Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kurang Dari 4,5 Menit, Regu Badak Asset I Atasi Kebakaran Ladang Gas

Regu pemadam kebakaran berusaha menjinakkan si jago merah yang terus berkobar hebat
Regu pemadam kebakaran berusaha menjinakkan si jago merah yang terus berkobar hebat
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 12/02/2006 15:25 WITA
Sebuah ladang gas milik VICO Indonesia di Muara Badak yang terbakar hebat Sabtu (11/02) kemarin, menimbulkan menara api yang tingginya mencapai 50 meter. Sebanyak 15 regu pemadam diturunkan untuk memadamkan api yang berkobar sejak pukul 08.15 WITA. Api baru dapat dijinakkan sekitar pukul 12.30 WITA.

Aksi 15 regu pemadam ini mendapat perhatian serius oleh beberapa petinggi VICO yang terjun langsung ke lokasi untuk menyaksikan regu pemadam yang sedang berjuang melawan panasnya api yang berasal dari kondensat yang terbakar.

Para petinggi VICO Indonesia yang menyaksikan langsung dari jarak dekat aksi regu pemadam tersebut diantaranya Vice President Samberah Asset, Amri Siahaan, yang didampingi beberapa manajer.

Peristiwa tersebut merupakan salah satu aksi regu pemadam peserta Lomba Pemadaman Kebakaran dari berbagai departemen yang digelar BPMIGAS-VICO Indonesia dalam rangka Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang diperingati tiap tahun dari tanggal 12 Januari sampai 12 Februari.


Kobaran si jago merah mampu membentuk menara api yang tingginya hingga 50 meter
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Lokasi yang dipergunakan untuk kegiatan lomba memadamkan api ini adalah Fire Training Ground yang letaknya tidak jauh dari Lokasi Sumur Badak VI. Setiap regu terdiri dari 6 orang dipimpin seorang kapten. Regu yang tampil harus menggunakan peralatan lengkap, mulai dari baju tahan panas yang merupakan seragam khusus tim pemadam, topi/helm, sarung tangan dan sepatu safety.

Menurut Ketua Panitia Lomba Pemadaman Kebakaran, Dadang Suparman, beberapa ketentuan yang dibuat oleh panitia meliputi kerjasama dan kekompakan tim, teknik menggelar dan menggulung selang, teknik memadamkan api.

"Setiap regu kami beri waktu selama 15 menit untuk melakukan pemadaman. Dan jika salah seorang peserta terjatuh maka hal itu dapat mengurangi nilai," jelas Dadang yang sehari-harinya adalah HSE & Training Superintendent VICO Indonesia.


Untuk menanggulangi api yang berkobar hebat seperti ini, diperlukan keahlian, keberanian dan tenaga yang handal dari personel pemadam kebakaran
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Namun berdasarkan pantauan di lapangan, sebagaian besar regu hanya memerlukan waktu dibawah 10 menit. Ada juga beberapa peserta yang meghabiskan waktu cukup lama untuk menggulung selang serta kesulitan dalam melepaskan pipa dari sambungan Y-Piece atau outlet dua arah.

Aksi ini cukup menyita waktu dan tenaga, karena diperlukan keahlian, keberanian dan tenaga dalam melakukan pemadaman. Mulai dari teknik menggelar selang, menyambung ujung selang yang satu dengan yang lainnya, memadamkan api sampai menggulung selang seperti sebelum digunakan.

Setelah melalui perjuangan yang cukup melelahkan, akhirnya keluar sebagai Juara I adalah Regu Badak Asset I, yang juga merupakan juara bertahan di ajang ini dengan waktu tercepat 4 menit 26 detik dan total nilai 353.

Sementara Juara II diraih oleh Regu Badak Asset II dengan catatan waktu 4 menit 45 detik dan total nilai 336. Sedangkan gelar Juara III diraih oleh Regu Nilam Asset dengan perolehan nilai 327.

Tim Production Coordination & Transmission (PCT) Department yang merupakan tim debutan dalam ajang ini meskipun tidak memperoleh juara namun penampilannya mampu mengundang decak kagum. Pasalnya, tim PCT Department merupakan satu-satunya tim yang bisa mengimbangi tim yang sudah sarat pengalaman. Tim ini juga termasuk peserta paling heboh karena satu-satunya peserta yang membawa supporter dengan berbagai atribut.

Dikatakan Dadang Suparman, para juara selain mendapatkan trofi juga berhak mendapakan uang pembinaan dari panitia Bulan K3 BPMIGAS–VICO Indonesia dan akan diserahkan pada malam penutupan yang rencananya digelar tanggal 28 Februari mendatang. (bas)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 4 Pasien Positif Corona: Kasus Positif COVID-19 di Kukar Tembus Angka 50 Kasus
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com