Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Investor Arab Turut Tanamkan Modal Pembangunan Bandara Kukar

Sultan Kamal Bawazier (kanan) didampingi Bupati Prof Syaukani tampak serius menyimak pemaparan dari Kadis PU Kukar Sugiyanto (kiri)
Sultan Kamal Bawazier (kanan) didampingi Bupati Prof Syaukani tampak serius menyimak pemaparan dari Kadis PU Kukar Sugiyanto (kiri)
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 11/02/2006 19:18 WITA
Rencana Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) untuk membangun sebuah bandara tampaknya semakin mantap saja. Setelah berhasil menggaet investor dari Hong Kong (China) yakni Golden Dragon Investment, kini giliran investor dari Timur Tengah yang tergabung dalam Sultan Group Investment juga berminat untuk menanamkan modalnya dalam pembangunan bandara tersebut.

Terkait dengan hal tersebut, Sultan Kamal Bawazier, sang investor dari Timur Tengah kemarin Jum'at (09/02) melakukan kunjungan ke Kukar untuk meninjau langsung lokasi pembangunan bandara yang berada di desa Jongkang, Kecamatan Loa Kulu.

Sultan Kamal Bawazier yang disebut-sebut sebagai cucu dari 'raja minyak' Syekh Yamani ini tiba bersama keluarganya dengan menggunakan sebuah helikopter yang mendarat di halaman gedung Puteri Karang Melenu, Tenggarong Seberang, sekitar pukul 11.00 WITA.

Rombongan Sultan Kamal Bawazier langsung disambut Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM, Sekkab Kukar Drs HM Husni Thamrin dan beberapa pejabat teras Pemkab Kukar lainnya termasuk Kapolres AKBP Darmawan Sutawijaya. Rombongan kemudian bergerak menuju desa Jongkang, Loa Kulu.


Sesekali Sultan Kamal Bawazier mengajukan beberapa pertanyaan seputar rencana pembangunan Bandara Kukar
Photo: Agri

Setibanya di lokasi, Sultan Kamal Bawazier didampingi Bupati Prof H Syaukani HR mendengarkan penjelasan dari Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kukar Ir Sugiyanto MM sekilas mengenai proyek pembangunan bandara tersebut. Sambil mengamati peta serta gambar-gambar rancangan bandara tersebut, sesekali Sultan Kamal Bawazier juga mengajukan pertanyaan kepada Kadis PU Sugiyanto.

Dijelaskan Sugiyanto bahwa sebagai kemudahan bagi investor, Pemkab Kukar telah menyiapkan lahan seluas 2.300 hektare bagi pembangunan bandara ini. "1.300 ha untuk kepentingan bandara, sedangkan 1.000 ha lagi untuk pendukung bandara seperti hotel, mal, lapangan golf dan infrastruktur lainnya," papar Sugiyanto.

Menurut Sugiyanto, pembangunan bandara ini dikerjakan sebuah konsorsium yang terdiri dari 4 perusahaan yakni Graha Cipta Hadiprana, Rumah-Indonesia, PT Dirgantara Indonesia dan Pakarya.

Ada pun dana yang dibutuhkan bagi pembangunan bandara ini, menurut Sugiyanto diperkirakan mencapai 250 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,5 triliun yang untuk pendanaannya murni investasi dari pihak ketiga.

Setelah puas mendapatkan informasi maupun penjelasan mengenai kesiapan Kukar untuk membangun bandara tersebut baik melalui Bupati Prof Syaukani maupun Kadis PU Sugiyanto, rombongan Sultan Kamal Bawazier kemudian meninggalkan lokasi untuk segera menuju ke Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong, untuk melaksanakan Salat Jum'at.

Sementara usai makan siang di Hotel Singgasana Tangga Arung, Bupati Kukar juga mengajak Sultan Kamal Bawazier untuk melihat lokasi pembangunan lapangan golf di wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang yang letaknya berbatasan dengan desa Jongkang, Loa Kulu. (win)


Sultan Kamal Bawazier diapit Bupati H Syaukani HR dan Sekretaris Bappeda Kukar Ir Totok Heru Subroto MSi (kanan) ketika memperhatikan desain Bandara Kukar di lokasi proyek, desa Jongkang, Kecamatan Loa Kulu, Jum'at (09/02) kemarin
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com