Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bupati Kukar Bagi-Bagi 'THR', Pendopo Odah Etam Diserbu

Petugas Satpol PP Kukar menjaga pintu gerbang untuk membatasi warga yang hendak masuk ke halaman Pendopo Odah EtamPetugas Satpol PP Kukar menjaga pintu gerbang untuk membatasi warga yang hendak masuk ke halaman Pendopo Odah Etam
Photo: Agri


Bupati Rita Widyasari memberikan 'THR' kepada seorang ibu yang membawa bayi
Bupati Rita Widyasari memberikan 'THR' kepada seorang ibu yang membawa bayi
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 10/08/2013 13:13 WITA
Suasana 'Open House' Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, pada hari kedua Lebaran, Jum'at (09/08) malam, mendadak riuh oleh ribuan warga yang berdesak-desakan untuk mendapatkan 'THR' berupa uang Rp 50 ribu dari Bupati Rita Widyasari.


Hal ini terjadi ketika petugas Satpol PP Kukar mulai membuka pintu gerbang rumah jabatan Bupati Kukar sekitar pukul 20.30 WITA. Teriakan warga yang terjepit, hingga tangisan anak-anak yang ketakutan, mewarnai suasana antrian di depan gerbang Pendopo.


Petugas Satpol PP terpaksa harus mengevakuasi anak-anak, termasuk bayi, yang telah terjebak bersama orangtua mereka. Tak ayal, para balita itu pun menangis sejadinya lantaran harus terpisah dari orangtua mereka untuk sementara waktu.


"Tolong yang di belakang jangan mendorong!" seru petugas Satpol PP ketika melihat desakan warga yang menyebabkan beberapa bocah dan gadis remaja menangis karena terjepit di pintu gerbang.


Beberapa wanita bahkan mulai jatuh pingsan karena sesak nafas akibat berdesak-desakan. Mereka pun langsung diprioritaskan untuk dievakuasi dan mendapat perawatan.


Warga yang pingsan mendapat perawatan diluar maupun didalam gedung Pendopo Odah Etam
Photo: Agri



Warga yang telah mendapatkan 'THR' wajib mencelupkan jari ke tinta
Photo: Agri

Tak ingin ada banyak korban yang berjatuhan, Satpol PP Kukar akhirnya membuka pintu gerbang lebar-lebar dan membiarkan warga memasuki halaman Pendopo Odah Etam.


Dan konsentrasi massa pun terpusat ke teras depan Pendopo Odah Etam yang dijaga ketat pihak Satlantas Polres Kukar. Beberapa warga kemudian dipersilakan masuk satu per satu untuk bersilaturahmi sekaligus mendapatkan 'angpao' dari Bupati Rita Widyasari.


Sementara di dalam Pendopo, Bupati Rita Widyasari membagikan langsung amplop kecil berisi selembar uang Rp 50 ribu kepada warga yang berbaris tertib. Untuk ibu yang membawa bayi atau balita, Rita memberikan dua amplop.


Bagi mereka yang telah menerima amplop 'THR' dari Bupati Rita Widyasari, diwajibkan mencelupkan salah satu jari ke tinta yang telah disiapkan di sekitar pintu keluar.


Kendati demikian, masih ada warga, kebanyakan anak-anak, yang nekat antri kembali setelah menghapus bekas tinta. Namun aksi mereka banyak ketahuan oleh petugas Satpol PP dan Polres Kukar yang memeriksa dengan cermat jari-jari mereka. Mereka yang ketahuan telah menerima 'THR' langsung diamankan di tengah ruangan hingga acara bagi-bagi 'THR' tersebut berakhir.


Bupati Kukar Rita Widyasari mengaku tidak menyangka jika warga yang datang untuk mendapatkan 'THR' begitu banyak. "Mungkin karena di media ada disebutkan saya mau bagi-bagi THR di hari kedua Lebaran," ujarnya.


Rita juga sangat prihatin karena ternyata banyak ibu-ibu yang nekat membawa balita, bahkan bayi, untuk berdesak-desakan masuk ke Pendopo. "Tahun depan saya minta tidak ada lagi ibu-ibu yang bawa bayi atau balita," imbuhnya.


Menurut Rita, bagi-bagi rezeki di hari Lebaran memang sudah menjadi tradisi keluarga besar Syaukani. "Sejak zaman Bapak saya dulu sudah berbagi dengan warga. Dan sekarang saya juga meneruskannya," ujar Rita yang juga putri dari mantan Bupati Kukar H Syaukani HR.


Ketika ditanya berapa besaran uang yang disiapkannya untuk berbagi tersebut, Rita enggan membeberkan nominalnya. "Ada deh, banyak pokoknya. Tidak perlu disebutkan," ujarnya sambil tersenyum.


Acara bagi-bagi 'THR' tadi malam berakhir sekitar pukul 23.30 WITA. Bupati Rita Widyasari yang kelelahan setelah membagikan sendiri 'THR' kepada warga, akhirnya digantikan kakaknya Silvi Agustina.


Kegiatan 'Open House' Bupati Rita Widyasari tadi malam merupakan yang terakhir. Pasalnya, Bupati Kukar hanya melaksanakan 'Open House' selama 2 hari yakni pada hari pertama dan hari kedua Lebaran Idul Fitri. (win)


Warga berdesak-desakan untuk memasuki halaman Pendopo Odah Etam
Photo: Agri


Pintu gerbang akhirnya dibuka petugas Satpol PP Kukar setelah banyak warga terhimpit saat berdesak-desakan
Photo: Agri




Warga berkumpul di depan pintu utama Pendopo Odah Etam yang dijaga petugas Polres Kukar
Photo: Agri




Mereka yang ketahuan antri untuk kedua kalinya diamankan di tengah Pendopo dan baru dilepas setelah acara bagi-bagi 'THR' berakhir
Photo: Agri


 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com