Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Puskesmas se-Kukar Sampaikan Keluhan

Para pimpinan Puskesmas se-Kukar ketika mengikuti Rapat Teknis di Tenggarong
Para pimpinan Puskesmas se-Kukar ketika mengikuti Rapat Teknis di Tenggarong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 06/01/2006 11:53 WITA
Terlambatnya pencairan dana operasional, minimnya sarana mobilitas, kurang memadainya fisik bangunan serta kecilnya tunjangan kesejahteraan, sama-sama menjadi permasalahan pokok yang dihadapi seluruh Puskesmas se-Kabupaten Kutai Kartanegara mulai wilayah pantai, tengah hingga hulu Mahakam.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Teknis Evaluasi Program Pemberantasan Penyakit yang berlangsung di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong, Kamis (05/01) kemarin. Rapat yang dibuka Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM ini diikuti 28 pimpinan Puskesmas se-Kukar serta pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan Kukar.

Puskesmas di wilayah Pantai melalui perwakilannya juga mengeluhkan terbatasnya persediaan obat bahkan ada obat tertentu persediaannya nihil sama sekali. Akibatnya, pihak Puskesmas sendiri terpaksa harus melakukan sendiri jual-beli obat.

Sementara dr Bambang yang mewakili Puskesmas di wilayah Tengah mengharapkan agar Pemkab Kukar juga menaikkan tunjangan atau insentif bagi petugas Puskesmas. "Perlu bapak (Wabup Samsuri Aspar-red) ketahui, petugas Puskesmas memiliki resiko tinggi tertular berbagai penyakit karena berhadapan langsung dengan penderita. Untuk itu kami harus selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga dan makan makanan bergizi. Oleh karenanya, kenaikan tunjangan juga sangat kami harapkan untuk mendukung hal tersebut," ujar pimpinan Puskesmas dari Kecamatan Loa Janan ini.


Wabup H Samsuri Aspar didampingi Kadis Kesehatan Kukar dr H Abdurrahman ketika menanggapi keluhan pimpinan Puskemas se-Kukar
Photo: Agri

Lain lagi keluhan dari Puskesmas wilayah Hulu yang sangat berharap agar sarana mobilitas Puskesmas juga dilengkapi seperti mobil Ambulance yang belum ada hingga saat ini. Disamping itu, Puskesmas wilayah Hulu juga mengharapkan adanya dana operasional alat transportasi baik transportasi air berupa perahu ketinting maupun kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat jika sudah ada.

Menanggapi uneg-uneg yang disampaikan Puskesmas se-Kukar, Wabup H Samsuri Aspar menyampaikan terimakasihnya karena mendapatkan masukan berharga mengenai kondisi dan kesulitan yang dihadapi seluruh Puskesmas di Kukar.

Menurut Samsuri, Pemkab Kukar saat ini tengah menyusun APBD 2006 yang besarnya lebih dari Rp 2,7 Triliun. "Jadi tolong berikan item-item yang diperlukan bagi kegiatan Puskesmas, karena kebetulan saya nanti akan memimpin rapat pembahasan APBD bersama Panitia Anggaran Eksekutif," ujar Samsuri kepada Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr H Abdurrahman.

Wabup Samsuri Aspar juga meminta pengertian pihak Puskesmas sehubungan dengan terlambatnya pencairan dana operasional. Selain karena dana perimbangan dari pusat yang sering telat mengucur, juga dikarenakan Pemkab Kukar waktu itu memberikan skala prioritas untuk membayar utang kepada rekanan yang mencapai lebih dari Rp 500 milyar.

Sementara dikatakan Kadis Kesehatan Kukar dr H Abdurrahman kepada KutaiKartanegara.com usai pembukaan rapat, kegiatan Rapat Teknis ini merupakan agenda tahunan dari Dinas Kesehatan Kukar yang bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pemberantasan penyakit di Kukar sepanjang tahun 2005.

Menurutnya, kegiatan ini seharusnya dilaksanakan pada bulan Desember 2005 lalu, namun karena sesuatu hal terpaksa ditunda dan baru dapat dilaksanakan pada bulan Januari 2006. Demikian katanya. (win)


Suasana Rapat Evaluasi Program Pemberantasan Penyakit di Kukar yang dibuka Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar, Kamis (05/01) kemarin
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tiga Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan Virus Corona
Tambahan Satu Kasus Baru, Bayi 13 Bulan Asal Muara Badak Positif Terjangkit Virus Corona
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com