Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

UN SLTA Digelar Serentak Hari Jum'at
29 Sekolah Gunakan Soal Fotokopi

Kekurangan naskah soal dan lembar jawaban UN menimpa 29 sekolah di Kukar tahun ini, ermasuk di SMAN 1 TenggarongKekurangan naskah soal dan lembar jawaban UN menimpa 29 sekolah di Kukar tahun ini, ermasuk di SMAN 1 Tenggarong
Photo: Agri


Peserta UN di SMAN 1 Tenggarong terpaksa harus menggunakan soal fotokopian akibat tidak dikirimnya naskah soal asli dari Jakarta
Peserta UN di SMAN 1 Tenggarong terpaksa harus menggunakan soal fotokopian akibat tidak dikirimnya naskah soal asli dari Jakarta
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 19/04/2013 20:22 WITA
Setelah sempat tertunda, ribuan siswa SLTA se-Kutai Kartanegara (Kukar) akhirnya dapat mengikuti Ujian Nasional (UN) pada hari Jum'at (18/04).


Meski demikian, ada 29 sekolah di Kukar terpaksa menggunakan naskah soal yang difotokopi. Pasalnya, ke 29 sekolah tersebut tidak menerima kiriman naskah soal dari Jakarta hingga Rabu (16/04) tengah malam.


Beberapa sekolah yang menggunakan naskah soal fotokopian adalah SMAN 1 Tenggarong, SMAN 3 Unggulan Tenggarong, SMAN 1 Loa Kulu, SMAN 1 Loa Janan, SMAN 1 Kota Bangun, SMAN 1 Sebulu, SMAN 1 Muara Muntai, SMAN 1 Kembang Janggut, SMAN 1 Tabang, SMAN 1 Anggana, SMAN 1 Muara Badak, SMAN 1 Sanga-Sanga, SMAN 1 Muara Jawa dan SMAN 1 Samboja.


Pelaksanaan UN di Kukar hari ini juga tidak berlangsung mulus. Beberapa sekolah terpaksa baru menggelar UN usai sholat Jum'at lantaran kekurangan naskah soal serta adanya kesalahan soal yang diterima.


Seperti yang terjadi di SMAN 1 Samboja yang terpaksa harus menggelar UN pada pukul 14.00 WITA akibat kekurangan soal yang sebelumnya telah difotokopi tim pengawas independen di Samarinda. Di sekolah ini dilaporkan mengalami kekurangan soal untuk 39 siswa.


Penundaan jam ujian lainnya juga terjadi di SMK Purwajaya, Loa Janan. Penundaan hanya terjadi untuk 2 ruang ujian siswa jurusan Keperawatan. Dari informasi yang diterima Posko UN Kukar, di SMK Purwajaya terjadi kesalahan pengiriman naskah soal Matematika dari Jakarta.


Siswa yang mengikuti ujian di Ruang V menerima naskah soal Matematika untuk Akuntansi, padahal mereka adalah siswa jurusan Keperawatan yang seharusnya menerima soal Matematika untuk Kesehatan.


Pihak sekolah bersama pengawas setempat akhirnya meminjam naskah soal dari Ruang IV untuk difotokopi. Akibatnya, para peserta UN di 2 ruangan tersebut harus menanti hingga pukul 14.00 WITA untuk mengikuti ujian.


Uniknya, para siswa jurusan Keperawatan lainnya yang berada di Ruang I hingga Ruang III tetap mengikuti UN hingga selesai mulai pukul 08.00 hingga 10.00 WITA.


Sedangkan di MAN Tenggarong, terjadi keterlambatan pelaksanaan UN karena belum diterimanya naskah soal untuk 1 ruang UN bagi siswa jurusan Agama. Namun tak berapa lama, UN bisa dilaksanakan setelah soal tiba.


Menurut Ketua Panitia UN Kukar, H Rahmadi, kekurangan naskah soal UN yang menimpa 29 sekolah akhirnya ditanggulangi dengan cara menggandakan naskah soal lewat mesin fotokopi.


Penggandaan soal dilakukan di Samarinda oleh pihak Universitas Mulawarman selaku tim pengawas independen. "Distribusi naskah soal fotokopian diprioritaskan ke kecamatan yang paling jauh seperti Muara Wis, Muara Muntai, Kembang Janggut dan Tabang," jelasnya.


Untuk sekolah di Kembang Janggut dan Tabang, lanjutnya, naskah soal dikirimkan dengan menggunakan speedboat pada Kamis malam sekitar pukul 21.00 WITA. Sedangkan untuk kecamatan lainnya baru didistribusikan pada Jum'at pagi sekitar pukul 05.15 setelah naskah soal yang difotokopi tiba di Posko UN Kukar di Tenggarong. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Lagi Pasien Sembuh, Kasus Sembuh COVID-19 di Kukar Capai 54 Persen
Tiga Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan Virus Corona
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com