Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Peringati Hari Jadinya yang ke-3
Yayasan Lanjong Persembahkan Pagelaran Seni

Seluruh pendukung acara berpose bersama Wabup Samsuri Aspar dan istri serta pengurus Yayasan Lanjong KukarSeluruh pendukung acara berpose bersama Wabup Samsuri Aspar dan istri serta pengurus Yayasan Lanjong Kukar
Photo: Agri


Para penari cilik yang menampilkan tari Jepen Rantau
Para penari cilik yang menampilkan tari Jepen Rantau
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 04/02/2006 17:18 WITA
Suasana Kedaton Koetai Kartanegara yang terletak di jantung 'Kota Raja' Tenggarong tampak meriah dan penuh cahaya warna-warni tadi malam (03/02). Sementara irama musik tingkilan dengan hentakan tetabuhan menambah semarak suasana, mengiringi sejumlah bocah yang membawakan tarian Jepen dengan lincah.

Ratusan warga yang hadir, termasuk para pejabat teras Kutai Kartanegara, seolah tak mau melepaskan pandangannya dari arah pentas untuk menyaksikan semua atraksi kesenian yang dipersembahkan Yayasan Lanjong Kukar dalam rangka memeriahkan hari jadinya yang ke 3 tahun.

Selain tarian rakyat Kutai, tari kontemporer hingga senam Jepen, sebuah operet anak-anak usia Sekolah Dasar yang dibawakan dalam Bahasa Inggris juga mampu memukau para undangan yang menyaksikannya.


Salah satu adegan dalam operet berbahasa Inggris yang menarik perhatian hadirin
Photo: Yanda

Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar, Wakil Ketua DPRD HM Yusuf AS, Kapolres Kukar Darmawan Sutawijaya, Ketua PN Tenggarong Sudirman WP serta Ketua LPKK Syamsul Khaidir, sesekali memberikan tepuk tangan meriah dan tersenyum geli melihat tingkah polah anak-anak itu dalam mementaskan operet bertajuk Putir Busu & Bawi Sandah.

Usai menyimak operet tersebut, pejabat Muspida Kukar ini berkesempatan untuk mencicipi aneka macam hidangan kue tradisional. Pasalnya, malam pertama Pagelaran Seni Yayasan Lanjong ini diisi pula dengan Lomba Kue Tradisional yang diikuti ibu-ibu dari Kelurahan Mangkurawang.

Dikatakan Ketua Yayasan Lanjong Kukar, Rusdiansyah, disamping menggelar pertunjukan seni berupa tari, musik dan operet, pihaknya juga mengadakan kegiatan lomba kue tradisional, kelas aerobik bersama instruktur dari Jakarta serta Workshop Senam Jepen produksi Lanjong Sports. "Karena banyaknya pertunjukan seni yang mencapai 20 buah pagelaran, kegiatan ini kami bagi menjadi 3 malam dan 2 hari," ujar Rusdi.


Sajian tari kontemporer bertajuk Dua Wajah oleh Wiwin Gunawan
Photo: Yanda

Kegiatan tersebut, lanjut Rusdi, dimaksudkan untuk menandai 3 tahun eksistensi Yayasan Lanjong dalam bidang pendidikan khususnya Bahasa Inggris, kesenian dan olahraga. "Kami memang tidak bisa menjadi yang terbesar. Namun kami hadir untuk memberikan yang terbaik bagi Kutai Kartanegara," ujar Rusdi.

Sementara Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar dalam sambutannya ketika membuka Pagelaran Seni tersebut menyatakan sangat terkesan dengan kemajuan yang telah dicapai Yayasan Lanjong di usianya yang baru 3 tahun.

"Tiga tahun memang usia yang sangat muda, namun malam ini (tadi malam-red) kita semua tahu bagaimana Lanjong yang sesungguhnya. Saya sangat bersyukur atas kemajuan dan kekompakan yang diraih Yayasan Lanjong," puji Samsuri Aspar.

Wabup Kukar lalu mengajak Yayasan Lanjong untuk terus berkarya dengan menggali dan mengembangkan seni budaya di daerah ini dan tidak mencampur aduk kesenian Kutai dengan yang lainnya. "Karena melalui kesenian kita sendiri, maka pariwisata yang menjadi primadona Kukar akan semakin terdongkrak," kata Wabup Samsuri Aspar. (win/nop)


Wabup Samsuri Aspar (kanan) dan Kapolres Darmawan Sutawijaya (tengah) tampak menikmati hidangan kue tradisional yang dilombakan dalam rangka HUT Yayasan Lanjong ke-3
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Sabtu-Minggu Ada Uji Beban Dinamis, Jembatan Kartanegara Akan Ditutup Sementara Pada Jam Ini
Meriahnya Peluncuran Pilbup Kukar 2020
 
Bupati Kukar Lantik 107 Kades Hasil Pilkades Serentak 2019
Gerbong Mutasi Masih Bergerak, Bupati Edi Damansyah Lantik 98 Pejabat
 
Dampak Penetapan IKN, Dubes Malaysia Kunjungi Kukar Jajaki Peluang Investasi Baru
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
 
Kejaksaan Negeri Kukar Masih Tangani Kasus Korupsi di 2 Desa Ini
Kasus Pencurian Minyak Mentah dari Pipa Pertamina, Polisi Tangkap 3 Pelaku
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Hari Guru Nasional 2019: Ini Sambutan Nadiem Makarim Yang Bikin Para Guru Bersorak Riuh dan Bertepuk Tangan
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com