Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar

Suasana sosialisasi dari pihak BPJS Kesehatan di hadapan para camat di Tenggarong, Kamis (05/10) kemarinSuasana sosialisasi dari pihak BPJS Kesehatan di hadapan para camat di Tenggarong, Kamis (05/10) kemarin
Photo: Agri


Arbayah Ropika dari BPJS Kesehatan CU Samarinda saat menjelaskan mekanisme pendaftaran peserta BPJS di kecamatan
Arbayah Ropika dari BPJS Kesehatan CU Samarinda saat menjelaskan mekanisme pendaftaran peserta BPJS di kecamatan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 06/10/2017 16:48 WITA
Jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengalami penurunan yang cukup drastis.


Dari data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Utama Samarinda hingga September 2017, tercatat ada 331.132 atau 50,57 persen warga Kukar yang menjadi peserta aktif JKN-KIS.


Padahal pada tahun 2016 lalu, jumlah peserta JKN-KIS asal Kukar mencapai 99,4 persen atau sebanyak 650.863 jiwa dari total 654.761 jiwa penduduk Kukar.


Penurunan yang drastis ini dikarenakan banyak kepesertaan JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD yang tak teranggarkan di APBD Kukar 2017 lantaran terjadinya defisit anggaran. Akibatnya, banyak peserta PBI APBD asal Kukar yang kini berstatus non aktif.


Berangkat dari hal itu, BPJS Kesehatan terus berupaya untuk mendongkrak kembali kepesertaan JKN-KIS di wilayah Kukar. Salah satunya dengan menggandeng pihak kecamatan untuk membantu proses pendaftaran peserta baru maupun peralihan peserta PBI APBD non aktif menjadi peserta mandiri dengan target tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di level kecamatan.


Untuk menyamakan persepsi dengan pihak kecamatan, BPJS Kesehatan menggelar kegiatan Sosialiasi Mekanisme Pendaftaran Peserta Peralihan PBI APBD Non Aktif ke Segmen Kepesertaan Lainnya di harapan para camat di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Kamis (05/10) kemarin.


Sosialisasi ini juga merupakan tindak lanjut dari instruksi Bupati Kukar tertanggal 4 September 2017 yang memerintahkan kepada kepala perangkat daerah hingga perangkat desa se-Kukar untuk mendukung dan memfasilitasi BPJS Kesehatan dalam melakukan pendaftaran peserta JKN-KIS.


"Sebelum ada instruksi dari Bupati Kukar, kita sudah menjalankan rencana kita untuk meng-UHC-kan per kecamatan. Karena kalau untuk tingkat Kabupaten masih agak berat UHC-nya, maka paling tidak per kecamatan terlebih dahulu UHC-nya," kata Arbayah Ropika selaku Kabid Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan UC Samarinda kepada awak media.


Menurut Arbayah, pihaknya telah melakukan beberapa uji coba mekanisme pendaftaran di Kecamatan Anggana dan Tenggarong Seberang yang mendapat sambutan antusias dari warga. "Per minggu, tren kenaikannya mencapai 1 persen," ujarnya.


Lewat kegiatan sosialisasi di hadapan para camat se-Kukar, Arbayah berharap agar kecamatan lain yang banyak warganya belum terdaftar dapat segera memiliki jaminan kesehatan.


"Jadi ada 7 kecamatan yang menjadi skala prioritas kita untuk implementasi instruksi Bupati, yakni kecamatan Tenggarong, Loa Janan, Loa Kulu, Samboja, Muara Jawa, Muara Badak dan Marangkayu," katanya.


Senada dengan Arbayah, Kabag Pemerintahan Setkab Kukar Sunggono mengatakan bahwa Pemkab Kukar terus berkoordinasi dengan BPJS di Kukar untuk menyamakan persepsi, termasuk membangun kesepahaman tentang upaya meningkatkan UHC. "Kita menargetkan tahun 2017 ini kepesertaan JKN-KIS di Kukar mencapai 79 persen," pungkasnya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Diperpanjang Hingga 14 Oktober, Pembatasan Sosial/Aktivitas Malam Hari di Kukar
Plt Bupati Kukar Chairil Anwar: Tenggarong Akan Dikembangkan Jadi Kota Warisan Budaya
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Komite Ekonomi Kreatif Kukar Resmi Dikukuhkan
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
 
Tak Pandang Suku atau Agama, Polres Kukar Proses 2 Pihak yang Terlibat Pertikaian Berdarah di Muara Jawa
Duh, 3 Dari 4 Pelaku Percobaan Perampokan Toko Emas Ternyata Masih Pelajar SLTA
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com