumber daya mineral dan energi.


Wabup Samsuri Aspar secara simbolis menyerahkan materi Pelatihan Teknik Eksplorasi dan Eksploitasi Batubara kepada salah seorang peserta
Photo: Humas Kukar/Agus Salim

Selain itu, pihak perusahaan tambang juga bersedia menyediakan tempat sekaligus pembimbing dan instruktur untuk pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan bagi mahasiswa FT Unikarta. Kemudian, pihak perusahaan tambang bersedia memberikan informasi lowongan praktek kerja lapangan baik secara insidentil maupun reguler, serta bersedia menerima staf pengajar FT Unikarta untuk memperoleh tambahan pengalaman.

Sementara pihak FT Unikarta bersedia untuk melakukan perencanaan kegiatan praktek, pelatihan dan konsultasi termasuk anggaran kegiatannya. FT Unikarta juga bersedia melakukan pra-seleksi mahasiswa calon peserta PKL di perusahaan tambang khususnya menyangkut masalah sikap dan potensinya.

Sebelum penandatanganan MoU, di tempat yang sama Wabup Samsuri Aspar membuka Pelatihan Teknik Eksplorasi dan Eksploitasi Batubara. Pembukaan pelatihan yang diselenggarakan FT Unikarta selama 3 hari ini ditandai dengan pemasangan tanda peserta dan penyerahan materi pelatihan kepada instruktur secara simbolis. Hingga saat ini FT Unikarta Tenggarong telah menghasilkan 400 lebih Sarjana Diploma III. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Vaksinasi COVID-19 Perdana di Kukar, Ada 3 Tokoh Ditunda Jalani Vaksinasi
Vaksinasi COVID-19 Tahap Pertama di Kukar Untuk Ribuan Nakes dan 10 Tokoh
 
Bupati Edi Damansyah Lantik 169 Pejabat Fungsional
Dibuka Bupati Edi Damansyah, Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
Antar Bakso Berisi Narkoba ke Lapas, Pelajar SLTA Asal Sebulu Diamankan Petugas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com