Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bernostalgia Lewat Festival Kampong Kutai

Suasana Festival Kampong Kutai yang berlangsung selama sepekan di lapangan parkir Timbau Skate Park, TenggarongSuasana Festival Kampong Kutai yang berlangsung selama sepekan di lapangan parkir Timbau Skate Park, Tenggarong
Photo: Agri


Sekkab Kukar Edi Damansyah (kedua dari kanan) bersama Kepala Disbudpar Kukar dan pejabat FKPD merasakan kehidupan masyarakat Kutai di salah satu replika rumah Festival Kampong Kutai
Sekkab Kukar Edi Damansyah (kedua dari kanan) bersama Kepala Disbudpar Kukar dan pejabat FKPD merasakan kehidupan masyarakat Kutai di salah satu replika rumah Festival Kampong Kutai
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 16/10/2014 01:28 WITA
Ingin bernostalgia dengan suasana kehidupan masyarakat Kutai di masa lalu? Kalau ya, silakan datang ke lapangan parkir Timbau Skate Park, Jalan KH Akhmad Muksin, Tenggarong.


Pasalnya, saat ini tengah berlangsung Festival Kampong Kutai yang disemarakkan pula dengan Pentas Seni Nusantara. Kegiatan yang digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara (Kukar) ini digelar mulai Senin (13/10) lalu hingga Minggu (19/10) mendatang.


Menurut Kepala Disbudpar Kukar, Sri Wahyuni, kegiatan Festival Kampong Kutai ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Kota Raja 2014 dalam rangka menyemarakkan HUT kota Tenggarong ke-232.


"Selama sepekan Festival Kampong Kutai, kami ingin mengangkat spirit kehidupan Kutai tempo dulu. Yakni dengan menampilkan arsitektur rumah Kutai di masa lalu beserta suasana kehidupan di dalam rumah tersebut, penggunaan perabotan rumah tangganya, pakaiannya hingga kuliner tradisonal," ungkap Sri.


Lewat kegiatan ini, lanjut Sri, diharapkan dapat memperkenalkan kehidupan dan tradisi masyarakat Kutai kepada khalayak, generasi muda dan masyarakat.


"Setiap malamnya selama seminggu Festival Kampong Kutai ini akan dimeriahkan pula dengan berbagai pertunjukan dari paguyuban-paguyuban yang ada di Kukar. Dan juga akan diisi dengan dialog seni yang akan mendatangkan tokoh-tokoh masyarakat Kutai," katanya.


Ditambahkan Sri, ada 9 rumah masyarakat Kutai tempo dulu yang divisualisasikan lewat Festival Kampong Kutai. Mulai yang dindingnya terbuat dari kulit pohon, kemudian beralih ke daun nipah hingga papan.


Sementara Bupati Kukar melalui Sekkab Kukar Edi Damansyah menyambut positif atas digelarnya kegiatan ini. "Dengan adanya Festival Kampong Kutai, bisa mengingatkan kembali bahwa Kukar memiliki sesuatu yang lebih berharga yaitu identitas sebagai warga Kutai dengan berbagai aset budaya sebagai harta karun bangsa," ujarnya.


Bupati Kukar berharap agar lewat kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu mencintai serta memelihara adat istiadat dan tradisi budaya yang positif sebagai warisan bagi anak cucu yang akan datang. (win)


Kegiatan Festival Kampong Kutai juga dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian yang diikuti paguyuban-paguyuban etnis nusantara
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com