Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tidak Ada Kendala
Uji Coba Perakitan Bentang Utama Jembatan Kartanegara

Uji coba perakitan rangka bentang utama Jembatan Kartanegara terlebih dahulu dilakukan sebelum rangka tersebut diberi lapisan anti karat dan dikirim ke TenggarongUji coba perakitan rangka bentang utama Jembatan Kartanegara terlebih dahulu dilakukan sebelum rangka tersebut diberi lapisan anti karat dan dikirim ke Tenggarong
Photo: Dok. DBMSDA Kukar


Rangka bentang utama Jembatan Kartanegara diperiksa oleh tim dari PT WBI saat uji coba perakitan pada Rabu (10/09) lalu di Cilegon
Rangka bentang utama Jembatan Kartanegara diperiksa oleh tim dari PT WBI saat uji coba perakitan pada Rabu (10/09) lalu di Cilegon
Photo: Dok. DBMSDA Kukar

KutaiKartanegara.com - 12/09/2014 14:54 WITA
Rangka main span atau bentang utama Jembatan Kartanegara telah selesai dikerjakan oleh pihak PT Waagner Biro Indonesia (WBI) di kawasan industri Cilegon, Banten.


Namun, sebelum dikirim ke Tenggarong, rangka bentang utama tersebut terlebih dahulu menjalani trial assembly atau uji coba perakitan yang dilaksanakan pada Rabu (10/09) lalu di kawasan pabrik PT WBI di Cilegon, Banten.


Uji coba perakitan ini dimaksudkan untuk memastikan jika seluruh rangka baja hingga sambungan baut yang dibuat memang sudah tepat sesuai dengan ukuran dan spesifikasinya.


Secara keseluruhan, bentang utama Jembatan Kartanegara ini memiliki panjang mencapai 270 meter. Namun karena keterbatasan tempat, maka trial assembly ini dilakukan separonya saja yakni sepanjang 135 meter.


"Bentang utama Jembatan Kartanegara ini sudah diperiksa atau dicek kembali oleh tim pembuatnya, dan ternyata sudah cocok," ujar Budi Harsono selaku Pejabat Pembuat Komitemen (PPK) Jembatan Kartanegara.


Setelah dipastikan geometri dan koordinatnya, lanjut Budi, seluruh rangka bentang utama ini tidak bermasalah dan telah sesuai rancangan. Rangka yang telah dirakit untuk uji coba ini kemudian akan dibongkar kembali untuk pekerjaan galvanis.


"Galvanis ini adalah proses pelapisan logam anti karat pada rangka baja. Nanti kalau proses galvanis ini sudah selesai, barulah rangka bentang utama ini dikirim ke Tenggarong," jelas Budi.


Menurut Budi, pengapalan rangka bentang utama seberat 2.200 ton ini akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dijadwalkan pada akhir September. Sedangkan tahap kedua pada minggu pertama bulan Oktober.


Terkait perkembangan proyek pembangunan Jembatan Kartanegara saat ini, dikatakan Budi saat ini masih dalam tahap perakitan rangka side span atau bentang pendekat di sisi Tenggarong Seberang.


Sedangkan di sisi Tenggarong, perakitan rangka bentang pendekat telah mencapai 7 segmen atau mencapai 63 meter. Proses perakitan bentang pendekat ini telah dilakukan sejak pertengahan Juli lalu.


Dikatakan Budi, pengerjaan bentang pendekat dari ujung jalan hingga pondasi atau segmen 11 di kedua sisi berjalan sesuai jadwal dan diperkirakan akan selesai pada awal Oktober.


Sedangkan perakitan bentang jembatan secara keseluruhan diperkirakan sudah selesai dipasang antara Maret-April 2015, kemudian bulan Mei tinggal penyelesaian akhir.


"Antara Maret hingga April 2015 tersebut merupakan tahap akhir pemasangan rangka bentang utama. Persiapan pemasangan bentang utama ini akan dimulai sekitar bulan Oktober. Karena akhir September nanti rangkanya akan dikirim ke Tenggarong," pungkasnya. (her/win)


Inilah desain Jembatan Kartanegara sebagai pengganti jembatan yang runtuh pada 26 November 2011
Photo: Istimewa

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Ribuan ASN Pemkab Kukar Ikuti Vaksinasi Massal COVID-19
Sudah Mendaftar Tapi Tidak Masuk Jadwal Penerima Vaksin COVID-19, Ini Penjelasan Kepala Dinkes Kukar
 
Masa Jabatan Edi Damansyah-Chairil Anwar Berakhir, Sunggono Jadi Plh Bupati Kukar
Diperpanjang Sampai Batas Waktu Yang Belum Ditentukan, 75% Pegawai Pemkab Kukar Bekerja Dari Rumah
 
Boleh Beroperasi Hingga Jam 23.00 WITA: 8 Tempat Usaha di Tenggarong Jadi Role Model Penerapan Prokes Pencegahan COVID-19
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
 
Simpan Sabu 80,85 Gram, Residivis Narkoba Dibekuk Petugas Polres Kukar
Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Polsek Loa Kulu Ringkus Pasutri Asal Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com