Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Warga RT XV Rapak Mahang Peringati Nuzulul Qur'an

Anak-anak warga Perumahan Korpri RT XV Rapak Mahang tengah melakukan Khatam Al Qur'an di Langgar Al-Hijrah sebagai akhir dari Tadarusan Tahap I yang dilakukan usai sholat Tarawih
Anak-anak warga Perumahan Korpri RT XV Rapak Mahang tengah melakukan Khatam Al Qur'an di Langgar Al-Hijrah sebagai akhir dari Tadarusan Tahap I yang dilakukan usai sholat Tarawih
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 21/10/2005 22:19 WITA
Peristiwa turunnya kitab suci Al Qur'an atau Nuzulul Qur'an 1426 Hijriah diperingati warga perumahan Korpri Rapak Mahang yang berada di RT XV, Kelurahan Timbau, Tenggarong, Kamis (20/10) malam. Acara yang berlangsung di langgar Al-Hijrah tersebut bertemakan "Dengan Peringatan Nuzulul Qur'an Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengamalan Qur'an Dalam Kehidupan Sehari-hari".

Acara diawali dengan Khatam Al Qur'an yang dilakukan anak-anak di lingkungan perumahan Korpri RT XV tersebut, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian hikmah Nuzulul Qur'an oleh Ustadz Abdul Sani Effendi.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Mahmud, sebenarnya inti peringatan Nuzulul Quran yang dilakukan ini adalah Khatam Al Quran. "Karena anak-anak bersama orang tuanya yang melakukan tadarusan (pembacaan Al Quran) usai sholat Tarawih di langgar Al-Hijrah ini sudah selesai," ujarnya.

Ditambahkan Mahmud yang didampingi Ketua RT XV Drs Akhyar Fahlevi dan Ketua Pengurus langgar Al-Hijrah Ipnul Tajali SE mengatakan, berakhirnya tadarusan ditandai dengan Khatam Al Qur'an di pertengahan Ramadhan ini maka akan dilanjutkan Tadarusan Tahap II hingga akhir Ramadhan nanti. "Syukur alhamdulilah setiap tahun di bulan Ramadhan kami mampu melakukan tadarusan dengan 2 kali khatam," katanya.


Ustadz Abdul Sani Effendi ketika memberikan hikmah Nuzulul Qur'an dihadapan jama'ah Langgar Al-Hijrah RT XV Perumahan Korpri Rapak Mahang
Photo: Joe

Sementara Ustadz Abdul Sani Effendi dalam hikmah Nuzulul Quran yang disampaikannya mengatakan, Allah menurunkan ayat Al Qur'an pertama kali ketika umat Islam pada saat itu sedang menghadapi cobaan berat yaitu berlangsungnya perang Badar, perang yang menurut Nabi Muhammad merupakan yang terbesar yang pernah dialami kaum muslimin.

Kemudian setelah itu surat-surat Al Qur'an secara berangsur-angsur diturunkan Allah melalui Nabi di kota Madinah dan Mekkah. Jadi surat-surat Al Qur'an itu tidak diturunkan sekaligus, namun disesuaikan dengan konteks waktu serta kondisi masyarakat yang sedang dihadapi Nabi pada saat itu.

Ditambahkan pula, Al Qur'an adalah kitab suci yang berisi rujukan yang tepat bagi manusia agar selamat dalam menempuh kehidupannya baik di dunia terlebih di akhirat nanti. Dikatakan, bahasa Al Qur'an yang menggunakan bahasa Arab sebenarnya mudah dipelajari mulai dari anak-anak hingga manusia lanjut usia.

"Bila ada yang mengaku sulit mempelajarinya maka dipastikan orang itu tertutup hatinya kepada Al Qur'an. Oleh sebab itu kitab suci Al Qur'an jangan disimpan sebagai pajangan hingga berdebu, namun selalu dibaca dan dipahami maknanya. Agar mukjizat yang diberikan Allah kepada Al Qur'an dapat pula dirasakan oleh pembacanya," jelasnya.

Menyinggung tentang cara belajar Al Qur'an dengan metode iqro' yang diperkenalkan sejak tahun 1990 lalu menurut Ustadz Abdul Sani Effendi sudah sangat tepat yaitu selain dapat mengenali huruf-huruf dan memahami bacaannya dengan singkat juga dengan metode ini akan mempermudah mempelajari isi dan kandungan Al Qur'an. (joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
Kabar Baik, 4 Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com