Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Investor Asal Jepang Minat Bangun Rumah Sakit Khusus Kanker

Bupati Kukar Rita Widyasari menyerahkan surat dukungan kepada pihak Hitachi Asia yang berminat membangun rumah sakit kanker di KukarBupati Kukar Rita Widyasari menyerahkan surat dukungan kepada pihak Hitachi Asia yang berminat membangun rumah sakit kanker di Kukar
Photo: Istimewa


KutaiKartanegara.com - 26/12/2016 13:59 WITA
Sebagai bentuk dukungan terhadap investor asal Jepang yang berminat membangun rumah sakit khusus kanker di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Bupati Rita Widyasari menyerahkan letter of support atau surat dukungan kepada pihak Hitachi Ltd di Ueno, Tokyo, Jepang, Selasa (20/12) lalu.


Didampingi Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kukar Bambang Arwanto, surat dukungan tersebut diserahkan langsung Bupati Rita Widyasari kepada Takao Kuboniwa selaku GM Radiation Oncology System Division Hitachi Ltd di Tsukuba University Hospital.


Menurut Bupati Kukar Rita Widyasari, surat dukungan tersebut diberikan lantaran perusahaan raksasa asal Jepang itu sudah mengajukan surat pernyataan minat hampir satu tahun yang lalu. "Melihat progress-nya yang semakin konkrit, saya tentunya memberikan dukungan," ujarnya.


Ditambahkan Rita, pihak Hitachi selanjutnya akan melakukan kajian serta penjajakan untuk memasukkan teknologi PBT (Proton Beam Teraphy) ke Indonesia karena teknologi ini memerlukan kerjasama juga dengan Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit.


"Mereka butuh waktu untuk berbicara dengan konsorsiumnya mengingat ini investasi murni. Kita doakan saja agar pembangunan rumah sakit khusus kanker ini dapat terlaksana," harapnya.


Sementara dikatakan Kepala BPMPD Kukar, Bambang Arwanto, Hitachi memiliki teknologi PBT atau Proton Beam Teraphy untuk penyembuhan penyakit kanker. "PBT merupakan teknik pengobatan kanker yang paling canggih saat ini," jelasnya.


Dengan metode PBT, lanjutnya, penyakit kanker tidak lagi diobati dengan cara kemotheraphy, melainkan dengan mengikis sel kanker. Sehingga pasien pengidap kanker tidak akan mengalami kerontokan rambut dan kulit terbakar, dengan tingkat keberhasilan sampai dengan 98 persen dan waktu pengobatan hanya 1,5 bulan.


Ditambahkan Bambang, jika rumah sakit kanker ini dibangun di Kukar, maka pengelolaannya akan dikerjasamakan dengan RSUD AM Parikesit. "Pihak Hitachi tentunya akan melakukan transfer ilmu pengetahuan kepada universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran bekerjasama dengan Tsukuba University Hospital milik Hitachi. RSUD AM Parikesit juga akan menjadi mitra RS Tsukuba," terangnya.


Bambang berharap pembangunan RS kanker di Kukar dapat terwujud. "Karena ini akan menjadi rumah sakit kanker dengan metode PBT pertama di Indonesia. Lebih dari itu, Kukar kelak bisa menjadi daerah tujuan wisata kesehatan untuk mereka yang ingin mengobati penyakit kanker," pungkasnya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Sempat Zero COVID-19, Kecamatan Samboja Kembali Tambah 2 Kasus Baru
Ingat, Dokumen Kependudukan Yang Ada TTE Tak Perlu Dilegalisir
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com