Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Total E&P Indonesie Operasikan Pipa Baru Sepanjang 12,6 km di Blok Mahakam

Kemajuan signifikan dicapai Total E&P Indonesie pada proyek Bekapai Fase 2B di Blok Mahakam, dengan dioperasikan jaringan pipa baru ukuran 12 inci sepanjang 12,6 kmKemajuan signifikan dicapai Total E&P Indonesie pada proyek Bekapai Fase 2B di Blok Mahakam, dengan dioperasikan jaringan pipa baru ukuran 12 inci sepanjang 12,6 km
Photo: Dok. Total E&P Indonesie


Salah seorang operator di Total E&P Indonesie memantau produksi migas Blok Mahakam di ruang kontrol Terminal SPS, Senipah, Samboja
Salah seorang operator di Total E&P Indonesie memantau produksi migas Blok Mahakam di ruang kontrol Terminal SPS, Senipah, Samboja
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 06/08/2015 23:32 WITA
Perusahaan migas multinasional Total E&P Indonesie berhasil membangun jaringan pipa baru sepanjang 12,6 km dan berdiameter 12 inci dari anjungan BA di Lapangan Bekapai ke anjungan SWP-K di lapangan Peciko, yang berada di kawasan Blok Mahakam, lepas pantai Kabupaten Kutai Kartanegara.


Menurut President & General Manager Total E&P Indonesie, Hardy Pramono, jaringan pipa baru melalui proyek Bekapai Fase 2B tersebut resmi dioperasikan sejak 25 Juli lalu.


"Kami dengan gembira mengumumkan bahwa keseluruhan kegiatan proyek ini berjalan sangat aman dan lancar, tanpa LTI atau zero LTI (Lost Time of Injuries)," kata Hardy Pramono.


Ditambahkan Hardy, jaringan pipa baru berkapasitas 100 MMSCFD ini akan mengurangi beban pada jaringan lama pipa ekspor migas Bekapai-Senipah berdiameter 12 inci yang ada saat ini.


Dengan beroperasinya pipa baru ini, lanjutnya, produksi gas Bekapai telah meningkat menjadi 50 MMSCFD sejak 29 Juli 2015, dan diperkirakan akan mencapai 75 MMSCFD setelah dilakukan kegiatan perawatan sumur pada akhir Juli lalu.


"Prestasi penting ini tercapai berkat tekad kuat, profesionalisme, dan kerjasama yang sangat baik dari semua pihak yang terlibat," ujarnya lagi.


Selain itu, tambah Hardy, proyek Bekapai Fase 2B juga mengalami kemajuan pada penyelesaian kegiatan paket modifikasi anjungan pada anjungan BA, PP, BG, dan modifikasi anjungan SWP-K, melalui 7 Operasi Simultan yang berjalan aman, dengan melibatkan lebih dari 120 titik sambung dan durasi shutdown yang lebih singkat yakni hanya 11 hari.


"Setelah modifikasi ini, anjungan BG yang telah diperluas mampu menampung 5 sumur baru melalui 3 slot sumur baru. Saat ini, proyek Bekapai Fase 2B masih melakukan kegiatan terakhir di laut pada anjungan BL," jelasnya.


Menurut Hardy, tantangan utama pada proyek ini adalah seluruh kegiatan proyek berlangsung di anjungan-anjungan yang masih bekerja (SIMOPS), sambil tetap menjaga produksi dari lapangan Bekapai tanpa mengesampingkan keselamatan, dan juga meminimalkan penurunan produksi, serta meningkatkan optimasi biaya proyek.


Hardy berharap agar sumur-sumur baru di anjungan BL dan BG dapat segera berproduksi. "Dua sumur sudah dibor di anjungan BL dan akan berproduksi pada pertengahan September 2015. Kemudian, 4 sumur akan dibor di anjungan BG dengan estimasi produksi gas pada Desember 2015," imbuhnya.


Proyek Bekapai 2B akan menyumbang secara signifikan kepada target produksi tahunan Total E&P Indonesie sejumlah 1.700 MMSCFD untuk gas dan 63.700 BOD untuk minyak dan kondensat. "Proyek ini akan menambah produksi di Blok Mahakam dari lapangan ini hingga 100 MMSCFD dan 12.430 BOD," pungkasnya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kabar Baik, Kecamatan Samboja Kini Zero COVID-19
Satu Pasien Sembuh, Kasus Aktif COVID-19 di Kukar Tinggal di 5 Kasus
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com