Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kominfo Siapkan Domain dan Hosting Gratis Bagi UKM, Komunitas dan Sekolah. Mau?

Para pelaku UMKM di Kukar tampak serius mengikuti sosialisasi program Satu Juta Domain di Tenggarong, Rabu (16/11) kemarinPara pelaku UMKM di Kukar tampak serius mengikuti sosialisasi program Satu Juta Domain di Tenggarong, Rabu (16/11) kemarin
Photo: Agri


Sekkab Kukar H Marli menyerahkan cenderamata kepada Direktur e-Business Kementerian Kominfo RI Azhar Hasyim
Sekkab Kukar H Marli menyerahkan cenderamata kepada Direktur e-Business Kementerian Kominfo RI Azhar Hasyim
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 17/11/2016 10:32 WITA
Kabar gembira bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Tanah Air, khususnya di Kutai Kartanegara (Kukar). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (RI) telah menyiapkan layanan website atau situs web gratis bagi pelaku UKM yang ingin memasarkan produknya lewat dunia maya alias internet.


Hanya saja, layanan situs web gratis itu diberikan untuk satu tahun pertama, yang meliputi domain .id serta hosting dengan kapasitas minimal sebesar 100 MB. Setelah itu, pembiayaan akan dilakukan secara mandiri oleh pelaku UKM.


Pemberian domain .id dan hosting secara gratis ini merupakan bagian dari program Satu Juta Domain "Indonesia Go Online" yang dicanangkan Kementerian Kominfo RI mulai tahun 2016. Program ini akan berjalan hingga tahun 2018 mendatang.


Kabupaten Kutai Kartanegara cukup beruntung karena menjadi salah satu daerah yang dibidik Kementerian Kominfo RI untuk menyosialisasikan program Satu Juta Domain .id tersebut.


Kegiatan sosialisasi yang diikuti ratusan pelaku UKM binaan 5 SKPD di Kukar, ditambah beberapa peserta dari Samarinda, ini digelar selama sehari di Hotel Grand Fatma, Tenggarong, Rabu (16/11) kemarin.


"Dalam sosialisasi ini, peserta juga akan dilatih cara melakukan pendaftaran, serta cara membuat website siap pakai yang dipandu instruktur dari PT Telkom," kata Direktur e-Business Kementerian Kominfo RI, Azhar Hasyim.


Ditambahkan Azhar, pemberian domain .id dan hosting gratis ini dimaksudkan untuk mendorong UKM agar mulai memasuki pemasaran secara online. "Karena kita sadar bahwa UKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Kalau UKM kita dorong masuk, maka kita harapkan target pemerintah untuk mencapai transaksi e-commerce pada tahun 2020 sebesar Rp 1800 triliun akan tercapai," ujarnya.


Menurut Azhar, ada beberapa keuntungan jika UKM melakukan perdagangan secara online. "Kami pernah melakukan kajian pada tahun 2012. Jadi mereka yang melakukan perdagangan secara online, terdapat peningkatan pendapatan 3-4 kali lipat dari mereka yang berdagang secara offline atau membuka toko," katanya.


Sementara Bupati Kukar Rita Widyasari dalam sambutan tertulis yang disampaikan Sekkab Kukar H Marli memberikan apresiasi atas terselenggaranya sosialisasi program Satu Juta Domain di Kukar.


"Ini merupakan suatu kehormatan bagi Kukar yang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan sosialisasi Program Satu Juta Domain .id Indonesia Go Online," ungkapnya.


Bupati Kukar berharap agar lewat kegiatan sosialisasi program Satu Juta Domain ini dapat bermanfaat bagi pelaku UKM di daerah ini. "Semoga UKM di Kukat dapat terus hidup dan berkembang dengan adanya fasilitas teknologi dalam promosi dan penjualan," katanya.


Dalam sosialisasi program Satu Juta Domain ini terungkap bahwa layanan domain .id dan hosting gratis ternyata tak hanya diperuntukkan bagi UKM, namun juga untuk komunitas, sekolah, pondok pesantren dan desa.


Persyaratan yang diberikan pun sangat mudah. Hanya bermodal KTP yang sudah di-scan atau dipindai, mereka yang berminat bisa mendaftar melalui situs http://1juta.id. Kecuali untuk sekolah dan pesantren, wajib melampirkan surat permohonan dari kepala sekolah yang telah di-scan. Sementara untuk komunitas atau organisasi, wajib melampirkan scan SK kepengurusan.


"Pemerintah menargetkan ada 350.000 domain .id yang didaftarkan sepanjang tahun 2016. Kemudian 350.000 domain .id pada tahun 2017, dan 300.000 domain .id di tahun 2018," tutur Handayani, salah seorang narasumber dari Kementerian Kominfo.


Lewat program Satu Juta Domain .id ini, lanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan penggunaan domain nasional .id di kalangan masyarakat Indonesia. Kemudian mendorong penggunaan data center dalam negeri, serta mendorong pertumbuhan konten positif melalui domain .id. (win)


Suasana kegiatan sosialisasi program Satu Juta Domain yang dibuka Sekkab Kukar H Marli di Hotel Grand Fatma, Tenggarong
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Sempat Zero COVID-19, Kecamatan Samboja Kembali Tambah 2 Kasus Baru
Ingat, Dokumen Kependudukan Yang Ada TTE Tak Perlu Dilegalisir
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com