Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pameran Eksotika Manik se-Borneo Hadirkan Koleksi 8 Museum

Pameran Eksotika Manik se-Borneo menghadirkan koleksi manik dari 8 museum serta peragaan merangkai manik oleh para pengrajin suku DayakPameran Eksotika Manik se-Borneo menghadirkan koleksi manik dari 8 museum serta peragaan merangkai manik oleh para pengrajin suku Dayak
Photo: Agri


Asisten II Setprov Kaltim M Sa'bani mengamati aneka koleksi manik yang dipamerkan
Asisten II Setprov Kaltim M Sa'bani mengamati aneka koleksi manik yang dipamerkan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 17/10/2014 00:06 WITA
Keindahan dan keunikan manik-manik koleksi dari 8 museum dihadirkan dalam Pameran Eksotika Manik se-Borneo yang berlangsung di gedung serba guna Museum Mulawarman, Tenggarong.


Pameran Eksotika Manik se-Borneo bertajuk "Si Kecil nan Indah dan Menawan" ini digelar selama 6 hari, yakni mulai Selasa (14/10) hingga Senin (20/10) pekan depan.


Adapun 8 museum yang terlibat dalam pameran tersebut adalah Museum Mulawarman (Kaltim) selaku tuan rumah, kemudian Museum Provinsi Kalimantan Barat, Museum Lambung Mangkurat (Kalimantan Selatan), Museum Balanga (Kalimantan Tengah), Museum Tun Abdul Razak (Serawak/Malaysia), Museum Sabah (Malaysia), Jabatan Museum Brunei Darussalam, ditambah Museum Provinsi Sumatera Utara.


Dimulainya pameran manik ini dibuka secara resmi oleh Asisten II Setprov Kalimantan Timur (Kaltim) M Sa'bani yang ditandai dengan pemotongan pita manik.


Turut hadir pada pembukaan pameran ini diantaranya adalah Putra Mahkota Kesultanan Kutai, Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia Putu Supadma Rudana, para pimpinan Museum peserta pameran, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim HM Aswin, Kepala Disbudpar Kutai Kartanegara (Kukar) Sri Wahyuni serta undangan lainnya.


Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten II Setprov Kaltim M Sa'bani menyambut positif digelarnya kegiatan tersebut.


"Langkah ini tentunya sejalan dengan langkah Provinsi Kaltim untuk lebih meningkatkan kerjasama dengan nagara-negara tetangga yang berbatasan langsung dengan daerah," katanya.


Sedangkan Bupati Kukar Rita Widyasari melalui Kepala Disbudpar Sri Wahyuni mengatakan, pameran bersama manik-manik se-Borneo ini merupakan salah satu upaya untuk mengangkat serta menjadikan manik sebagai barang yang bernilai tinggi serta dapat menembus pasar dunia.


"Kerajinan manik ini dapat dijadikan tema sentral yang dapat menembus pasar dunia. Kerajinan ini juga simbol perekat bagi budaya di Kalimantan dan beberapa bagian negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam," ungkapnya.


Selain itu, lanjutnya, pameran ini dapat lebih memperkenalkan kepada generasi muda akan potensi dan keunikan manik-manik sebagai kerajinan lokal daerah sehingga kelestariannya tetap terjaga di tengah gempuran budaya-budaya dari luar," katanya lagi.


Sementara dikatakan Kepala Disbudpar Kaltim HM Aswin yang juga Ketua Panitia Pelaksana, terlaksananya pameran ini merupakan hasil kesepakatan museum-museum di pulau Kalimantan atau Borneo.


"Pameran manik ini sudah dilaksanakan di beberapa museum di Kalimantan. Tahun 2010 di Kalbar, tahun 2011 di Serawak, tahun 2012 di Kalsel, tahun 2013 di Brunei Darussalam, tahun 2014 di Kaltim, dan tahun depan rencananya di Sabah," terangnya.


Menurut Aswin, pameran ini merupakan suatu langkah yang sangat strategis dalam rangka meningkatkan kerjasama serta hubungan lebih erat antara negara tetangga.


Hari pertama Pameran Eksotika Manik se-Borneo ini dimeriahkan pula dengan Lomba Merangkai Manik yang diikuti 49 orang pelajar di Tenggarong, terdiri dari 33 siswa SD dan 16 siswa SLTP.


Hasil karya para peserta mendapat penilaian dari dewan juri, yakni Nor Fajri dari SMKN 2 Tenggarong yang juga Ketua Tenggarong Kutai Carnival, dan Sarwani dari Taman Budaya Kaltim. (win)


Kepala Disbudpar Provinsi Kaltim HM Aswin menyaksikan kesibukan para siswa SD/SLTP yang tengah mengikuti Lomba Merangkai Manik
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com