Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

17 Tenaga Ahli Awasi Pembangunan Jembatan Kartanegara

Kasubdit Teknik Jembatan Direktorat Bina Teknik Kementerian PU Iwan Zarkasi (tengah) bersama tim teknis pembangunan Jembatan Kartanegara saat berada diatas jembatan yang sedang dikerjakan pada Segmen 7Kasubdit Teknik Jembatan Direktorat Bina Teknik Kementerian PU Iwan Zarkasi (tengah) bersama tim teknis pembangunan Jembatan Kartanegara saat berada diatas jembatan yang sedang dikerjakan pada Segmen 7
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


Bentang pendekat Jembatan Kartanegara di sisi Tenggarong sudah terpasang hingga segmen 7 yang panjangnya mencapai 63 meter
Bentang pendekat Jembatan Kartanegara di sisi Tenggarong sudah terpasang hingga segmen 7 yang panjangnya mencapai 63 meter
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 01/09/2014 15:53 WITA
Sebanyak 17 orang tenaga ahli yang merupakan bagian dari tim teknis pembangunan Jembatan Kartanegara melakukan inspeksi ke lokasi proyek jembatan tersebut, Jum'at (29/08) lalu, di Tenggarong.


Tim teknis tersebut merupakan para tenaga ahli konstruksi yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Tanah Air, dan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Republik Indonesia. Mereka juga didampingi 2 orang dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).


Saat berada di lokasi proyek Jembatan Kartanegara, tim tersebut langsung berkoordinasi dengan pihak PT Hutama Karya selaku kontraktor dan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kutai Kartanegara (Kukar).


Selain untuk memastikan pembangunan jembatan sesuai desain perencanaan, kedatangan mereka juga untuk melihat langsung pemasangan rangka baja Side Span atau bentang pendekat yang sedang dikerjakan saat ini.


Dikatakan Kasubdit Teknik Jembatan Ditjen Bina Marga Direktorat Bina Teknik Kementerian PU, Iwan Zarkasi, kedatangan mereka ke Tenggarong adalah untuk mengecek proses dan tahapan-tahapan pemasangan rangka baja Side Span, serta rencana persiapan pemasangan Main Span atau bentang utama Jembatan Kartanegara.


"Merakit Side Span ini istilahnya baru pemanasan, sebelum pada intinya nanti memasang Main Span. Jadi prosesnya ini yang kami pantau untuk memastikan apakah sudah sesuai," jelas Iwan.


Menurut Iwan, secara umum pembangunan jembatan ini berjalan baik. Hal ini terlihat dari perkembangan pembangunan yang telah lebih dari 57 persen.


"Dari sisi koordinasi tim di lapangan juga berjalan baik. Kemudian dari segi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), sejauh ini tidak ditemukan laporan kecelakaan," ujarnya.


Kendati demikian, Iwan tetap menyarankan agar koordinasi dan K3 tersebut terus dijalankan dengan konsisten agar pengerjaan jembatan tetap berjalan lancar.


"Proses pembangunan jembatan ini sebenarnya bisa lebih cepat dari yang ada sekarang. Untuk itu kami akan berkoordinasi agar jembatan ini bisa segera selesai dan tentu saja aman," demikian katanya.


Sementara itu, proses pemasangan rangka baja Side Span atau bentang pendekat Jembatan Kartanegara hingga kini telah sampai pada Segmen 7.


Ukuran setiap segmen memiliki panjang 9 meter. Dengan demikian, bentang pendekat yang terpasang di sisi Tenggarong itu mencapai 63 meter.


Proses perakitan bentang pendekat ini telah dilakukan sejak pertengahan Juli 2014 lalu. "Hambatan bisa dibilang tidak ada. Hanya saja mencocokkan letak rangka side span setelah bongkar muat itu yang memakan waktu. Ibaratnya seperti main puzzle," demikian kata Budi Harsono yang juga Pejabat Pembuat Komitemen (PPK) Jembatan Kartanegara. (her/win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kukar Laksanakan Relaksasi Menuju Normal Baru, Kecuali 3 Desa/Kelurahan Zona Merah Ini
Update Kasus Positif COVID-19 di Kukar, 2 Warga Muara Badak Dinyatakan Sembuh
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com