Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Termasuk 5 Proyek di Kukar
Bandara Sultan AM Sulaiman dan Proyek MP3EI Diresmikan Presiden SBY

Presiden SBY saat meresmikan perluasan terminal bandara Sultan AM Sulaiman Sepinggan dan proyek MP3EI di Kaltim, Senin (15/09) kemarin, di Balikpapan Presiden SBY saat meresmikan perluasan terminal bandara Sultan AM Sulaiman Sepinggan dan proyek MP3EI di Kaltim, Senin (15/09) kemarin, di Balikpapan
Photo: Dok. Sekretariat Negara RI


Bupati Kukar Rita Widyasari dan Sultan Kutai HAM Salehoeddin II bersama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara
Bupati Kukar Rita Widyasari dan Sultan Kutai HAM Salehoeddin II bersama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara
Photo: Istimewa

KutaiKartanegara.com - 16/09/2014 22:38 WITA
Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan 7 proyek pembangunan yang masuk dalam program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), Senin (15/09) kemarin di Balikpapan.


Dari 7 proyek tersebut, empat proyek diantaranya berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), yakni PLTU Embalut 110 MW, PLTG Senipah 2x40 MW dan PLTG Peaking 2x60 MW, serta proyek anjungan Sisi-Nubi 2B di lepas pantai Kukar yang dikerjakan perusahaan migas multinasional Total E&P Indonesie.


Selain itu, Presiden SBY juga melakukan groundbreaking proyek pembangunan kampus Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) yang berada di Tenggarong Seberang.


Bupati Kukar Rita Widyasari yang hadir pada acara peresmian tersebut bersama Ketua Sementara DPRD Kukar H Salehudin dan Sultan Kutai HAM Salehoeddin II mengatakan sangat bangga dengan diresmikannya bandara internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan serta sejumlah proyek MP3EI di Kukar oleh Presiden SBY.


"Kita perlu berbangga karena bandara tersebut menggunakan nama Sultan dari Kerajaan Kutai, sebagai orang Kutai saya sangat bangga," katanya.


Terkait peresmian proyek pembangkit listrik yang ada di wilayah Kukar, Rita berharap agar ke 3 pembangkit listrik tersebut dapat mengatasi krisis listrik yang kerap terjadi di Kaltim.


"Pembangkit listrik ini tak hanya bisa menerangi 3 daerah yaitu Balikpapan, Samarinda dan Kukar, tetapi juga melalui Sistem Mahakam akan bisa menerangi daerah lain asalkan ada jaringannya," ujar Rita


Usai peresmian, lanjut Bupati Kukar, dirinya akan menemui Menko Perekonomian Chairul Tanjung untuk membahas kelanjutan salah satu proyek MP3EI, yakni pembangunan Jembatan Loa Kulu, yang telah diajukan untuk MP3EI dalam APBN.


"Jembatan tersebut sepenuhnya dibiayai oleh APBN. Sebetulnya sudah masuk Rp 30 milyar. Tetapi agak tersendat dan akan kembali dianggarkan pada anggaran tahun 2015," ungkapnya.


Rita juga mengatakan, Presiden SBY berpesan kepadanya untuk tidak selalu mengandalkan APBN karena Indonesia masih membutuhkan Rp 4.700 triliun untuk membiayai pembangunan dan tidak mungkin hanya fokus di Kaltim, sehingga faktor swasta sangat dibutuhkan.


"Alhamdulilah saya telah melaksanakanya. Salah satunya nanti tanggal 26 September Kukar akan groundbreaking bandara tanpa APBN dan APBD. Nantinya juga akan ada mal dan Creative Park yang akan dibangun oleh sektor swasta, bukan dengan biaya APBD," pungkasnya. (lin/win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kukar Laksanakan Relaksasi Menuju Normal Baru, Kecuali 3 Desa/Kelurahan Zona Merah Ini
Update Kasus Positif COVID-19 di Kukar, 2 Warga Muara Badak Dinyatakan Sembuh
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com