Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Workshop Internasional Pelayanan Publik
Pakar Asal Kanada Berbagi Pengalaman

Bupati Rita Widyasari didampingi Staf Ahli Mendagri Saut Situmorang dan Laurent Tyer dari IPAC Kanada saat memberikan keterangan persBupati Rita Widyasari didampingi Staf Ahli Mendagri Saut Situmorang dan Laurent Tyer dari IPAC Kanada saat memberikan keterangan pers
Photo: Agri


Bupati Kukar Rita Widyasari menyerahkan cenderamata kepada Laurent Tyer dari IPAC Kanada
Bupati Kukar Rita Widyasari menyerahkan cenderamata kepada Laurent Tyer dari IPAC Kanada
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 09/05/2013 00:49 WITA
Sebuah workshop internasional tentang peningkatan mutu pelayanan publik melalui Alternative Service Delivery digelar selama sehari di Tenggarong, Rabu (08/05) kemarin.


Workshop yang digarap Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) dan The Institute of Public Administration of Canada (IPAC) ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kukar Rita Widyasari.


Tampil sebagai narasumber dalam workshop ini adalah 4 orang delegasi IPAC, terdiri dari Brian Smith dari Nova Scotia Solid Wasted Management Expert, Sandy Christie selaku Executive Direktor Nova Scotia and Wellness, Acute & Tertiary Care.


Kemudian Alan Lowe yang merupakan Executive Director Nova Scotia Departement of Education, serta Laurent Tyer selaku Program Officer Domestic and International Program IPAC.


Turut hadir dalam workshop ini di antaranya adalah Staf Ahli Mendagri bidang Pemerintahan Saut Situmorang, para kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar.


Workshop ini sendiri membahas konsep, kebijakan dan isu-isu strategis yang berkaitan dengan penyelenggaraan Alternative Service Delivery atau pelayanan alternatif, yang terkait dengan 3 bidang yakni Kesehatan, Pendidikan dan Pengelolaan Sampah.


Dikatakan Bupati Rita Widyasari, workshop ini merupakan tindak lanjut dari kunjungannya sebagai peserta studi banding pada bulan November 2012 lalu, yang merupakan hasil kerjasama antara Kemendagri dan IPAC melalui kegiatan bernama Democratic Governance Program. "Tujuan kerjasama ini adalah untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah dalam rangka membentuk tata kelola pemerintahan yang baik," ujarnya.


Dijelaskannya, konsep Alternative Service Delivery merupakan sebuah strategi untuk melaksanakan pelayanan dengan peningkatan kerjasama seluruh stakeholder, yaitu kerjasama antar tingkat pemerintahan, kerjasama antar daerah, kerjasama dengan swasta, organisasi non pemerintah maupun kelompok masyarakat.


Saat berada di Kanada, lanjut Rita, dirinya bersama beberapa kepala daerah lainnya belajar cara meningkatkan pemahaman tentang bagaimana memberdayakan seluruh stakeholder dalam pembangunan melalui peningkatan pelayanan publik di sektor pendidikan, kesehatan dan pengelolaan sampah.


"Selain itu juga belajar tentang Alternative Service Delivery dan bagaimana penerapannya di sektor pendidikan dasar dan usia dini, sektor kesehatan dan pengelolaan sampah," imbuhnya.


Untuk memperluas audiens terkait penerapan konsep ASD tersebut, tambahnya, tim dari Kanada akhirnya diundang untuk datang ke Kukar. Hal tersebut menurutnya agar seluruh pemangku kebijakan di Kukar dan wilayah sekitarnya yakni Samarinda, Balikpapan, dan Kutai Barat dapat mengetahui bagaimana keberhasilan Kanada, khususnya Provinsi Nova Scotia, dalam menerapkan konsep Alternative Service Delivery sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih baik.


Kepada para peserta workshop, Rita berharap agar kesempatan langka itu dapat digunakan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu dan pengalaman sehingga dapat dijadikan bahan untuk menyusun kebijakan pembangunan daerah.


"Saya minta komitmen peserta untuk melaksanakan hasil-hasil kegiatan ini sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat," demikian harapnya.


Sebelum memberikan workshop, para narasumber dari Kanada tersebut sebelumnya melakukan peninjauan ke TK Negeri Pembina dan SDN 018 Tenggarong, RSUD AM Parikesit, TPA Bekotok dan Pasar Tangga Arung. (win/her)


Suasana workshop internasional pelayanan publik di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Rabu (08/05) siang
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Sempat Zero COVID-19, Kecamatan Samboja Kembali Tambah 2 Kasus Baru
Ingat, Dokumen Kependudukan Yang Ada TTE Tak Perlu Dilegalisir
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com