Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Desa Kedang Ipil Resmi Jadi Desa Wisata di Kota Bangun

Sekkab Kukar H Marli menandatangani berita acara peresmian Desa Wisata Kedang Ipil di Kecamatan Kota Bangun, Kamis (17/11) lalu Sekkab Kukar H Marli menandatangani berita acara peresmian Desa Wisata Kedang Ipil di Kecamatan Kota Bangun, Kamis (17/11) lalu
Photo: Dok. Humas Kukar


Sekkab Kukar H Marli disambut ritual tepong tawar oleh Kepala Adat Desa Kedang Ipil
Sekkab Kukar H Marli disambut ritual tepong tawar oleh Kepala Adat Desa Kedang Ipil
Photo: Dok. Humas Kukar

KutaiKartanegara.com - 23/11/2016 22:45 WITA
Desa tertua di Kecamatan Kota Bangun, yakni desa Kedang Ipil, secara resmi ditetapkan sebagai salah satu desa tujuan wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).


Peresmian Desa Wisata Kedang Ipil ini dilakukan oleh Sekkab Kukar H Marli pada Kamis (17/11) lalu bersamaan dengan pembukaan Festval Budaya Kutai Adat Lawas di dalam rangka HUT ke-107 Desa Kedang Ipil.


Ditetapkannya desa Kedang Ipil sebagai desa wisata ini tak lepas dari keberadaan obyek wisata alam berupa air terjun Kandua Raya yang kerap menjadi tujuan berlibur atau rekreasi warga Kukar, maupun Kalimantan Timur pada umumnya.


Menurut Sekkab Kukar H Marli, dengan diresmikannya Desa Wisata Kedang Ipil sekaligus pelaksanaan Festival Budaya Kutai Adat Lawas ini diharapkan dapat semakin memperkuat kecintaan terhadap seni budaya dan tradisi yang dimiliki oleh desa tersebut.


"Saya berharap desa wisata ini dapat terjaga dan terus dikembangkan sebagai salah satu tujuan favorit wisatawan. Karena tidak hanya menyaksikan suguhan kesenian dan adat budaya, tetapi juga merasa nyaman dengan keramahan dan ketulusan yang diberikan," ungkapnya.


Marli juga mengajak masyarakat setempat untuk mendukung dan berpatisipasi aktif dalam membangun desa wisata Kedang Ipil dengan selalu menjaga dan memelihara kekayaan yang dimiliki desa ini dan selalu bersikap ramah kepada para wisatawan yang berkunjung ke desa itu.


Sementara dikatakan Kepala Desa Kedang Ipil, Kuspawansyah, desa Kedang Ipil merupakan desa tertua di Kecamatan Kota Bangun dengan usianya yang telah mencapai 107 tahun. "Sejak desa ini ditetapkan menjadi Desa Mandiri pada tahun 2013, telah banyak kemajuan yang dicapai oleh desa ini, baik di bidang infrastruktur maupun di bidang pertanian," jelasnya.


Sebagai ungkapan syukur, lanjutnya, pihak Desa Kedang Ipil bersama masyarakat dan pemangku adat desa memberanikan diri untuk mengajukan desa tersebut sebagai desa wisata.


"Hal ini dikarenakan desa Kedang Ipil memiliki objek wisata air terjun Kandua Raya yang sangat dibanggakan dan didukung kekayaan alam yang subur, serta kekayaan seni budaya lokal yang tetap terjaga dan dilestarikan hingga saat ini," demikian katanya.


Usai peresmian Desa Wisata Kedang Ipil dan pembukaan Festval Budaya Kutai Adat Lawas, Sekkab Kukar H Marli dan rombongan meninjau pameran ekonomi kreatif hasil kerajinan masyarakat desa Kedang Ipil serta mendatangi air terjun Kandua Raya.


Festval Budaya Kutai Adat Lawas di desa Kedang Ipil berlangsung selama 3 hari, yakni mulai tanggal 17 hingga 20 November 2016. Selain pameran hasil kerajinan, festival ini disemarakkan dengan pertunjukan seni tradisi, pertandingan permainan tradisional, kuliner tradisional hingga seremoni memanen air benda atau air nira. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com