Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kasus Perampokan Disbunhut Kukar Libatkan Seorang Oknum Honorer

Wakapolres Kukar Kompol Winardi saat memberikan keterangan pers didampingi Kasat Reskrim AKP Andin Wisnu Sudibyo dan Kasubag Humas Iptu Yunus TP. Kanan: Barang bukti berupa pistol <i>airsoft gun</i> yang digunakan pelakuWakapolres Kukar Kompol Winardi saat memberikan keterangan pers didampingi Kasat Reskrim AKP Andin Wisnu Sudibyo dan Kasubag Humas Iptu Yunus TP. Kanan: Barang bukti berupa pistol airsoft gun yang digunakan pelaku
Photo: Agri


Suasana jumpa pers di Mapolres Kukar terkait pengungkapan kasus perampokan Disbunhut Kukar
Suasana jumpa pers di Mapolres Kukar terkait pengungkapan kasus perampokan Disbunhut Kukar
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 09/11/2013 10:06 WITA
Masih ingat kasus perampokan kantor Dinas Perkebunan & Kehutanan (Disbunhut) Kutai Kartanegara (Kukar) pada 18 Oktober 2013 lalu? Nah, pihak Satuan Reskrim Polres Kukar telah berhasil membekuk para pelakunya.


Secara keseluruhan ada 8 orang pelaku yang terlibat dalam aksi perampokan yang diawali dengan penyekapan wakar tersebut. Tujuh orang sudah diamankan, sedangkan 1 orang lagi masih buron.


Dan ternyata, salah seorang pelaku berinisial YC yang berhasil ditangkap di Tenggarong adalah pegawai honorer di kantor Disbunhut Kukar sendiri!


Untuk membekuk para pelaku ini, tim Buser Polres Kukar harus menyebar ke beberapa kota di Kalimantan Timur, dan bahkan hingga ke Ponorogo, Jawa Timur. Dua pelaku terpaksa dilumpuhkan kakinya dengan timah panas lantaran memberikan perlawanan saat diciduk petugas pada Kamis (07/11) dini hari lalu.


"Dua terduga pelaku terpaksa ditembak kaki kirinya karena melawan petugas. Tidak hanya itu, seorang pelaku juga mengalami patah di bagian kaki akibat berkelahi dengan anggota kami," ungkap Kapolres Kukar AKBP Abdul Karim melalui Wakapolres Kukar Kompol Winardi, Jumat (8/11) kemarin.


Diterangkan pula, tersangka yang ditembak itu bernama Pd dan AJ. Sedangkan pelaku yang patah kaki kirinya adalah Uk. Sementara tersangka lain yang telah diamankan adalah Ry, Ab dan YC.


"Satu tersangka lain yakni Rz sudah diamankan di Mapolda Kaltim di Balikpapan. Dan satu tersangka lagi yakni Jn masih dalam pencarian," kata Winardi didampingi Kasat Reskrim AKP Andin Wisnu Sudibyo dan Kasubag Humas Iptu Yunus TP.


Dikatakan Winardi, pihak kepolisian langsung bergerak cepat setelah menerima laporan tentang pembobolan kantor Disbunhut Kukar yang disertai penyekapan wakar pada 18 Oktober lalu.


"Petugas kami langsung melakukan olah TKP serta memintai keterangan beberapa saksi, termasuk dari internal Disbunhut Kukar. Dari situ, penyelidik menyimpulkan adanya keterlibatan orang dalam mengingat pelaku hafal seluk beluk kantor serta membawa kabur rekaman CCTV," katanya.


Pengungkapan kasus ini kemudian semakin jelas setelah tertangkapnya Ry di Ponorogo, Jawa Timur, pada 3 November lalu. Dari mulut Ry inilah terungkap ada 8 orang yang terlibat dalam aksi pembobolan kantor Disbunhut Kukar.


Setelah itu, polisi meringkus Ab di Jalan Pangeran Suryanata, Samarinda, pada Rabu (06/11) sore sekitar pukul 16.00 WITA. Kemudian AJ ditangkap sekitar pukul 23.00 WITA di Samarinda Utara.


Selanjutnya pada hari Kamis (07/11) lalu, ada 4 pelaku yang ditangkap secara terpisah. Mereka adalah Fd yang ditangkap di Desa Margasari, Loa Janan, kemudian Uk di Kelurahan Harapan Baru, Samarinda Seberang, lalu Rz yang diringkus di Balikpapan, serta YC, pegawai honorer Disbunhut Kukar yang ditangkap di Jalan Danau Wis, Kelurahan Melayu, Tenggarong.


Adapun uang hasil perampokan yang mencapai sekitar Rp 400 juta tersebut dibagi masing-masing pelaku. Ada yang digunakan untuk membeli sabu-sabu, ada yang digunakan untuk membayar hutang, untuk bermain judi, beli perhiasan, beli mobil dan bahkan ada pelaku yang menggunakan uangnya untuk main perempuan selama 6 hari di Samarinda.


Pihak kepolisian telah mengamankan sejumlah barang bukti seperti 1 unit mobil pick up Daihatsu Grand Max warna putih bernopol KT 8278 L, 1 buah pistol Airsoft Gun, 1 buah ponsel merk Samsung, 1 buah ponsel Blackberry, gelang emas berbentuk rantai, cincin emas, kalung emas, dan sebuah buku tabungan dengan simpanan dana sebesar Rp 7 juta.


Dari keterangan para pelaku, ternyata aksi perampokan itu sudah direncanakan sejak 3 bulan sebelumnya. Berawal dari inisiatif YC yang selama ini bekerja sebagai pegawai honorer di Disbunhut Kukar.


Para pelaku lainnya menyetujui rencana itu, sehingga begitu persiapan sudah matang, mereka pun langsung beraksi. Para pelaku telah memiliki peta ruangan kantor, juga sejumlah kunci duplikat ruangan kantor. Mereka pun tahu dimana server CCTV berada, termasuk bagaimana aktivitas wakar yang menjaga Disbunhut Kukar.


Oknum honorer Disbunhut Kukar, YC, mengaku mengambil kunci asli ruang brankas tersebut pada hari Kamis sebelum kejadian. Kunci tersebut digandakannya di tukang kunci yang berada di Jalan Danau Aji, Tenggarong.


"Saya curi diam-diam, kemudian saya buat duplikat. Setelah kejadian, saya tetap bekerja seperti biasa agar tidak ada yang curiga," demikian katanya.


Atas perbuatan para pelaku, pihak kepolisian menjerat mereka dengan pasal 365 ayat 1 dan 2 KUHP jo pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 12 tahun. (win)

Berita Terkait:
Kantor Disbunhut Kukar Disatroni Rampok: Wakar Disekap, Brankas dan Server CCTV Dibawa Kabur (18/10/2013)


 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 4 Pasien Positif Corona: Kasus Positif COVID-19 di Kukar Tembus Angka 50 Kasus
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com