Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Warga Desa Sumber Sari di Loa Kulu Garap Festival Kampong Tani

Para warga desa ikut tampil dalam karnaval Festival Kampong Tani Sumber Sari di dusun Taman Arum, Loa Kulu, Rabu (28/09) kemarinPara warga desa ikut tampil dalam karnaval Festival Kampong Tani Sumber Sari di dusun Taman Arum, Loa Kulu, Rabu (28/09) kemarin
Photo: Agri


Para pelajar di desa Sumber Sari mengenakan kostum yang unik dengan hiasan yang terbuat dari daun-daunan atau sayur-sayuran
Para pelajar di desa Sumber Sari mengenakan kostum yang unik dengan hiasan yang terbuat dari daun-daunan atau sayur-sayuran
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 29/09/2016 19:30 WITA
Siapa bilang sebuah festival hanya bisa digelar di perkotaan. Warga desa pun bisa menggelar festival yang dimeriahkan berbagai kegiatan seni, hiburan, karnaval hingga pameran atau bazaar.


Seperti yang dilakukan warga di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Bekerjasama dengan Jaringan Kampung Nusantara, mereka menggelar Festival Kampong Tani Sumber Sari yang berlangsung selama 3 hari yakni mulai 28 hingga 30 September 2016.


Festival Kampong Tani yang digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Tani Nasional ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah, yang ditandai dengan pelepasan peserta karnaval.


Kegiatan karnaval Festival Kampong Tani Sumber Sari ini diikuti lebih dari 150 peserta. Mulai dari pelajar SD, SLTP hingga SLTA, serta warga desa yang tampil khas dengan gaya petani yang menggunakan caping, membawa bakul, cangkul serta peralatan berkebun lainnya.


Sementara para pelajar yang ikut karnaval tak kalah tampil unik. Mereka berkarnaval dengan menggunakan atribut berupa kreasi hiasan kepala hingga penutup badan yang terbuat dari daun-daunan atau sayur-sayuran. Sederhana, namun tetap meriah.


Wabup Edi Damansyah melepas peserta Karnaval usai membuka Festival Kampong Tani Sumber Sari
Photo: Agri


Menurut Kepala Desa Sumber Sari, Sukarno, lewat kegiatan festival ini pihaknya berharap dapat memacu motivasi para petani untuk terus meningkatkan kemandirian pangan, guna tercapainya swasembada pangan di Kukar.


Adapun berbagai kegiatan yang digelar di Festival Kampong Tani Sumber Sari, di antaranya adalah Bazaar, Karnaval, Ngapeh Pertanian, Pelatihan Pertanian, Pelatihan Mendongeng, aneka lomba unik serta pertunjukan seni yang digelar di 2 pentas, yakni di dusun Taman Arum dan di halaman Kantor Desa Sumber Sari.


Sementara Wabup Kukar Edi Damansyah atas nama Pemkab Kukar memberikan apresiasi yang tinggi atas digelarnya Festival Kampong Tani Sumber Sari. Dikatakan Wabup, potensi yang dimiliki Desa Sumber Sari di bidang pertanian dalam arti luas sangatlah besar. "Desa Sumber Sari merupakan bagian dari potensi Kukar, saya berharap potensi yang ada dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.


Ditambahkan Edi, berdasarkan data secara nasional, terjadi penurunan tenaga kerja di bidang pertanian. Bahkan para pelakunya kebanyakan sudah berusia lanjut. Sementara para pemuda lebih banyak melirik peluang kerja di bidang lain daripada pertanian.


"Dan ini jadi tantangan pemerintah untuk menjadikan pertanian sebagai salah sektor yang diminati kaum muda untuk menggelutinya. Saya mohon dukungan masyarakat terutama kelompok masyarakat pertanian, agar bidang pertanian ini bisa terus berkembang, dan menarik minat banyak orang untuk menggelutinya," demikian katanya.


Usai pelepasan peserta karnaval, acara dilanjutkan dengan acara syukuran yang dikemas lewat tradisi Sedekah Bumi. Setelah itu, Wabup Edi Damansyah dan rombongan melakukan peninjauan pameran dan bazaar yang dipusatkan di halaman Kantor Desa Sumber Sari. (win)


Wabup Edi Damansyah meninjau stan Unikarta Tenggarong yang ikut ambil bagian dalam pameran dan bazaar Festival Kampong Tani Sumber Sari
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com