Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kominfo Siapkan Domain dan Hosting Gratis Bagi UKM, Komunitas dan Sekolah. Mau?

Para pelaku UMKM di Kukar tampak serius mengikuti sosialisasi program Satu Juta Domain di Tenggarong, Rabu (16/11) kemarinPara pelaku UMKM di Kukar tampak serius mengikuti sosialisasi program Satu Juta Domain di Tenggarong, Rabu (16/11) kemarin
Photo: Agri


Sekkab Kukar H Marli menyerahkan cenderamata kepada Direktur e-Business Kementerian Kominfo RI Azhar Hasyim
Sekkab Kukar H Marli menyerahkan cenderamata kepada Direktur e-Business Kementerian Kominfo RI Azhar Hasyim
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 17/11/2016 10:32 WITA
Kabar gembira bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Tanah Air, khususnya di Kutai Kartanegara (Kukar). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (RI) telah menyiapkan layanan website atau situs web gratis bagi pelaku UKM yang ingin memasarkan produknya lewat dunia maya alias internet.


Hanya saja, layanan situs web gratis itu diberikan untuk satu tahun pertama, yang meliputi domain .id serta hosting dengan kapasitas minimal sebesar 100 MB. Setelah itu, pembiayaan akan dilakukan secara mandiri oleh pelaku UKM.


Pemberian domain .id dan hosting secara gratis ini merupakan bagian dari program Satu Juta Domain "Indonesia Go Online" yang dicanangkan Kementerian Kominfo RI mulai tahun 2016. Program ini akan berjalan hingga tahun 2018 mendatang.


Kabupaten Kutai Kartanegara cukup beruntung karena menjadi salah satu daerah yang dibidik Kementerian Kominfo RI untuk menyosialisasikan program Satu Juta Domain .id tersebut.


Kegiatan sosialisasi yang diikuti ratusan pelaku UKM binaan 5 SKPD di Kukar, ditambah beberapa peserta dari Samarinda, ini digelar selama sehari di Hotel Grand Fatma, Tenggarong, Rabu (16/11) kemarin.


"Dalam sosialisasi ini, peserta juga akan dilatih cara melakukan pendaftaran, serta cara membuat website siap pakai yang dipandu instruktur dari PT Telkom," kata Direktur e-Business Kementerian Kominfo RI, Azhar Hasyim.


Ditambahkan Azhar, pemberian domain .id dan hosting gratis ini dimaksudkan untuk mendorong UKM agar mulai memasuki pemasaran secara online. "Karena kita sadar bahwa UKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Kalau UKM kita dorong masuk, maka kita harapkan target pemerintah untuk mencapai transaksi e-commerce pada tahun 2020 sebesar Rp 1800 triliun akan tercapai," ujarnya.


Menurut Azhar, ada beberapa keuntungan jika UKM melakukan perdagangan secara online. "Kami pernah melakukan kajian pada tahun 2012. Jadi mereka yang melakukan perdagangan secara online, terdapat peningkatan pendapatan 3-4 kali lipat dari mereka yang berdagang secara offline atau membuka toko," katanya.


Sementara Bupati Kukar Rita Widyasari dalam sambutan tertulis yang disampaikan Sekkab Kukar H Marli memberikan apresiasi atas terselenggaranya sosialisasi program Satu Juta Domain di Kukar.


"Ini merupakan suatu kehormatan bagi Kukar yang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan sosialisasi Program Satu Juta Domain .id Indonesia Go Online," ungkapnya.


Bupati Kukar berharap agar lewat kegiatan sosialisasi program Satu Juta Domain ini dapat bermanfaat bagi pelaku UKM di daerah ini. "Semoga UKM di Kukat dapat terus hidup dan berkembang dengan adanya fasilitas teknologi dalam promosi dan penjualan," katanya.


Dalam sosialisasi program Satu Juta Domain ini terungkap bahwa layanan domain .id dan hosting gratis ternyata tak hanya diperuntukkan bagi UKM, namun juga untuk komunitas, sekolah, pondok pesantren dan desa.


Persyaratan yang diberikan pun sangat mudah. Hanya bermodal KTP yang sudah di-scan atau dipindai, mereka yang berminat bisa mendaftar melalui situs http://1juta.id. Kecuali untuk sekolah dan pesantren, wajib melampirkan surat permohonan dari kepala sekolah yang telah di-scan. Sementara untuk komunitas atau organisasi, wajib melampirkan scan SK kepengurusan.


"Pemerintah menargetkan ada 350.000 domain .id yang didaftarkan sepanjang tahun 2016. Kemudian 350.000 domain .id pada tahun 2017, dan 300.000 domain .id di tahun 2018," tutur Handayani, salah seorang narasumber dari Kementerian Kominfo.


Lewat program Satu Juta Domain .id ini, lanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan penggunaan domain nasional .id di kalangan masyarakat Indonesia. Kemudian mendorong penggunaan data center dalam negeri, serta mendorong pertumbuhan konten positif melalui domain .id. (win)


Suasana kegiatan sosialisasi program Satu Juta Domain yang dibuka Sekkab Kukar H Marli di Hotel Grand Fatma, Tenggarong
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com