Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kawa Haq Movie Fest 2013
Peserta Antusias Ikuti Workshop Pembuatan Film

Sutradara John De Rantau (kiri) serta akting yang dilakukan Mario Maulana dan Poppy Sovia (kanan) pada Workshop Kawa Haq Movie Fest 2013Sutradara John De Rantau (kiri) serta akting yang dilakukan Mario Maulana dan Poppy Sovia (kanan) pada Workshop Kawa Haq Movie Fest 2013
Photo: Agri


Mario Maulana tengah memandu dua peserta untuk melakukan akting
Mario Maulana tengah memandu dua peserta untuk melakukan akting
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 24/10/2013 15:59 WITA
Festival Film Pendek se-Kaltim bertajuk Kawa Haq Movie Fest 2013 kembali dilaksanakan di Tenggarong sejak Rabu (23/10) kemarin hingga Jum'at (25/10) besok.


Dimulainya Kawa Haq Movie Fest 2013 ditandai dengan pelaksaan Workshop Pembuatan Film yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara (Kukar) Sri Wahyuni.


Sedikitnya ada 100 peserta yang mengikuti workshop ini. Mereka tak hanya berasal dari Tenggarong, namun juga dari kota Bontang dan Samarinda.


Kegiatan workshop yang digelar selama 2 hari ini mendapat sambutan antusias dari para peserta. Apalagi narasumber yang adalah para tokoh atau sineas yang telah berpengalaman di bidang perfilman.


Sebut saja John De Rantau, sutradara berpengalaman yang karyanya pernah masuk seleksi Piala Oscar tahun 2008 untuk kategori film asing lewat film bertajuk Denias, Senandung di Atas Awan.


Kemudian ada Mario Maulana, aktor yang mengawali karirnya menjadi bintang iklan produk layanan telepon selular bersama Luna Maya. Serta Poppy Sovia, aktris yang pernah jadi nominator Aktris Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 2007 lewat perannya di film Mengejar Mas-Mas.


Selain itu ada pula Dedih Nur Fajar Paksi, seorang Director of Photography atau sinematografer, serta Nico Silfido yang merupakan seorang editor atau penyunting film.


Dikatakan Kepala Disbudpar Kukar Sri Wahyuni, Kawa Haq Movie Fest sudah menjadi agenda penting dan rutin pada pelaksanaan FKR. Menurut Sri, Kawa Haq Movie Fest telah mendapat tempat di kalangan anak muda Kaltim yang memiliki minat di dunia perfilman.


"Kita lihat hasilnya, ada lebih dari 100 karya film masuk ke meja panitia. Meningkat 100% dibanding tahun sebelumnya. Ini berarti Kawa Haq Movie Fest telah mendapat tempat dari generasi muda Kaltim," ujarnya.


Menurut Sri, Disbudpar Kukar berkomitmen untuk terus melanjutkan Kawa Haq Movie Fest di masa-masa mendatang. "Kita akan jadikan Tenggarong sebagai tempat rujukan berkumpulnya para sineas muda Kaltim untuk memproduksi karya-karya film," tuntasnya.


Sementara dikatakan Muhammad Raysha Daud selaku ketua panitia, Festival Film Pendek Kawa Haq se-Kaltim 2013 diikuti peserta dari Kukar, Balikpapan, Samarinda dan Bontang.


"Kami menerima 109 karya film. 60% karya kategori pelajar, sedangkan 40% lagi dari kategori umum. Semua film tersebut harus diseleksi oleh kurator. Hanya 10-15 film yang memenuhi syarat berhak ditampilkan dan mendapat penilaian dari dewan juri," jelasnya.


Menurut Daud, semua film yang lolos seleksi tersebut diputar selama 2 malam berturut-turut di Dapoerkoe Cafe & Resto, Tenggarong. Untuk malam pertama atau Rabu (23/10) malam khusus pemutaran film kategori pelajar, kemudian pada Kamis (24/10) malam khusus untuk film kategori umum.


"Sedangkan malam penganugerahan atau pemberian predikat film terbaik akan dilaksanakan pada Jum'at (25/10) malam di Dapoerkoe," pungkas Daud. (win)


Poppy Sovia menyimak pertanyaan tentang seni peran dari peserta workshop
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com