Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bupati Rita Widyasari Buka MTQ ke-36 Tingkat Kukar di Kembang Janggut

Bupati Rita Widyasari bersama Ketua DPRD Salehudin dan pejabat lainnya menekan tombol sirine menandai dimulainya MTQ ke-36. Kanan: Pesta kembang api turut menyemarakkan pembukaan MTQ ke-36 di Kembang JanggutBupati Rita Widyasari bersama Ketua DPRD Salehudin dan pejabat lainnya menekan tombol sirine menandai dimulainya MTQ ke-36. Kanan: Pesta kembang api turut menyemarakkan pembukaan MTQ ke-36 di Kembang Janggut
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


 Bupati Rita Widyasari menerima piala bergilir Juara Umum MTQ yang diserahkan kembali oleh Camat Loa Janan Mastukah untuk diperebutkan kembali di MTQ ke-36
Bupati Rita Widyasari menerima piala bergilir Juara Umum MTQ yang diserahkan kembali oleh Camat Loa Janan Mastukah untuk diperebutkan kembali di MTQ ke-36
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 25/02/2014 20:10 WITA
Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-36 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang berlangsung untuk pertama kalinya di Kecamatan Kembang Janggut, secara resmi dibuka Bupati Rita Widyasari, Senin (24/02) malam.


Pembukaan MTQ ke-36 ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Rita Widyasari didampingi Ketua DPRD Kukar H Salehudin, Ketua LPTQ H Bahrul, Kepala Kemenag Kukar H Sulaiman, Sekkab Edi Damansyah dan Camat Kembang Janggut, Zulkifli.


Selain itu, dilakukan pula penyerahan piala bergilir dari Juara Umum MTQ tahun lalu yakni Kecamatan Loa Janan untuk diperebutkan kembali di MTQ ke-36. Piala tersebut diserahkan Camat Loa Janan Mastukah kepada Bupati Rita Widyasari, yang kemudian diserahkan Rita kepada Camat Kembang Janggut, Zulkifli, selaku tuan rumah.


Pembukaan MTQ ke-36 semakin meriah ketika pesta kembang api diluncurkan dari belakang panggung utama MTQ. Suguhan tari massal bertajuk Al Qur'an Pembawa Kebenaran yang dibawakan 250 penari juga ikut menyemarakkan malam pembukaan MTQ tersebut.


Dikatakan Camat Kembang Janggut, Zukifli, MTQ tingkat Kabupaten yang berlangsung hingga 1 Maret 2014 tersebut merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Kembang Janggut.


Menurut Zulkifli, kafilah atau kontingen MTQ ke-35 berasal dari 18 kecamatan se-Kukar dengan jumlah peserta mencapai 1.032 orang. "Adapun capaian yang ingin diraih yakni sukses pelaksanaan, sukses ekonomi kerakyatan dan sukses kejuaraan. Kami berusaha tri sukses tersebut bisa dicapai. Kami akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik, meski memiliki keterbatasan," imbuhnya.


Sementara dikatakan Bupati Rita Widyasari, kegiatan MTQ yang dilaksanakan setiap tahun selain untuk syiar Islam, juga sebagai barometer atau tolok ukur keberhasilan kegiatan pembinaan tilawatil Qur'an di Kukar.


Lewat pelaksanaan MTQ, Bupati Kukar berharap agar kegiatan tersebut dapat menjadi momentum untuk meningkatkan iman dan taqwa, dan momen untuk berubah ke arah yang lebih baik.


Untuk memotivasi para peserta, Rita pun berjanji akan memberangkatkan Juara I dari masing-masing kategori lomba MTQ ke Tanah Suci untuk melaksanakan Umroh. Sedangkan bagi juara 2 juga akan diberangkatkan umroh oleh Ketua DPRD Kukar H Salehuddin. "Itu dananya tidak pakai APBD," ujarnya disambut tepuk tangan meriah peserta MTQ dan undangan yang hadir.


Acara pembukaan MTQ ke-36 juga ditandai dengan penyerahan dana pembinaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) untuk 18 kecamatan se-Kukar masing-masing sebesar Rp 100 juta. (her)


Pembukaan MTQ ke-36 dimeriahkan pula dengan suguhan tari massal bertajuk Al Qur'an Pembawa Kebenaran yang dibawakan para pelajar dan warga Kembang Janggut
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Pasien Corona Sembuh, Kasus Aktif COVID-19 di Kukar Tinggal 10 Kasus
Hasil Telusur Kontak Erat KK-73: Warga Tenggarong Seberang Yang Bekerja di Samarinda Positif Terjangkit COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com