Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bocah SD Ini Tak Lagi Berjualan, Satpol PP Kukar Bantu Keluarganya

Kepala Satpol PP Kukar H Fida Hurasani saat memberikan bantuan untuk keluarga Rendi, bocah SD yang sebelumnya sempat bekerja sebagai penjual tahu gunting di TenggarongKepala Satpol PP Kukar H Fida Hurasani saat memberikan bantuan untuk keluarga Rendi, bocah SD yang sebelumnya sempat bekerja sebagai penjual tahu gunting di Tenggarong
Photo: Dok. Satpol PP Kukar


Kanit Wasdal Satpol PP Kukar Tri Joko Kuncoro saat menemui bu Niana untuk menyerahkan bantuan uang
Kanit Wasdal Satpol PP Kukar Tri Joko Kuncoro saat menemui bu Niana untuk menyerahkan bantuan uang
Photo: Dok. Satpol PP Kukar

KutaiKartanegara.com - 11/11/2016 20:25 WITA
Sebagai bentuk kepedulian terhadap keluarga tak mampu di Tenggarong, pihak Satpol PP Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan bantuan kepada keluarga Rendi, seorang bocah SD yang beberapa waktu lalu menjadi perbincangan di media sosial karena bekerja sebagai pedagang tahu gunting.


Bantuan dalam bentuk bahan makanan serta uang tunai tersebut diberikan Satpol PP Kukar lantaran ibu Rendi, yakni Niana (33), mengaku mengalami kesulitan keuangan untuk melunasi tunggakan sewa rumah, tagihan air PDAM, biaya sekolah serta memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari 6 orang anaknya.


Awalnya, bantuan berupa bahan makanan diserahkan langsung Kepala Satpol PP Kukar H Fida Hurasani pada Rabu (09/11) malam lalu di rumah sewaan bu Niana yang berada di Jalan Gunung Meratus, Kelurahan Melayu, Tenggarong. Kemudian pada Kamis (10/11) kemarin, Satpol PP Kukar menyerahkan bantuan sejumlah uang melalui Kanit Wasdal Satpol PP Kukar, Tri Joko Kuncoro.


"Bantuan ini merupakan panggilan kemanusiaan dari keluarga besar Satpol PP Kukar untuk keluarga Rendi yang mengalami kesulitan keuangan. Jadi kami secara patungan dan sukarela mengumpulkan uang untuk meringankan beban keluarga bu Niana," kata Kepala Satpol PP Kukar H Fida Hurasani.


Menurut Fida, bu Niana kini berperan menjadi orangtua tunggal yang harus menghidupi 6 orang anak setelah bercerai dengan sang suami. Anak sulungnya yakni Mustika saat ini masih bersekolah di SMKN 2 Tenggarong.


Kemudian, anak keduanya bernama Acok bersekolah di SMP YPK Tenggarong. Lalu Rendi yang bersekolah di SDN 028 Tenggarong, dan Adit yang masih duduk di bangku kelas 3 SD. Sedangkan dua anaknya yang lain masih kecil, yakni Rangga (5 tahun) dan si bungsu Cila (3 tahun).


Ditambahkan Fida, pihaknya mengetahui kesulitan yang dihadapi keluarga Rendi setelah bertemu langsung dengan Niana. "Apalagi bu Niana baru bekerja di sebuah perusahaan kayu di Loa Kulu dengan status magang sehingga belum menerima gaji untuk melunasi tunggakan," jelas Fida.


Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, dua orang anaknya yakni Acok (14) dan Rendi (12) memang sempat bekerja menjajakan dagangan milik orang lain yakni tahu gunting.


"Namun walau bagaimanapun, ini telah menyalahi ketentuan yang diatur dalam Perda No 9/2004 tentang Zona Bebas Pekerja Anak (ZBPA). Kami telah menegur si pemilik usaha agar tidak lagi mempekerjakan anak," ungkap pria yang kerap dijuluki bawahannya sebagai Kasatpol Funky/Metal ini.


Diakui Fida, setelah Acok dan Rendi berhenti berjualan, otomatis keluarga tersebut kehilangan pendapatan untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari. Hal ini tentu saja menjadi perhatian Fida dan jajarannya untuk mencarikan solusi guna meringankan beban hidup keluarga tersebut.


"Kami lalu berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial, dan alhamdulillah Dinas Sosial siap menampung dan mengawasi anak-anak bu Niana di Panti Asuhan selama ibu mereka bekerja dari pagi hingga sore. Jadi bu Niana tak perlu memikirkan apa yang harus dimakan anak-anaknya karena akan dipenuhi di Panti Asuhan. Kalau malam, anak-anak itu bisa berkumpul kembali di rumah sewaan mereka," papar pria yang akrab disapa Afek ini.


Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk membantu biaya pendidikan anak-anak bu Niana. "Biar anak-anak itu bisa tetap bersekolah dengan nyaman tanpa harus terbebani biaya sekolah," katanya.


Fida berharap semua orangtua maupun para pelaku usaha dapat menghormati ketentuan dalam Perda tentang ZBPA yang melarang anak-anak dibawah umur bekerja atau dipekerjakan. "Perda ini sangat tegas, bahkan ada sanksi pidana bagi mereka yang tidak mematuhinya," demikian ujar Fida. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com