Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pemukiman Tanjong Siap Digusur

Bupati Kukar Rita Widyasari dengan latar belakang pemukian Tanjong yang akan digusur pada akhir Desember 2013Bupati Kukar Rita Widyasari dengan latar belakang pemukian Tanjong yang akan digusur pada akhir Desember 2013
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


Bupati Rita Widyasari saat berbincang dengan warga Tanjong
Bupati Rita Widyasari saat berbincang dengan warga Tanjong
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 02/12/2013 23:55 WITA
Kawasan pemukiman kumuh Tanjong di Kelurahan Panji, Tenggarong, siap digusur pada akhir tahun 2013 ini. Pasalnya, di lokasi tersebut bakal dijadikan kawasan IT Park atau taman teknologi informasi.


Pemkab Kutai Kartanegara sendiri telah menyiapkan dana Sebagian warga Tanjong sendiri telah menyiapkan dana mencapai Rp 17 milyar untuk kompensasi ganti rugi rumah bangunan kepada pemilik serta memberikan bantuan uang sewa rumah kepada para penyewa di pemukiman Tanjong.


Untuk memastikan kesiapan warga untuk meninggalkan kawasan pemukiman tersebut, Bupati Kukar Rita Widyasari pada Sabtu (30/11) lalu melakukan peninjauan langsung ke Tanjong.


"Saya cuma mau meyakinkan kalau warga Tanjong itu benar-benar mau pindah, karena Tanjong akan segera diratakan dengan tanah. Bahkan mulai tanggal 20 Desember nanti katanya mereka akan mulai bongkar sendiri karena material hasil bongkaran masih mereka pakai," ujar Rita.


Saat peninjauan itu, Rita juga sempat berbicara dengan tokoh masyarakat dan warga Tanjong. "Tadi saya bicara kepada mereka, paling lambat tanggal 26 Desember ini sudah meninggalkan Tanjong," katanya.


Ditambahkan Rita, pembongkaran pemukiman Tanjong merupakan upaya agar warga yang tinggal di pemukiman kumuh tersebut dapat hidup lebih sehat dan nyaman ketika mereka angkat kaki dari Tanjong.


Untuk itu, Pemkab Kukar melalui Dinas Cipta Karya membangun rumah sewa sederana di kawasan kelurahan Mangkurawang, Tenggarong. Saat ini, menurut Rita rumah sewa tersebut sudah tersedia 40 unit, dan pada 2014 akan dibuat lagi 400 rumah. Tentunya rumah sewa yang sehat dan tertata tersebut diprioritaskan untuk warga Tanjong.


"Pasar pun dekat disana (Mangkurawang.red), artinya saya berupaya memberikan kehidupan lebih layak bagi warga Tanjong ini, karena saya tau sebagaian warga tanjong mencari nafkah di pasar," katanya.


Kawasan Tanjong terdiri dari 6 RT, yakni RT 9,10,11,12,13 dan 14 termasuk dalam keurahan Panji. Sebanyak 80 persen warga yang tinggal di kawasan Tanjung merupakan penyewa. Bagi warga yang tidak memiliki rumah sendiri atau penyewa pemukiman di kawasan Tanjung, Pemkab akan memberikan uang sewa.


Rita mengatakan, saat ini harga sewa rumah di Tanjong berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu perbulan, sehingga Pemkab akan memberikan uang sewa Rp 400 ribu x 6 bulan, untuk para penyewa di Tanjong.


Untuk pemberian uang sewa itu, menurut Rita, pihaknya sudah berkonsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan hasilnya diperbolehkan. Pemberian uang sewa tersebut adalah kebijakan semata, padahal tidak ada keharusan pemerintah. "Artinya ini untuk kebutuhan penyewa, karena mereka harus pindah maka kita beri uang sewa," katanya.


Sedangkan untuk pemilik bangunan di Tanjong, menurut Rita dalam waktu dekat seluruhnya akan ditransfer ke rekening masing-masing pemilik. "Jadi tidak ada potongan apa-apa, karena uangnya langsung masuk ke rekening pemilik," katanya. (her)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Hasil Telusur Kontak Erat KK-73: Warga Tenggarong Seberang Yang Bekerja di Samarinda Positif Terjangkit COVID-19
Positif Terjangkit COVID-19, 4 Pekerja Yang Hendak Kembali Bekerja di Loa Kulu
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com