Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Puskesmas se-Kukar Sampaikan Keluhan

Para pimpinan Puskesmas se-Kukar ketika mengikuti Rapat Teknis di Tenggarong
Para pimpinan Puskesmas se-Kukar ketika mengikuti Rapat Teknis di Tenggarong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 06/01/2006 11:53 WITA
Terlambatnya pencairan dana operasional, minimnya sarana mobilitas, kurang memadainya fisik bangunan serta kecilnya tunjangan kesejahteraan, sama-sama menjadi permasalahan pokok yang dihadapi seluruh Puskesmas se-Kabupaten Kutai Kartanegara mulai wilayah pantai, tengah hingga hulu Mahakam.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Teknis Evaluasi Program Pemberantasan Penyakit yang berlangsung di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong, Kamis (05/01) kemarin. Rapat yang dibuka Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM ini diikuti 28 pimpinan Puskesmas se-Kukar serta pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan Kukar.

Puskesmas di wilayah Pantai melalui perwakilannya juga mengeluhkan terbatasnya persediaan obat bahkan ada obat tertentu persediaannya nihil sama sekali. Akibatnya, pihak Puskesmas sendiri terpaksa harus melakukan sendiri jual-beli obat.

Sementara dr Bambang yang mewakili Puskesmas di wilayah Tengah mengharapkan agar Pemkab Kukar juga menaikkan tunjangan atau insentif bagi petugas Puskesmas. "Perlu bapak (Wabup Samsuri Aspar-red) ketahui, petugas Puskesmas memiliki resiko tinggi tertular berbagai penyakit karena berhadapan langsung dengan penderita. Untuk itu kami harus selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga dan makan makanan bergizi. Oleh karenanya, kenaikan tunjangan juga sangat kami harapkan untuk mendukung hal tersebut," ujar pimpinan Puskesmas dari Kecamatan Loa Janan ini.


Wabup H Samsuri Aspar didampingi Kadis Kesehatan Kukar dr H Abdurrahman ketika menanggapi keluhan pimpinan Puskemas se-Kukar
Photo: Agri

Lain lagi keluhan dari Puskesmas wilayah Hulu yang sangat berharap agar sarana mobilitas Puskesmas juga dilengkapi seperti mobil Ambulance yang belum ada hingga saat ini. Disamping itu, Puskesmas wilayah Hulu juga mengharapkan adanya dana operasional alat transportasi baik transportasi air berupa perahu ketinting maupun kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat jika sudah ada.

Menanggapi uneg-uneg yang disampaikan Puskesmas se-Kukar, Wabup H Samsuri Aspar menyampaikan terimakasihnya karena mendapatkan masukan berharga mengenai kondisi dan kesulitan yang dihadapi seluruh Puskesmas di Kukar.

Menurut Samsuri, Pemkab Kukar saat ini tengah menyusun APBD 2006 yang besarnya lebih dari Rp 2,7 Triliun. "Jadi tolong berikan item-item yang diperlukan bagi kegiatan Puskesmas, karena kebetulan saya nanti akan memimpin rapat pembahasan APBD bersama Panitia Anggaran Eksekutif," ujar Samsuri kepada Kepala Dinas Kesehatan Kukar dr H Abdurrahman.

Wabup Samsuri Aspar juga meminta pengertian pihak Puskesmas sehubungan dengan terlambatnya pencairan dana operasional. Selain karena dana perimbangan dari pusat yang sering telat mengucur, juga dikarenakan Pemkab Kukar waktu itu memberikan skala prioritas untuk membayar utang kepada rekanan yang mencapai lebih dari Rp 500 milyar.

Sementara dikatakan Kadis Kesehatan Kukar dr H Abdurrahman kepada KutaiKartanegara.com usai pembukaan rapat, kegiatan Rapat Teknis ini merupakan agenda tahunan dari Dinas Kesehatan Kukar yang bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pemberantasan penyakit di Kukar sepanjang tahun 2005.

Menurutnya, kegiatan ini seharusnya dilaksanakan pada bulan Desember 2005 lalu, namun karena sesuatu hal terpaksa ditunda dan baru dapat dilaksanakan pada bulan Januari 2006. Demikian katanya. (win)


Suasana Rapat Evaluasi Program Pemberantasan Penyakit di Kukar yang dibuka Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar, Kamis (05/01) kemarin
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kebakaran Lahap 5 Rumah Warga Desa Jembayan Tengah
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Kukar Ajak Pemuda Kawal Pembangunan
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
Berdayakan UKM Lokal, PHM Fasilitasi Kerjasama BUMDes Handil Terusan Dengan Mitra Kerja
 
Lebih Satu Bulan Beraksi di Tenggarong, Maling Helm Ini Akhirnya Tertangkap
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com