Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tiga Perusahaan Bentuk Konsorsium Pembangunan Bandara Khusus di Loa Kulu

Bupati Rita Widyasari ikut menandatangani MOU konsorsium percepatan bandara khusus di Kukar
Bupati Rita Widyasari ikut menandatangani MOU konsorsium percepatan bandara khusus di Kukar
Photo: Humas Kukar/Dewi

KutaiKartanegara.com - 22/05/2014 17:00 WITA
Untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan bandara khusus di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), 3 perusahaan sepakat membentuk konsorsium.


Ke tiga perusahaan yang tergabung dalam konsorsium tersebut terdiri dari Perusda Tunggang Parangan selaku pemilik lahan 98 ha dan penyertaan modal dari Pemkab Kukar, PT Sinergi Nusantara Abadi (PT SNA) sebagai pemilik lahan 256 ha, dan PT Agung Surya Kencana (PT ASK) selaku investor.


Pembentukan konsorsium pembangunan bandara khusus ini dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MOU) atau nota kesepahaman yang ditandatangani di Jakarta oleh Direktur Perusda TP Erwinsyah, Anton Budiman dari PT SNA dan Sutikno dari PT ASK, Senin (19/05) lalu.


Penandatanganan MOU ini juga disaksikan Bupati Kukar Rita Widyasari, pihak CND Global Corp selaku kontraktor pembangunan bandara. CND Global Corp sendiri merupakan mitra dari Hanjin, pemilik maskapai penerbangan Korean Air.


Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Perhubungan Kukar Marsidik dan Kepala Badan Penanaman Modal & Promosi Daerah (BPMPD) Kukar, Bambang Arwanto.


Adapun ruang lingkup pekerjaan yang disepakati dalam perjanjian tersebut diantaranya mempercepat proses perizinan pembangunan bandara di Kementerian Perhubungan RI, mempercepat penyelesaian dokumen penguasaan lahan, membangun bandara khusus beserta fasilitas-fasilitasnya, termasuk mengelola operasional dan perawatan bandara khusus secara bersama-sama.


Sementara itu, Bupati Kukar Rita Widyasari mengingatkan agar tim yang terlibat dalam konsorsium ini dapat segera bekerja dengan mendatangi Menteri Perhubungan RI guna memverifikasi aset tanah milik konsorsium.


Selanjutnya menindaklanjuti proses verifikasi konsorsium bandara dari Dirjen Perhubungan Udara menyangkut kriteria hukum, teknis dan keuangan dalam mengurus izin pembangunan bandara khusus, dilanjutkan dengan melakukan presentasi di Dirjenhub Udara mengenai kesiapan pembangunan bandara dan peninjauan lokasi bandara.


Menurut Rita, bandara khusus di desa Jongkang tersebut dibangun atas dasar permintaan dari pihak perusahaan yang beroperasi di Kukar, guna memudahkan perjalanan ke luar daerah.


Meski bandara yang akan dibangun nanti merupakan bandara khusus, lanjut Rita, namun dalam hal pembangunannya bandara tersebut akan bertaraf internasional.


"Bandara khusus ini akan bertaraf internasional, karena kita memliki dana besar dari investor. Ke depannya bisa saja bandara tersebut digunakan untuk umum. Saya berharap kerjasama ini dapat mempercepat pembangunan bandara sesuai kesepakatan yaitu bisa terealisasi pada tahun 2016," harapnya.


Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan presentasi oleh pihak CND Global Corp selaku kontraktor pembangunan bandara khusus di Loa Kulu yang disampaikan Linny Pangemanan.


Dikatakan Linny, CND Global Corp telah berpengalaman dalam membangun sejumlah bandara internasional. Beberapa di antaranya adalah bandara Pohang, bandara internasional Muan, serta landasan pacu di bandara Gimhae (Korea Selatan), bandara internasional Luanda di Anggola, dan bandara internasional Libreville di Gabon.


"Bandara khusus yang dibangun di Kukar nanti mencontoh bandara Incheon di Korea Selatan dalam skala kecil, namun sesuai permintaan investor pembangunan bandara ini tipenya seperti bandara di Dubai," demikian katanya. (dew/win)


Linny Pangemanan (kanan) dari CND Global Corp menyampaikan presentasinya tentang rencana pembangunan bandara khusus di Kukar
Photo: Humas Kukar/Dewi

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Sempat Zero COVID-19, Kecamatan Samboja Kembali Tambah 2 Kasus Baru
Ingat, Dokumen Kependudukan Yang Ada TTE Tak Perlu Dilegalisir
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com