Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Rayakan HUT ke-15, Yayasan Gubang Perkenalkan Gubang Kids Community Lewat Pagelaran Seni

Suasana pagelaran seni tari, musik dan fesyen dalam rangka HUT ke-15 Yayasan Gubang yang digelar di halaman Museum Mulawarman, Tenggarong, Sabtu (28/11) malamSuasana pagelaran seni tari, musik dan fesyen dalam rangka HUT ke-15 Yayasan Gubang yang digelar di halaman Museum Mulawarman, Tenggarong, Sabtu (28/11) malam
Photo: Agri


Aksi para penari SMK 1 Marangkayu yang tampil membawakan tari Jepen Rampak Pesisiran
Aksi para penari SMK 1 Marangkayu yang tampil membawakan tari Jepen Rampak Pesisiran
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 29/11/2015 20:58 WITA
Tak terasa, kiprah Yayasan Gubang Kutai Kartanegara dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian, khususnya seni tari dan musik, di daerah ini telah berjalan selama 15 tahun.


Komitmen kuat untuk terus berkarya serta melakukan regenerasi penari pun terus digaungkan. Seperti yang dilakukan Yayasan Gubang dalam menandai hari jadinya yang ke-15, Sabtu (28/11) kemarin, di halaman Museum Mulawarman, Tenggarong.


Selain menyuguhkan pagelaran tari, musik dan fesyen bertajuk Exist in the Existence, Yayasan Gubang secara resmi meluncurkan Gubang Kids Community, sebuah divisi baru yang difokuskan untuk menyalurkan bakat anak-anak di bidang kesenian.


Pagelaran seni yang berlangsung meriah ini dihadiri ratusan warga Tenggarong, termasuk Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara (Kukar) Sri Wahyuni serta kalangan praktisi seni di Kukar.


Tak hanya menampilkan tari-tarian tradisi yang dibawakan para penari senior Gubang. Pagelaran ini juga menyuguhkan tarian yang dibawakan para penari dari sekolah-sekolah hingga kampus yang jadi binaan Gubang.


Mereka yang berpartisipasi menyemarakkan pagelaran Yayasan Gubang tersebut adalah dari SD Muhammadiyah Tenggarong yang menyuguhkan tari Jepen Bekana'an. Kemudian dari SMKN 1 Marang Kayu dengan tari Jepen Rempak Pesisiran, lalu SMAN 1 Tenggarong dengan tari Jepen Bemainan Bakul.


Kemudian ada pula suguhan tari Jepen Olah Bebaya yang dibawakan para mahasiswi Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur. Sedangkan penari Gubang Art Community tampil menyuguhkan tari Jepen Sekapur Sirih dan tari Jepen Bekebur.


Penampilan para penari cilik yang tergabung Gubang Kids Community ikut menyemarakkan pagelaran dalam rangka HUT Yayasan Gubang ke-15
Photo: Agri



Selain piawai menari, sejumlah anggota Gubang juga mahir berlenggang-lenggok memperagakan busana
Photo: Agri

Sementara para penari belia yang tergabung dalam Gubang Kids Community juga tak mau kalah dengan para senior mereka. Mereka tampil membawakan tarian suku Dayak Kenyah bertajuk Tebangan Marang.


Pagelaran seni Yayasan Gubang juga dimeriahkan dengan penampilan apik para musisi muda yang membawakan komposisi bertajuk Begenangan yang diaransemen oleh Jesdi Maulana A Noya, serta komposisi berjudul Himukalangka garapan Ilham Saputra.


Sebagai pamungkas, pagelaran ini ditutup dengan fashion show atau peragaan busana bertajuk The Colour yang dibawakan para penari Gubang serta dari sekolah-sekolah dan kampus yang jadi binaan Yayasan Gubang. Seluruh busana yang ditampilkan merupakan hasil rancangan Hariyansa Kundjung, pimpinan Yayasan Gubang.


Kepala Disbudpar Kukar Sri Wahyuni memberikan apresiasi yang tinggi kepada Yayasan Gubang atas komitmennya selama 15 tahun untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya daerah, dan bahkan ikut membawa harum nama Kukar di pentas seni regional, nasional dan bahkan internasional.


"Kami dari Disbudpar Kukar turut terbantu dengan kehadiran Yayasan Gubang selama ini yang secara tulus dan komitmen ikut bantumenyebarluaskan tarian daerah yang dimiliki. Apalagi mereka juga melakukan regenerasi dengan membentuk Gubang Kids Community. Ini sungguh luar biasa," kata Sri.


Sementara dikatakan pimpinan Yayasan Gubang, Hariyansa Kundjung, pihaknya memiliki komitmen untuk terus memperkenalkan tarian daerah kepada generasi muda. Selain masuk ke sejumlah sekolah hingga kampus, pembentukan Gubang Kids Community yang telah berjalan 1 bulan merupakan salah satu upaya Gubang untuk melakukan regenerasi penari di Kukar.


"Regenerasi tradisi harus ada. Karena mereka adalah cikal bakal yang akan memajukan seni budaya di Kukar. Kemudian mereka adalah generasi-generasi yang mempunyai nilai kreatifitas tinggi yang harus kita beri ruang, waktu, dan peluang untuk berkreasi," demikian ujarnya. (win)


Pimpinan Yayasan Gubang Hariyansa bersama Kepala Disbudpar Kukar Sri Wahyuni usai pagelaran
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Perayaan Kemerdekaan RI ke-77, Momen Untuk Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat
Kelurahan Panji Dicanangkan Jadi Kampung Tangguh Anti Narkoba
 
Lima Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dilantik
Ngapeh Hambat Pemkab Kukar Bahas 1 Tahun Kepemimpinan Edi-Rendi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Musisi Jazz Ardhito Pramono Apresiasi SetiaFest 2022
Fabio Asher Sukses Bikin Baper Penonton Konser SetiaFest 2022
 
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022 Resmi Dimulai
 
Ditutup Menparekraf Sandiaga Uno, TIFAF 2022 Berjalan Sukses
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
 
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Gubernur Kaltim Resmikan 3 Gedung Baru SMA di Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com