Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Perayaan Idul Fitri 1426 H di Tenggarong

Bupati Kukar H Syaukani HR (kanan) saat menyampaikan sambutan Idul Fitri di hadapan jamaah Salat Ied Masjid Agung Sultan Sulaiman, TenggarongBupati Kukar H Syaukani HR (kanan) saat menyampaikan sambutan Idul Fitri di hadapan jamaah Salat Ied Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 03/11/2005 20:12 WITA
Perayaaan Idul Fitri 1 Syawal 1426 H di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong, yang jatuh pada hari ini berjalan khidmat, tertib dan lancar. Ribuan masyarakat Tenggarong mulai berduyun-duyun mendatangi masjid-masjid atau lapangan terdekat meski gerimis sempat mengguyur.

Hujan akhirnya mulai mereda seiring dengan semakin banyaknya umat Muslim kota Tenggarong yang berdatangan menuju tempat-tempat pelaksanaan Salat Ied. Di Masjid Jami' Hasanuddin yang merupakan masjid tertua di kota Tenggarong, ribuan jamaah tumpah ruah hingga ke Jalan Mayjen Sutoyo serta halaman Kedaton Kutai Kartanegara yang masih basah.

Begitu pula di Masjid Agung Sultan Sulaiman yang letaknya tak jauh dari Masjid Jami' Hasanuddin, ribuan jamaah Salat Ied yang tak tertampung dalam masjid tersebut terpaksa menggelar sajadah dengan beralaskan koran bekas di halaman parkir Masjid hingga Monumen Pancasila.

Tampak ditengah-tengah jamaah Masjid Agung Sultan Sulaiman diantaranya adalah Bupati Kukar Dr H Syaukani HR beserta keluarga, kemudian pejabat Muspikab Kukar lainnya seperti Ketua DPRD H Bachtiar Effendi, Dandim 0906/TGR Letkol Inf Dwi Lestiyono dan Kapolres Kukar AKBP Drs Supriyanto.

Sebelum Salat Ied dimulai, Bupati Kukar H Syaukani HR berkesempatan memberikan sambutan Idul Fitri di hadapan para jamaah Masjid Agung Sultan Sulaiman. Kepada umat Muslim Kutai Kartanegara, Bupati H Syaukani HR berpesan agar semangat persatuan dan kesatuan yang telah terjalin dapat terus ditingkatkan. Karena menurutnya, persatuan dan kesatuan merupakan kunci dalam ajaran Nabi Muhammad SAW.


Da'i Tomo ketika tampil sebagai Khatib usai Salat Ied di halaman Pasar Seni Tepian Pandan
Photo: Joe

"Ditengah keragaman dan kemajemukan dalam skala kehidupan modern, persatuan dan kesatuan sangat diperlukan bagi semakin kuat dan berkembangnya kehidupan umat," ujar Bupati H Syaukani HR.

Bupati Kukar juga berharap agar umat Muslim di Kukar dapat selalu bersatu dan berupaya mengajak saudara lainnya untuk membangun kebersamaan dengan jalan menjalin komunikasi dan dialog baik dalam rangka mempertebal keimanan kepada Allah (hablumminallah) maupun membangun hubungan yang baik dengan manusia (hablumminannas).

Pelaksanaan Salat Idul Fitri di kota Tenggarong juga dilaksanakan di Masjid KH Muhammad Sajid yang berada di Kelurahan Kampung Baru. Di masjid tersebut, Wakil Bupati H Samsuri Aspar tampil di hadapan para jamaah Salat Ied untuk membacakan pesan Idul Fitri Bupati Kukar H Syaukani HR.

Sementara usai pelaksanaan Salat Ied di halaman Pasar Seni Tepian Pandan, Da'i Tomo --finalis Da'i TPI asal Kukar-- tampil sebagai khatib. Dikatakan Da'i Tomo, kehidupan yang diberikan Tuhan kepada manusia di muka bumi ini jangan disia-siakan dan disikapi apa adanya, namun dimanfaatkan untuk meraih kebahagian dunia maupun akhirat.

Ditambahkannya, meraih kebahagian dunia tanpa memikirkan akhirat adalah salah. Demikian pula sebaliknya. Karena kehidupan ini adalah sarana bagi manusia untuk menggapai kehidupan yang lebih baik di alam akhirat nanti. "Alam dunia ibaratnya tangga untuk mencapai akhirat. Yang gagal menapakinya mendapat kerugian dunia dan akhirat," demikian katanya. (win/joe)


Bupati Kukar H Syaukani HR bermaaf-maafan dengan para warga Tenggarong usai pelaksanaan Salat Ied
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com