Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Diwarnai Pesta Lemang dan Telur Asin
Santri TPA Al-Hijrah Akhiri Tadarus Tahap II

Kegembiraan para santri usai Khatam Al Quran saat menerima pembagian lemang dan telur asin oleh Pembina TK/TPA Al-Hijrah Mahmud SSos
Kegembiraan para santri usai Khatam Al Quran saat menerima pembagian lemang dan telur asin oleh Pembina TK/TPA Al-Hijrah Mahmud SSos
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 02/11/2005 16:41 WITA
Santriawan dan santriwati yang menimba ilmu Al Qur'an di Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) Al-Hijrah yang berada di lingkungan RT XV, Kelurahan Timbau, Tenggarong, berhasil menyelesaikan Tadarusan (pembacaan surat-surat Al Qur'an) tahap II di Langgar Al-Hijrah, Selasa (31/10) malam lalu.

Akhir Tadarusan tahap II ini ditandai dengan Khatam Al Qur'an (pembacaan surat-surat terakhir Al Qur'an) yang dibimbing HM Syarkowi bersama Pembina TK/TPA Al-Hijrah Mahmud SSos.

Usai Khatam Al Qur'an dilanjutkan pesta makan kue Lemang bersama telur asin serta penganan ringan lainnya. Pesta makan lemang (ketan yang dimasak dalam bambu-red) dan telur asin bersama makanan lainnya ini selain diikuti para santri turut hadir para tokoh agama dan masyarakat yang ada di beberapa RT di Kelurahan Timbau.

Menurut pembimbing tadarusan HM Syarkowi, tadarusan Al Qur'an merupakan tradisi keagamaan yang dilakukan setiap datangnya bulan Ramadhan. "Bisa dilakukan sendiri-sendiri atau berkelompok. Umumnya tradisi tadarusan di Indonesia dilakukan 5 orang atau lebih, dan biasa dilaksanakan pada malam hari usai melakukan salat Tarawih," ujarnya.

Ditambahkannya, dalam ritual Islam, tadarusan sifatnya tidak wajib dan tidak pula sunat. Namun tadarusan sangat dianjurkan untuk dilakukan baik bagi lelaki maupun perempuan, tua atau muda maupun anak-anak hingga manula sekali pun.

"Tapi yang jelas niat kita untuk melakukan tadarusan sebaik dilakukan dari awal hingga ayat terakhir Al Qur'an. Karena tradisi tadarusan ini mengikuti kebiasaan yang pernah dilakukan Nabi Muhammad SAW yang selalu mengajak sahabat-sahabat dan pengikutnya untuk mengisi malam Ramadhan dengan kegiatan ritual seperti salat malam, berdzikir, berdoa termasuk membaca ayat-ayat suci Al Qur'an (tadarusan)," kata HM Syarkowi.

Tujuannya jelas, lanjut HM Syarkowi, selain memberikan peningkatan kemampuan dalam membaca dan memahami isi kandungan Al Qur'an, juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Karena Al Qur'an merupakan kumpulan kalimat-kalimat suci yang disampaikan Allah kepada manusia melalui Nabi Muhammad SAW secara langsung maupun tidak langsung. "Dengan demikian tidak ada satu ayat Al Qur'an pun yang dibuat makhluk ciptaan Allah, termasuk manusia," jelasnya.

Sementara Pembina TK/TPA Al-Hijrah Mahmud SSos mengakui merasa bangga sekaligus terharu bahwa anak asuhnya mampu menyelesaikan dengan baik Tadarusan tahap II di bulan Ramadhan 1426 H ini. "Tadarusan tahap I sudah diselesaikan 15 Ramadhan 1426 H lalu. Sedang tahap II yang dimulai 16 Ramadhan lalu berakhir malam ini (Selasa, 31 Oktober-red)," katanya.

Menurutnya keberhasilan ini berkat dukungan semua pihak baik orangtua santri, ustadz dan ustadzah, Pengurus RT dan Langgar Al-Hijrah termasuk para warga yang secara sukarela menyumbang makanan. Demikian katanya. (joe)


Dengan dibimbing HM Syarkowi (tengah), para santri TPA Al-Hijrah saat mengakhiri Tadarusan Tahap II
Photo: Joe

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com