Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Jalan Loa Janan-Loa Kulu Masih Rusak
Rita Minta Pelimpahan Kewenangan Dari Pusat Untuk Perbaikan Jalan Nasional

Bupati Rita Widyasari saat berdialog dengan masyarakat di desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan, Selasa (14/01) kemarinBupati Rita Widyasari saat berdialog dengan masyarakat di desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan, Selasa (14/01) kemarin
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


Kondisi jalan Loa Janan-Loa Kulu yang berstatus jalan negara membuat Pemkab Kukar tak memiliki kewenangan untuk lakukan perbaikan
Kondisi jalan Loa Janan-Loa Kulu yang berstatus jalan negara membuat Pemkab Kukar tak memiliki kewenangan untuk lakukan perbaikan
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 15/01/2014 14:55 WITA
Kurangnya perhatian Pemerintah Pusat terhadap kondisi jalan-jalan berstatus jalan nasional yang rusak parah di Kutai Kartanegara (Kukar), terutama di jalur Loa Janan-Loa Kulu, membuat masyararakat setempat resah.


Bahkan warga Loa Janan dan Loa Kulu sempat berencana untuk memblokir jalan yang menjadi akses utama dari kota Tenggarong menuju Balikpapan dan Samarinda itu.


Namun Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari langsung meredam upaya warga tersebut dengan menggelar dialog yang dilaksanakan di BPU Desa Bakungan, Kecamatan Loa Janan, Selasa (14/01) kemarin.


"Masyarakat muak. Apalagi saya sebagai Kepala Daerah, lebih muak lagi. Saya sedih," kata Rita saat bertatap muka dengan warga Loa Janan dan Loa Kulu.


Rita sendiri dapat memaklumi kekesalan warga terhadap kondisi jalan yang tak kunjung diperbaiki oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi itu. Pasalnya, sudah 13 tahun jalan tersebut terabaikan.


Di hadapan warga, Rita pun menjelaskan bahwa jalan utama dari Loa Janan menuju Tenggarong itu berstatus jalan nasional. "Jadi tidak bisa diperbaiki melalui APBD Kukar," jelasnya.


Ditambahkan Rita, Pemkab Kukar telah beberapa kali menyurati ke Pemerintah Pusat agar jalan tersebut diperbaiki, namun tidak pernah mendapat tanggapan.


Bahkan pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar dan Sultan Kutai H Adji Mohd Salehoeddin II pernah 'mengadu' ke Komisi V DPR RI untuk menuntut perbaikan jalan Loa Janan-Loa Kulu serta jalan nasional lain yang rusak parah.


Sayangnya, usaha tersebut masih kurang maksimal. Pemerintah Pusat melalui APBN 2014 ternyata hanya menganggarkan untuk perbaikan jalan Loa Janan-Jalan sepanjang 6,125 kilometer saja. Padahal, jalan yang perlu perbaikan hampir seluruhnya dari Kecamatan Loa Janan hingga Loa Kulu.


"Kalau saja jalan ini bisa diperbaiki pakai APBD kita, mungkin sudah sejak saya jadi Bupati jalan ini saya perbaiki. Karena jalan ini pintu masuk ke Tenggarong," ujarnya.


Rita pung mengungkapkan bahwa pihaknya akan menempuh langkah pamungkas, yakni meminta pelimpahan wewenang dari Kementerian Pekerjaan Umum agar dapat menyerahkan perbaikan jalan tersebut kepada Pemkab Kukar.


"Saya hari ini (Selasa kemarin-red) langsung berangkat ke Jakarta bersama Kepala Dinas Bina Marga untuk memperjuangkan pelimpahan wewenang ini. Pak Ahyani (Kepala Dinas Bina Marga Kukar) jangan pulang dulu ke Tenggarong sampai dapat surat pelimpahan wewenang jalan ini, tolong doakan berhasil ya," kata Rita yang langsung diamini dan disambut tepuk tangan warga.


Menurut Rita, jika pelimpahan wewenang tersebut berhasil didapatkan, maka proses perbaikan jalan Loa Janan-Loa Kulu bisa dilaksanakan mulai Februari 2014.


"Insya Allah jalan sepanjang 26,5 km dari Loa Janan-Loa Kulu hingga Tenggarong akan kita mulai proses pengerjaannya pada bulan Februari jika surat pelimpahan itu sudah ada," demikian katanya. (her/win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Persiapan Perpindahan Ibu Kota Negara, Tim PPN/Bappenas Kunjungi Kukar
Kebakaran Lahap 5 Rumah Warga Desa Jembayan Tengah
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Dampak Penetapan IKN, Dubes Malaysia Kunjungi Kukar Jajaki Peluang Investasi Baru
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
 
Lebih Satu Bulan Beraksi di Tenggarong, Maling Helm Ini Akhirnya Tertangkap
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com