Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Guru se-Muara Badak Ikuti Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah

Eko Nurmianto dari LPPM ITS Surabaya ketika memberikan materi kepada para peserta pelatihan
Eko Nurmianto dari LPPM ITS Surabaya ketika memberikan materi kepada para peserta pelatihan
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 22/11/2005 18:39 WITA
Untuk meningkatkan kompetensi guru seiring dengan diberlakukannya sistim pengajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), BP Migas-VICO Indonesia bekerjasama bekerjasama dengan LPPM (Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat) ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Surabaya mengadakan Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah untuk guru-guru Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di wilayah Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).


Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah ini diikuti sebanyak 40 orang guru SLTP hingga SLTA se-Muara Badak yang berlangsung mulai hari ini hingga Minggu (27/11) mendatang bertempat di Pesantren Al-Muhajirin, Muara Badak.


Superintendent External Relations VICO Indonesia, Huzaim Balafif, dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini merupakan kontribusi peran serta BP Migas-VICO Indonesia untuk meningkatkan kualitas guru yang secara otomatis akan mentransformasikan ilmunya kepada peserta didik di sekolahnya masing-masing.



Huzaim Balafif (kiri) mewakili manajemen VICO Indonesia saat memberikan sambutannya didampingi Eko Nurmianto dan Naisah Rahman
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Menurut Huzaim Balafif, jika ingin melihat keadaan perekonomian suatu daerah lihatlah keadaan para pedagang atau pasarnya. Jika ingin mengetahui kondisi masyarakat di suatu tempat lihatlah ulamanya. Jika ingin mengetahui kondisi pendidikan suatu daerah lihatlah bagaimana kualitas guru-gurunya.


Sementara Lektor Kepala ITS Surabaya Ir Eko Nurmianto MEng Sc DERT mengatakan, ruang lingkup Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah akan dilaksanakan selama 6 hari. Ada pun Materi yang diberikan meliputi Pengantar sistim manejemen berbasis sekolah, Life Skill yakni keterampilan hidup untuk memotivasi guru. Selain itu juga disampaikan Quality Function Deployment (QFD) atau Pengembangan Fungsi Kualitas.


"Dalam pelatihan ini tidak hanya diberikan materi, tetapi juga ada games atau permainan dan evaluasi. Untuk itu, pihak tutor menyediakan rewards umtuk memberikan stimulan kepada para peserta," ujarnya.



Huzaim Balafif memperlihatkan cenderamata dari LPPM yang bergambar logo VICO Indonesia dan ITS Surabaya
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Lebih lanjut dikatakan Eko Nurmianto, kita harus menyadari kalau SDM kita tertinggal, maka dari itu kita harus mengejar ketertinggalan kita. Dia kemudian mencontohkan salah satu ketertinggalan bangsa Indonesia di bidang pendidikan.


"Di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, kalau siswa disuruh menggambar, maka cara menggambar hasilnya bisa seragam yakni 2 buah gunung, matahari dan sungai. Padahal mereka tidak pernah janjian tapi hasilnya bisa seragam. Sementara di Australia, murid jika menggambar sebuah meja, maka sebelumnya ada gambar proses penebangan kayu, kemudian dibelah, diolah menjadi meja sampai kemudian meja dipasarkan," katanya.


Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Muara Badak, Naisah Rahman, menyatakan salut dan berterimakasih kepada pihak BP Migas-VICO Indonesia yang begitu peduli terhadap dunia pendidikan di wilayah operasinya.


Ditambahkannya, baru kemarin (21/11) dia juga menghadiri pembukaan Pelatihan Guru Non Profesional di Samarinda garapan BP Migas-VICO Indonesia dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) yang juga diikuti oleh 40 peserta dari 5 Kecamatan di Kukar yakni Muara Badak, Marang Kayu, Muara Jawa, Samboja dan Anggana.


Dan kini kembali dia menghadiri pembukaan Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah khusus bagi guru SLTP/SLTA se-Muara Badak. "Saya berharap kepada para peserta agar pelatihan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan bisa diamalkan di sekolah masing-masing," demikian kata Naisah Rahman. (bas)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bupati Kukar Ajak Warga Bantu Korban Bencana Kalsel-Sulbar-Jabar
Vaksinasi COVID-19 Perdana di Kukar, Ada 3 Tokoh Ditunda Jalani Vaksinasi
 
Bupati Edi Damansyah Lantik 169 Pejabat Fungsional
Dibuka Bupati Edi Damansyah, Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
Antar Bakso Berisi Narkoba ke Lapas, Pelajar SLTA Asal Sebulu Diamankan Petugas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com