Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Malam Menyambut Tahun Baru Islam 1427 H
Ribuan Umat Muslim Ikuti Tablig Akbar Bersama KH Zainuddin MZ

Suasana Tablig Akbar di halaman parkir Gedung PKM, Tenggarong Seberang, Senin (30/01) malam, yang diisi dengan siraman rohani dari dai cilik M Arifin dan dai sejuta umat KH Zainuddin MZSuasana Tablig Akbar di halaman parkir Gedung PKM, Tenggarong Seberang, Senin (30/01) malam, yang diisi dengan siraman rohani dari dai cilik M Arifin dan dai sejuta umat KH Zainuddin MZ
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 31/01/2006 21:09 WITA
Malam menyongsong pergantian Tahun Baru Islam 1427 Hijriah di Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (30/01) malam, ditandai dengan gelar Tablig Akbar bersama dai sejuta umat KH Zainuddin MZ dan dai cilik Muhammad Arifin.

Kegiatan yang berlangsung di di halaman parkir Gedung Puteri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang ini dihadiri ribuan umat Muslim kota Tenggarong termasuk Bupati H Syaukani HR, pimpinan dan anggota DPRD Kukar, pejabat Muspida, kepala dinas/instansi, serta alim ulama.

Dalam Tablig Akbar tersebut, ribuan umat Muslim Tenggarong sempat dibuat gemas oleh dai cilik Muhammad Arifin yang mendapatkan kesempatan pertama untuk menyampaikan dakwahnya.


Panitia menyiapkan dua layar raksasa agar umat Muslim kota Tenggarong dapat menyaksikan wajah penceramah dari kejauhan
Photo: Agri

Celotehan dan tingkah polah Arifin di atas pentas Tablig Akbar yang tak kalah dengan dai-dai kondang tersebut terkadang membuat seluruh hadirin termasuk para pejabat Kukar tertawa gemas.

Arifin yang sempat kehausan setelah beberapa menit berdakwah bahkan tak sungkan-sungkan untuk meminta susu. Pihak panitia pun segera memberinya air mineral karena tidak ada susu yang dimaksud. "Karena tidak ada susu, susunya nanti pulang aja ya?!" ujar Arifin disambut gerr para hadirin.

Usai dai cilik M Arifin tampil sebagai pembuka, giliran KH Zainuddin MZ yang tampil di atas pentas dengan uraian dakwahnya yang kerap diselingi dengan guyon-guyon segar.

KH Zainuddin MZ dalam tauziahnya mengingatkan makna hijrah atau perpindahan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah yang patut diresapi umat Muslim.

"Hijrah merupakan sebuah konsep perjuangan Rasulullah yang patut kita amalkan di masa kini yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan," ujarnya.


Dai cilik M Arifin yang diapit Bupati Kukar H Syaukani HR (kiri) dan KH Zainuddin MZ tampak meneguk minumannya usai tampil di atas pentas
Photo: Agri

Menurut KH Zainuddin MZ, hijrah yang dilakukan Rasulullah SAW merupakan sebuah upaya untuk mencapai sesuatu yang lebih baik dibanding sebelumnya. Dan bagi umat Muslim, lanjutnya, upaya peningkatan diri mesti dilakukan setiap hari. "Sehingga apa yang kita lakukan hari ini, harus lebih baik daripada kemarin," pesannya.

Dai Sejuta Umat ini juga mengingatkan kaum Muslim akan hijrah sesungguhnya yang pasti dialami setiap manusia, yakni hijrah dari alam dunia ke alam kubur.

"Keberadaan kita di dunia ini hanyalah sekedar merantau sebelum menuju alam akhirat yang abadi. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak amalan selama kita masih hidup di dunia sebagai bekal ke akhirat," demikian katanya.

Usai menyampaikan hikmah Tahun Baru Hijriah, KH Zainuddin MZ memimpin pembacaan doa akhir tahun 1426 H. Sekitar pukul 23.00 WITA, acara Tablig Akbar yang disiarkan langsung RRI Samarinda ini pun berakhir. (win)


Ribuan umat Muslim kota Tenggarong yang tumpah ruah di halaman parkir Gedung PKM untuk mengikuti Tablig Akbar bersama KH Zainuddin MZ dan dai cilik M Arifin
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 4 Pasien Positif Corona: Kasus Positif COVID-19 di Kukar Tembus Angka 50 Kasus
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com