Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kepala BKD Kukar: PNS Pengguna Ijazah Ilegal Akan Ditindak

Kepala BKD Kukar H Didi Marzuki
Kepala BKD Kukar H Didi Marzuki
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 05/01/2006 01:14 WITA
Kenaikan pangkat sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui proses penyesuaian ijazah yang ditengarai ilegal mendapat perhatian serius Bupati Kukar Dr H Syaukani HR MM di tengah upayanya menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih.

Dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kukar dr H Didi Marzuki, Pemkab Kukar akan mengambil tindakan hukum sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku terhadap PNS yang telah terindikasi menggunakan ijazah ilegal namun tidak mau menarik ijazahnya tersebut hingga akhir bulan ini.

Dalam rangka menertibkan legalitas ijazah di jajarannya tersebut, Bupati Kukar H Syaukani HR telah mengeluarkan surat edaran nomor 890/II.3-38/NKD/2006 tertanggal 2 Januari 2006 yang ditujukan kepada seluruh pimpinan dinas/instansi di tingkat Kabupaten hingga Kecamatan se-Kukar untuk menyampaikan data PNS di unit kerja masing-masing yang mengalami kenaikan pangkatnya melalui penyesuaian ijazah.

"Data yang harus disampaikan kepada BKD Kukar tersebut berupa fotokopi SK Kenaikan Pangkat terakhir berikut ijazah yang dipergunakan PNS bersangkutan," ungkap Didi Marzuki.

Ditambahkannya, pimpinan dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar juga diminta untuk segera melapor kepada pihaknya jika terdapat PNS di unit kerja masing-masing yang terindikasi menggunakan ijazah ilegal dalam proses kenaikan pangkatnya.

Baik data atau laporan tersebut, kata Didi, harus sudah disampaikan kepada BKD Kukar paling lambat tanggal 30 Januari 2006. Lewat dari batas waktu itu, maka tindakan hukum pun akan ditempuh terhadap PNS tersebut.

"Kami telah menemukan ratusan PNS yang terindikasi menggunakan ijazah ilegal untuk memproses kenaikan pangkat. Beberapa diantaranya bahkan adalah pejabat struktural eselon IV yang masih aktif," ujar Didi Marzuki ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (04/01) kemarin.

Mereka yang terindikasi menggunakan ijazah ilegal atau ijazah yang dibeli untuk mendapatkan gelar S-1 atau S-2 tersebut, lanjut Didi, harus menarik gelar dan ijazahnya serta harus siap diturunkan pangkatnya ke pangkat sebelumnya.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak Polres Kukar untuk memproses PNS yang menggunakan ijazah ilegal. Dalam waktu dekat bahkan akan ada 7 PNS sebagai sampel yang akan menjalani pemeriksaan di kepolisian. Dua diantaranya adalah pejabat eselon IV," tandasnya.

Menurut Didi Marzuki, proses pemeriksaan terhadap 7 PNS tersebut akan dilakukan karena yang bersangkutan selama ini dinilai tidak kooperatif, merasa yakin benar, arogan dan mengira apa yang akan dilakukan Pemkab Kukar hanyalah gertak sambal atau lips service belaka.

"Kami tidak main-main, karena penggunaan ijazah ilegal untuk mendapatkan kenaikan pangkat ini merupakan pelanggaran hukum yang menyebabkan kerugian negara milyaran rupiah," tegasnya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kebakaran Lahap 5 Rumah Warga Desa Jembayan Tengah
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Kukar Ajak Pemuda Kawal Pembangunan
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
Berdayakan UKM Lokal, PHM Fasilitasi Kerjasama BUMDes Handil Terusan Dengan Mitra Kerja
 
Lebih Satu Bulan Beraksi di Tenggarong, Maling Helm Ini Akhirnya Tertangkap
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 1-1 Sriwijaya FC: Sempat Unggul, Naga Mekes Ditahan Imbang Laskar Wong Kito
Laga Hidup Mati Kontra Sriwijaya FC, Mitra Kukar Buru Poin Penuh
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com