Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Komunitas 1000 Guru Sambangi SDN 026 Lekaq Kidau

Para relawan program Traveling and Teaching 1000 Guru menyerahkan bantuan kepada Norya selaku Kepala SDN 026 Lekaq KidauPara relawan program Traveling and Teaching 1000 Guru menyerahkan bantuan kepada Norya selaku Kepala SDN 026 Lekaq Kidau
Photo: Istimewa


Para relawan Komunitas 1000 Guru saat mengajar di SDN 026 Lekaq Kidau, Sebulu
Para relawan Komunitas 1000 Guru saat mengajar di SDN 026 Lekaq Kidau, Sebulu
Photo: Istimewa

KutaiKartanegara.com - 26/08/2015 20:52 WITA
Puluhan murid SDN 026 Desa Lekaq Kidau, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mendapat kesempatan berharga bertemu para relawan program "Traveling and Teaching" Komunitas 1000 Guru Regional Samarinda.


Kegiatan jalan-jalan sambil mengajar ini berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada akhir pekan lalu, yakni mulai hari Jum'at (21/08) hingga Minggu (23/08) lalu.


Menurut Aldi Riandana selaku Ketua Panitia Pelaksana, kegiatan "Traveling and Teaching" Komunitas 1000 Guru ini dilaksanakan secara serentak di 23 provinsi di Indonesia, termasuk Kalimantan Timur (Kaltim).


"Untuk Kaltim sendiri ada 2 tempat yang menjadi tempat pelaksanaan program ini. Di desa Lekaq Kidau, Kabupatan Kutai Kartanegara, oleh Komunitas 1000 Guru Regional Samarinda. Kemudian ada pula di Kabupaten Paser oleh Komunitas 1000 Guru Regional Balikpapan," jelasnya.


Ditambahkan Aldi, untuk kegiatan Traveling and Teaching di SDN 026 Lekaq Kidau melibatkan 30 orang relawan. Mereka terpilih setelah lolos seleksi yang diadakan oleh panitia dari Komunitas 1000 Guru Regional Samarinda.


Para relawan tersebut memiliki latar belakang profesi yang berbeda-beda. Ada mahasiswa, PNS, penyiar radio, dan lain sebagainya. Selain berasal dari Kukar, ada pula relawan dari Samarinda, Bontang dan bahkan Jakarta.


"Salah satu relawan yang ikut program di SDN 026 Lekaq Kidau ini adalah Dina Noviyanti. Dia merupakan wakil Kalimantan Timur di ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2015," terang Aldi.


Ditambahkan Aldi, konsep dari kegiatan ini adalah perpaduan antara hobi traveling atau jalan-jalan dengan keinginan untuk memajukan pendidikan di daerah terpencil atau pedalaman, khususnya di lembaga pendidikan yang kerap kekurangan tenaga pengajar.


Dalam program Traveling and Teaching di SDN 026 Sebulu itu, para relawan ikut mengajar sambil bermain di sekolah tersebut. "Di SDN 026 Lekaq Kidau di Kecamatan Sebulu ini fasilitasnya yang masih kurang memadai serta kurangnya tenaga pengajar. Di sekolah ini hanya 9 orang guru, 2 di antaranya adalah tenaga honorer. Mereka diharuskan mengajar 58 murid dari kelas 1 hingga kelas 6," katanya.


Selain mengajar di sekolah tersebut, tambah Aldi, para relawan juga mendapatkan kesempatan untuk mengenal dan mempelajari budaya setempat. "Jadi kita dapat menikmati dan mengetahui bagaimana masyarakat Dayak Kenyah Lepoq Bem hidup sehari-hari. Dari berladang, beternak hingga mengetahui makanan khasnya," ujarnya.


Kemudian pada malam hari, lanjutnya, relawan juga disuguhkan tarian-tarian khas masyarakat Dayak Kenyah yang bermukim di Desa Budaya Lekaq Kidau.


Menurut Aldi, program Traveling and Teaching bersama komunitas 1000 Guru di desa Lekaq Kidau ini merupakan yang kedua kali digelar di Kaltim, atau yang pertama oleh Regional Samarinda. "Ke depan, program ini akan menjadi agenda rutin bulanan. Setiap bulannya akan digelar di wilayah yang berbeda di Kaltim," ungkapnya.


Bagi warga Kaltim yang memiliki informasi tentang Sekolah Dasar atau sederajat yang membutuhkan bantuan, bisa segera menghubungi 1.000 Guru Regional Samarinda melalui media sosial seperti instagram @1000_guru_samarinda, akun twitter @1000_guru_smr atau lewat LINE resmi di @foo7943e.


"Informasi tentang pembukaan pendaftaran bagi relawan yang bersedia ikut untuk program berikutnya akan disampaikan lewat media sosial tersebut. Kami juga membuka donasi bagi masyarakat yang ingin membantu peningkatan pendidikan di wilayah Kaltim. Bisa berupa uang dan juga alat tulis, buku dan penunjang pendidikan lainnya. Semua akan kami salurkan pada saat kegiatan," pungkasnya. (win)


Ketua Panitia Pelaksana Aldi Riandana dan para relawan Komunitas 1000 Guru Regional Samarinda berbaur dengan para siswa SDN 026 Lekaq Kidau
Photo: Istimewa

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bupati Kukar Ajak Warga Bantu Korban Bencana Kalsel-Sulbar-Jabar
Vaksinasi COVID-19 Perdana di Kukar, Ada 3 Tokoh Ditunda Jalani Vaksinasi
 
Bupati Edi Damansyah Lantik 169 Pejabat Fungsional
Dibuka Bupati Edi Damansyah, Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
Antar Bakso Berisi Narkoba ke Lapas, Pelajar SLTA Asal Sebulu Diamankan Petugas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com