Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bupati Rita Widyasari Buka MTQ ke-36 Tingkat Kukar di Kembang Janggut

Bupati Rita Widyasari bersama Ketua DPRD Salehudin dan pejabat lainnya menekan tombol sirine menandai dimulainya MTQ ke-36. Kanan: Pesta kembang api turut menyemarakkan pembukaan MTQ ke-36 di Kembang JanggutBupati Rita Widyasari bersama Ketua DPRD Salehudin dan pejabat lainnya menekan tombol sirine menandai dimulainya MTQ ke-36. Kanan: Pesta kembang api turut menyemarakkan pembukaan MTQ ke-36 di Kembang Janggut
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


 Bupati Rita Widyasari menerima piala bergilir Juara Umum MTQ yang diserahkan kembali oleh Camat Loa Janan Mastukah untuk diperebutkan kembali di MTQ ke-36
Bupati Rita Widyasari menerima piala bergilir Juara Umum MTQ yang diserahkan kembali oleh Camat Loa Janan Mastukah untuk diperebutkan kembali di MTQ ke-36
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 25/02/2014 20:10 WITA
Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-36 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang berlangsung untuk pertama kalinya di Kecamatan Kembang Janggut, secara resmi dibuka Bupati Rita Widyasari, Senin (24/02) malam.


Pembukaan MTQ ke-36 ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Rita Widyasari didampingi Ketua DPRD Kukar H Salehudin, Ketua LPTQ H Bahrul, Kepala Kemenag Kukar H Sulaiman, Sekkab Edi Damansyah dan Camat Kembang Janggut, Zulkifli.


Selain itu, dilakukan pula penyerahan piala bergilir dari Juara Umum MTQ tahun lalu yakni Kecamatan Loa Janan untuk diperebutkan kembali di MTQ ke-36. Piala tersebut diserahkan Camat Loa Janan Mastukah kepada Bupati Rita Widyasari, yang kemudian diserahkan Rita kepada Camat Kembang Janggut, Zulkifli, selaku tuan rumah.


Pembukaan MTQ ke-36 semakin meriah ketika pesta kembang api diluncurkan dari belakang panggung utama MTQ. Suguhan tari massal bertajuk Al Qur'an Pembawa Kebenaran yang dibawakan 250 penari juga ikut menyemarakkan malam pembukaan MTQ tersebut.


Dikatakan Camat Kembang Janggut, Zukifli, MTQ tingkat Kabupaten yang berlangsung hingga 1 Maret 2014 tersebut merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Kembang Janggut.


Menurut Zulkifli, kafilah atau kontingen MTQ ke-35 berasal dari 18 kecamatan se-Kukar dengan jumlah peserta mencapai 1.032 orang. "Adapun capaian yang ingin diraih yakni sukses pelaksanaan, sukses ekonomi kerakyatan dan sukses kejuaraan. Kami berusaha tri sukses tersebut bisa dicapai. Kami akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik, meski memiliki keterbatasan," imbuhnya.


Sementara dikatakan Bupati Rita Widyasari, kegiatan MTQ yang dilaksanakan setiap tahun selain untuk syiar Islam, juga sebagai barometer atau tolok ukur keberhasilan kegiatan pembinaan tilawatil Qur'an di Kukar.


Lewat pelaksanaan MTQ, Bupati Kukar berharap agar kegiatan tersebut dapat menjadi momentum untuk meningkatkan iman dan taqwa, dan momen untuk berubah ke arah yang lebih baik.


Untuk memotivasi para peserta, Rita pun berjanji akan memberangkatkan Juara I dari masing-masing kategori lomba MTQ ke Tanah Suci untuk melaksanakan Umroh. Sedangkan bagi juara 2 juga akan diberangkatkan umroh oleh Ketua DPRD Kukar H Salehuddin. "Itu dananya tidak pakai APBD," ujarnya disambut tepuk tangan meriah peserta MTQ dan undangan yang hadir.


Acara pembukaan MTQ ke-36 juga ditandai dengan penyerahan dana pembinaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) untuk 18 kecamatan se-Kukar masing-masing sebesar Rp 100 juta. (her)


Pembukaan MTQ ke-36 dimeriahkan pula dengan suguhan tari massal bertajuk Al Qur'an Pembawa Kebenaran yang dibawakan para pelajar dan warga Kembang Janggut
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Rotasi Jabatan Polres Kukar, 2 Kasat dan 3 Kapolsek Dimutasi
Curah Hujan Tinggi di Kaltim, Kukar Siap Siaga Hadapi Bencana
 
Edi Damansyah Lantik 5 Kepala OPD Pemkab Kukar
Edi-Rendi Lakukan Mutasi Perdana, 217 Pejabat Pemkab Kukar Dimutasi
 
Ramadan 1442 H, Disperindag Kukar Gelar Operasi Pasar di 4 Kecamatan
Digelar Selama 2 Hari, Festival Ramadhan dan Pasar Murah di Aula Kedaton
 
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
Kerap Sasar Mobil Perusahaan, 2 Spesialis Pencuri HT Berhasil Diringkus
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Inilah 20 Finalis Pemilihan Teruna Dara Kukar 2021
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
 
Kalahkan Kalteng Putra, Mitra Kukar Buka Peluang ke 8 Besar
Mitra Kukar Berbagi Angka Dengan Persewar Waropen
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Gubernur Kaltim Resmikan 3 Gedung Baru SMA di Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com