Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Semua Penumpang Selamat
Perahu Ketinting Karam Usai Tabrak Kapal Wisata Pulau Kumala

Detik-detik tenggelamnya perahu ketinting setelah menabrak bagian samping kapal wisata Pulau KumalaDetik-detik tenggelamnya perahu ketinting setelah menabrak bagian samping kapal wisata Pulau Kumala
Photo: Istimewa


Potongan gambar dari rekaman video warga dari atas jembatan Repo-Repo yang merekam momen penyelamatan para penumpang perahu ketinting
Potongan gambar dari rekaman video warga dari atas jembatan Repo-Repo yang merekam momen penyelamatan para penumpang perahu ketinting
Photo: Istimewa

KutaiKartanegara.com - 01/01/2017 21:34 WITA
Peristiwa kecelakaan air di sungai Mahakam menggemparkan ratusan pelancong yang hendak menuju atau dari obyek wisata Pulau Kumala, Tenggarong, Minggu (01/01) sore sekitar jam 15.30 WITA.


Sebuah perahu ketinting yang hendak membawa 6 pelancong ke pulau Kumala menabrak bagian samping kapal wisata Pulau Kumala yang tengah melintasi sungai Mahakam di sekitar Jembatan Repo-Repo.


Akibat tabrakan tersebut, perahu ketinting yang dikemudikan Mariyus (60) karam. Seluruh penumpang yang terdiri dari 1 orang pria, 4 perempuan dan 1 anak laki-laki pun tercebur ke sungai Mahakam.


Beruntung awak kapal wisata Pulau Kumala dengan sigap melemparkan tali dan pelampung ke arah penumpang perahu ketinting sebelum akhirnya diselamatkan petugas Dinas Perhubungan Kutai Kartanegara yang datang menggunakan kapal cepat.


Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen melalui Paur Subag Humas Iptu Sabar membenarkan terjadinya insiden di perairan sungai Mahakam itu. "Ya. Tadi ada tabrakan antara perahu ketinting dengan kapal wisata yang dinahkodai Misran. Beruntung tidak ada korban jiwa. Semua penumpang dan motoris perahu ketinting berhasil diselamatkan," ujarnya.


Ditambahkan Sabar, para penumpang perahu ketinting tersebut kemudian dilarikan ke RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang guna mendapatkan perawatan secara medis dan psikis.


Atas kejadian ini, Sabar mengimbau kepada para motoris perahu ketinting untuk berhati-hati saat menyeberangkan penumpang dari dan ke Pulau Kumala. Apalagi momen liburan ini membuat kunjungan ke pulau Kumala semakin meningkat.


"Menyeberang dengan menggunakan perahu memang jadi pilihan pengunjung untuk menghindari antrian di jembatan. Nah, para motoris harus hati-hati saat membawa penumpang. Perhatikan perahu-perahu atau kapal lain yang tengah melintas di sungai. Dan yang penting adalah utamakan keselamatan penumpang. Sebaiknya para penumpang diberikan pelampung sebelum menyeberang," pungkasnya.


Insiden yang terjadi persis di bawah Jembatan Repo-Repo tadi sore tak pelak membuat heboh ratusan pelancong yang tengah melintasi jembatan khusus pejalan kaki dari dan ke Pulau Kumala itu.


Beberapa pelancong sempat mengabadikan insiden tersebut lewat rekaman video maupun foto dari kamera smartphone. Momen berupa video dan foto tersebut juga dibagikan lewat media sosial sehingga menyebar luas dan menjadi perbincangan hangat para netizen di Kutai Kartanegara maupun Samarinda. (win)


Para penumpang perahu ketinting berpegangan dengan tali dari kapal wisata Pulau Kumala hingga datang bantuan dari petugas Dishub Kukar
Photo: Istimewa

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Resmi! Edi Damansyah-Rendi Solihin Jabat Bupati-Wabup Kukar Periode 2021-2024
Pelantikan Bupati-Wabup Kukar Terpilih Diupayakan Pada 26 Februari
 
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
Diperpanjang Sampai Batas Waktu Yang Belum Ditentukan, 75% Pegawai Pemkab Kukar Bekerja Dari Rumah
 
Boleh Beroperasi Hingga Jam 23.00 WITA: 8 Tempat Usaha di Tenggarong Jadi Role Model Penerapan Prokes Pencegahan COVID-19
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
 
Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Polsek Loa Kulu Ringkus Pasutri Asal Samarinda
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com