Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Perusahaan Kelapa Sawit PT SKL Siap Penuhi Tuntutan Pekerja

Ratusan pekerja PT SKL, Desa Sabintulung, Muara Kaman, mendatangi kantor Disnakertrans Kukar di Tenggarong untuk mengadukan nasib merekaRatusan pekerja PT SKL, Desa Sabintulung, Muara Kaman, mendatangi kantor Disnakertrans Kukar di Tenggarong untuk mengadukan nasib mereka
Photo: Agri


Ketua BM PAN Kukar, Muhib, mengimbau kepada para pekerja PT SKL untuk kembali bekerja setelah pihak perusahaan siap mengakomodir tuntutan para pekerja
Ketua BM PAN Kukar, Muhib, mengimbau kepada para pekerja PT SKL untuk kembali bekerja setelah pihak perusahaan siap mengakomodir tuntutan para pekerja
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 03/04/2013 23:13 WITA
Ratusan karyawan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Sawit Kaltim Lestari (SKL) yang beroperasi di Desa Sabintulung, Kecamatan Muara Kaman, Selasa (02/04) kemarin mendatangi Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Kartanegara (Kukar).


Kedatangan mereka ke Tenggarong untuk mengetahui langsung hasil perundingan antara manajemen PT SKL dengan pihak perwakilan pekerja yang dimediasi Disnakertrans Kukar terkait tuntutan para pekerja terhadap kejelasan status, upah serta fasilitas di tempat kerja.


Pihak pekerja PT SKL tak datang sendiri ke Tenggarong. Mereka didampingi Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) Kukar yang ikut mengawal para pekerja ke meja perundingan. "Kami mendapat kuasa dari pekerja untuk ikut mengawal sampai terjadi komunikasi yang baik antara pekerja dengan perusahaan," ujar Muhib, Ketua BM PAN Kukar.


Menurut Muhib, pihak pekerja menginginkan solusi yang terbaik agar tercipta hubungan yang harmonis antara perusahaan dan karyawan. "Mari kita cari win-win solution untuk kedua belah pihak," imbuhnya.


Dalam perundingan yang dipimpin Kabid Pengawasan Disnakertrans Kukar, Dodi, ada 9 poin yang menjadi tuntutan pihak pekerja. Di antaranya adalah tentang kejelasan status karyawan, besaran upah yang sesuai dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK), perhitungan uang lembur, Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), hingga fasilitas perumahan dan MCK yang memadai.


Menanggapi tuntutan para pekerja tersebut serta masukan dari pihak Disnakertrans Kukar, manajemen PT SKL akhirnya bersedia untuk memenuhi beberapa poin tuntutan pekerja.



Suasana pertemuan antara manajemen PT SKL dengan para pekerja yang dimediasi pihak Dinaskertrans Kukar
Photo: Agri

Terkait soal upah, misalnya, pihak PT SKL bersedia membayar selisih upah yang tak sesuai dengan UMK. Untuk kejelasan status, pihak perusahaan juga akan membuat Surat Perjanjian Kerja yang akan diberlakukan mulai 1 Mei 2013.


Kemudian, untuk menjamin Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), perusahaan juga akan menyediakan alat kerja dan alat keselamatan sesuai dengan jenis pekerjaan karyawan.


Perusahaan juga akan mengikutsertakan semua karyawan menjadi peserta Jamsostek, dan bagi karyawan yang meninggal dunia akan difasilitasi dan diselesaikan hak-haknya sesuai ketentuan.


"Perusahaan secara bertahap akan menyediakan perumahan bagi pekerja. Dan untuk tahun ini akan dibangun sebanyak 10 unit, termasuk memperbaiki fasilitas MCK yang rusak," kata Iswandi Ilyas, dari Departemen HRD PT SKL.


Terkait masalah pajak yang dipotong dalam gaji, pihak perusahaan akan mengundang petugas dari perpajakan untuk menjelaskan tentang aturan perpajakan kepada karyawan


Sedangkan tentang uang lembur, pihak PT SKL akan memeriksa perhitungan uang lembur dan siap membayarkan jika terjadi kekurangan. PT SKL juga siap membayar upah lembur kepada karyawan yang diperintahkan bekerja pada saat masih melaksanakan cuti. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Pemilihan Teruna Dara Kukar 2020 Digelar Pertengahan November, Ini Dia Para Finalisnya
Diperpanjang Satu Bulan Hingga 27 November, Pembatasan Sosial/Aktivitas Malam Hari di Kukar
 
KLIK ME Raih Penghargaan 45 Besar Inovasi Pelayanan Publik 2020
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Hasil Operasi Antik Mahakam 2020, Polres Kukar Musnahkan 189,23 Gram Sabu
Tak Pandang Suku atau Agama, Polres Kukar Proses 2 Pihak yang Terlibat Pertikaian Berdarah di Muara Jawa
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com